Pengaruh Tingkat Pemahaman ZIS Dan Lingkungan Kerja Islami Terhadap Keputusan Membayar ZIS Di SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda

Irna Putika, Miftahul Huda

Abstract


ABSTRAK

Irna Putika, 2020. Pengaruh Tingkat Pemahaman ZIS Dan Lingkungan Kerja Islami Terhadap Keputusan Membayar ZIS Di SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda. Dosen pembimbing: Miftahul Huda.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pemahaman ZIS (zakat, infaq dan sedekah) dan lingkungan kerja islami terhadap keputusan membayar ZIS di SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda.

Penelitian ini dilakukan di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rumus analisis regresi linear berganda. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, dokumentasi dan kepustakaan. Penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 37 responden yang terdiri dari guru dan karyawan di SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa tingkat pemahaman ZIS dan lingkungan kerja islami berpengaruh positif terhadap keputusan membayar ZIS.

Kata Kunci: ZIS, Keputusan, Pemahaman ZIS dan Lingkungan Kerja Islami


ABSTRACT

Irna Putika, 2020. The Influence Level of ZIS Comprehension and Islamic Work Environment on the Decision of Paying ZIS at SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda. Thesis supervisor: Miftahul Huda.

This study aims to determine the effect level of ZIS comprehension and islamic work environtment on decision to pay ZIS at SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda.

It was conducted in Samarinda City, East Kalimantan. This study is a quantitative research using the multiple linear regression analysis. Data collection was conducted by questionnaires, documentation and  literature. The quantity population on this study is 37 respondents consisting of teachers and employees at SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda. The result on this study suggest that level of ZIS comprehension and islamic work environment  has a positive effect on the decision to paying ZIS.

Keyword: ZIS, Decision, ZIS Comprehension and Islamic Work Environment



References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Arif, M. N. R. (2010). Teori Makroekonomi Islam (Kesatu). Bandung: Alfabeta.

Amirullah, M. (2016). Pengaruh Pemahaman, Pendapatan Dan Lingkungan Muzakki Terhadap Perilaku Membayar Zakat (Studi Pada Pedagang Pasar Kolombo).

Asminar. (2017). Pengaruh Pemahaman, Transparansi Dan Keputusan Membayar Zakat Pada Kota Binjai. At-Tawassuth, 111(3), 260–281.

Badan Amil Zakat Nasional. (2018). Statistik Zakat Nasional 2017. Jakarta: BAZNAS.

Badan Pusat Statistik. (2019). Profil Kemiskinan di Indonesia Maret 2019.

Bank Indonesia. (2016). Pengelolaan Zakat yang Efektif : Konsep dan Praktik di Beberapa Negara. In Bank Indonesia (Pertama). Jakarta: Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah - Bank Indonesia.

Bindu, A. O., & Rupa, G. (2012). A Study on The Impact of Work Environment on Employee Performance. Namex International Journal of Management Research, 2(2).

Danianti, T. (2017). Pengaruh Religiusitas Muzakki, Akuntabilitas dan Kredibilitas Lembaga Amil Zakat Terhadap Keputusan Membayar Zakat di Lembaga Amil Zakat.

Fiqhyany, M. R., & Prasetyo, A. (2014). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Niat Muzakki Membayar Dana Zakat, Infaq, Shadaqah Pada Yayasan Nurul Hayat Cabang Tuban. JESTT, 1(11), 813–831.

Firdaus, M., Beik, I. S., Irawan, T., & Juanda, B. (2012). Economic estimation and determinations of Zakat potential in Indonesia. IRTI Working Paper Series, WP 1433-07(August). Retrieved from http://www.isdb.org/irj/go/km/docs/documents/IDBDevelopments/Internet/English/IRTI/CM/downloads/Working Paper Series/WP-1433-07.pdf

Fitrianingtyas, R. (2019). Pengaruh Religiusitas dan Pendapatan Terhadap Intensi Muzakki Membayar Zakat Profesi Kota Surabaya. In Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.

Gani, I., & Amalia, S. (2018). Alat Analisis Data (P. Christian, ed.). Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Hadziq, M. F., Nafis, M. C., Suhartono, Mardoni, Y., & Putra, P. (2019). Ekonomi ZISWAF. In Ekonomi ZISWAF (p. 358).

Hardinawati, L. U., & Hamzah, M. Z. (2017). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Intensi Donatur Membayar Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) melalui Bank (Studi Kasus Donatur Zis Di Provinsi Dki Jakarta). Meis (Jurnal Middle East and Islamic Studies), 4(2).

Huda, N., Anwari, B., & Kasman. (2013). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Umur, Jenis Pekerjaan dan Pendapatan Terhadap Pemahaman Zakat Profesi studi Kasus Masjid AL-ABRAAR Pejompogan. Etikonomi, 12(1), 24–39.

Jakaria, Y. (2015). Mengolah Data Penelitian Kuantitatif Dengan SPSS. Bandung: Alfabeta.

Kamaruddin, A. M., Hasid, Z., & Yuningsih, I. (2015). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Berzakat Profesi dan Loyalitas Muzakki Terhadap LAZ Rumah Zakat Kota Samarinda. Eksekutif, 12(2), 284–299.

Khairunnisa, A. H., Ningrum, J. W., Huda, N., & Rini, N. (2020). Pengaruh Brand Awareness dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menyalurkan Zakat dan Donasi Melalui Tokopedia. JIEI (Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam), 6(02), 284–293.

Kurniaputri, M. R., Dwihapsari, R., Huda, N., & Rini, N. (2020). Intensi Perilaku Dan Religiusitas Generasi Millenials Terhadap Keputusan Pembayaran ZIS Melalui Platform Digital. E-QIEN (Jurmal Ekonomi Dan Bisnis), 7(2), 15–22.

Maslakhah, I. (2017). Pengaruh Kemasan Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Citra Merek Serta Preferensi Merek Di Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa/i Undip Konsumen Aqua). Diponegoro Journal of Management, 6(4), 1–15.

Mulyana, A., Mintarti, S., & Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Pemahaman Dan Religiusitas Serta Kepercayaan Terhadap Minat Membayar Zakat Profesi Oleh Muzakki Pada Lembaga Amil Zakat Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) KALTIM Kota Balikpapan. Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM), 3(4), 10.

Nasution, E. Y. (2017). Pengaruh Pendidikan, Pendapatan dan Kesadaran Terhadap Minat Masyarakat Membayar Zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS): Studi Kasus Kota Medan. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 17(2), 147–158. https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v17i2.1797

Nitisemito, A. S. (1991). Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Novia, N., Noor, I., & Ekawaty, M. (2018). Analisis Pengaruh Faktor Non-Ekonomi terhadap Sikap Pedagang Madura dalam Membayar Zakat Perdagangan. Al-Muzara’ah, 6(1), 61–76. https://doi.org/10.29244/jam.6.1.61-76

Nurhayati, S., & Wasilah. (2015). Akuntansi Syariah Indonesia (Keempat; E. S. Suharsi, ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Othman, Y. H.-, Yusuff, M. S. S., Saufi, M. S. A. M., & Hafsha, S. (2017). The Influence of Knowledge, Islamic Religiosity and Self-Efficacy on the Intention to Pay Income Zakat among Public Educators in Kedah, Malaysia. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(11), 1117–1127. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v7-i11/3550

Pangesti, I. R. (2018). Pengaruh Pendapatan, Religiusitas dan Lingkungan Terhadap Motivasi Masyarakat Dalam Membayar Zakat Infaq Shadaqah (Studi Kasus di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang). In Universitas Brawijaya.

Rizkia, R., Arfan, M., & Majid, S. A. (2014). Pengaruh Faktor Budaya, Motivasi, Regulasi, Dan Pemahaman Tentang Zakat Terhadap Keputusan Muzakki Untuk Membayar Zakat Maal (Studi Para Muzakki Di Kota Sabang). Jurnal Telaah & Riset Akuntansi, 7(1), 29–38.

Rosalia, R., & Huda, N. (2019). Pengaruh Transparansi , Tata Kelola dan Sikap terhadap Kepercayaan Masyarakat Muslim dalam Bersedekah. Meis (Jurnal Middle East and Islamic Studies), 6(1), 103–119.

Salmawati, & Fitri, M. (2018). Pengaruh tingkat pendapatan, religiusitas, akuntabilitas dan kualitas pelayanan terhadap minat muzakki membayar zakat di baitul mal kota banda aceh. Jimeka (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi), 3(1), 54–66.

Setiawan, R. (2015). Pengaruh Pemahaman Zakat Profesi di Kalangan Tenaga Pendidikan Sman 1 Kota Bandung Terhadap Penerimaan Sumber Dana Zakat Pada Bazda Kota Bandung. Prosiding Keuangan Dan Perbankan Syariah, 449–456.

Subhan, M. (2013). Kepemimpinan Islami Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Tadris, 8(1), 125–140.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis (A. Nuryanto, ed.). Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi (1st ed.). Yogyakarta: Pustakabarupress.

Tho’in, M., & Marimin, A. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Muzakki Dalam Membayar Zakat. In Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AAS Surakarta.

Usman, A. H. (2015). Manajemen Strategis Syariah (Pertama; S. Patria, ed.). Jakarta: Zikrul Hakim.

Wigati, S. (2011). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Maliyah, 01(01), 22–39.

Yunus, M. (1989). Kamus Arab - Indonesia. Jakarta: Mahmud Yunus Wadzurriyyah.

Zahari, M. (2014). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan Pabrik Unit Usaha Kayu Aro PT. Perkebunan Nusantara VI (Persero) Wilayah Jambi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 41–58.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v5i2.8453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com