Pengaruh religiusitas dan pemahaman terhadap keputusan mahasiswa muslim menabung di bank syariah

Wahyu Sulthan Dwi Putra, Isna Yuningsih, Juliansyah Roy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan pemahaman terhadap keputusan mahasiswa muslim menabung di bank syariah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 100 data responden mahasiswa muslim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda yang telah menabung di bank syariah. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa muslim menabung di  bank syariah, sedangkan pemahaman mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung di bank syariah.


Keywords


Religiusitas; pemahaman; keputusan

References


Aisyah, Muniaty. (2014). Pengaruh Lingkungan Eksternal Terhadap Kecenderungan Membeli Produk Berlabel Halal Yang Dimediasi Perilaku Religius Konsumen. Jurnal Etikanomi. Jakarta.

Angio, Ikbal. (2013). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio Soul di Kota Gorontalo (Studi Kasus pada PT. Hasjrat Abadi). Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 1 (1).

Astogini, Dwiwiyati.(2011). Aspek Religiusitas dalam Keputusan Pembelian Produk Halal. Purwekerto.

Ghufron, M. Nur dan Risnawita, Rini. (2012). Teori Teori Psikologi. Ar-ruzz Media. Yogyakarta.

Karim, Adiwarman. (2011).Bank Islam: Analisis Fikih dan Keuangan. Rajawali Press. Jakarta.

Kotler, Philipdan K. L. Keller. Manajemen Pemasaran Edisi 13 jilid II. Erlangga. Jakarta.

Mulyana, Ana. (2018). Pengaruh Pemahaman dan Religiusitas Serta Kepercayaan Terhadap Minat Membayar Zakat Profesi Oleh Muzakki Pada Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Cabang Kaltim Kota Balikpapan. Jurnal Ilum Ekonomi Mulawarman (JIEM). Vol.3 (4). Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Mulawarman.

Nainggolan, Basari. (2016). Perbankan Syariah di Indonesia. Rajawali Press. Jakarta.

Pemerintah Indonesia. (2008). Undang-Undang No.21 Tahun 2008 Tentang Tentang Perbankan Syariah. Sekretariat Negara. Jakarta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfa Beta. Bandung

Sumarwan, Ujang. (2014). Perilaku Konsumen teori dan penerapannya dalam pemasaran. Ghalia. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v6i3.8482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com