Implementasi Pengupahan Islami Pada Amil dan Karyawan LAZ DPU Kaltim

Ilham Dharmawan, Sri Wahyuni

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini dilakukan oleh Ilham Dharmawan dengan judul “Implementasi Pengupahan Islami Pada Amil dan Karyawan LAZ DPU Kaltim†di bawah bimbingan Dr. Hj. Sri Wahyuni, SE., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem dan mekanisme pengupahan islami diterapkan di LAZ DPU Kaltim.

Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan pada penelitian ini adalah manajer operasional, dan amil marketing serta amil non marketing yang terdapat di LAZ DPU Kaltim, untuk memperkuat data dan mengetahui sistem upah islami yang diimplementasikan di LAZ DPU Kaltim. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, sumber pustaka, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pengupahan islami ya Selain itu, selalu mengadakan kegiatan yang bermutu, berkualiltas, dan berkesinambungan setiap harinya.

Kata Kunci: LAZ DPU Kaltim, Amil, Pengupahan Islami, Proporsional, Transparan dan Jelas, Layak

 Abstract

 

This research was conducted by Ilham Dharmawan with the title "Implementation of Islamic Wages at Amil and Employees LAZ DPU Kaltim" under the guidance of Dr. Hj. Sri Wahyuni, SE., M.Si. This study aims to determine how the system and mechanism of Islamic wages are implemented in LAZ DPU Kaltim.

This research uses qualitative data with a descriptive approach. The informants in this study were operational managers, and marketing amil and non-marketing amil found in LAZ DPU Kaltim, to strengthen data and find out the Islamic wage system implemented in LAZ DPU Kaltim. Data collection techniques used were interviews, library sources, and documentation.

The results of this study indicate that the implementation of Islamic wages is in addition, always holding quality, quality, and sustainable activities every day.

Keywords : LAZ DPU Kaltim, Amil, Islamic Wages, Proportional, Transparent and Clear, Appropriate

 

 


References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Wahab, Solichin. (2008). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Mursi, Abdul Hamid. (1987). SDM Produktif: Pendekatan dan Sains. Jakarta: Gema Insani Press.

Al-Maliki, Abdurrahman. (2001). Politik Ekonomi Islam; Terjemahan oleh Ibnu Sholah, dari as-Siyasatu al-Iqtishadiyatu al-Mutsla. Bangil: Al-Izzah.

Afzalurrahman. (1995). Doktrin Ekonomi Islam Jilid 2, Jakarta: Dana Bhakti Wakaf.

Afzalurrahman. (1995). Muhammad Sebagai Seorang Pedagang; Terjemahan oleh Dewi Nurjulianti, dkk., dari Muhammad: Encyclopedia of Seerah (1982). Jakarta: Yayasan Swarna Bhumy.

Al-Dzuhaili, Wahbah. Tanpa Tahun, Al-fiqhu Al-Islami wa Adillatuhu. Beirut: Darun Al-Mu’ashiru.

Al-Husaini, Imam Taqiyuddin Abu Bakar. (1994). Kifayatul Akhyar, (terj) oleh K.H Syarifuddin Anwar dan K.H Misbah Mustafa, Surabaya: CV. Bina Iman.

Departemen Tenaga Kerja RI, Undang-Undang No.13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.

Haryanto. (2011). Rasulullah Way of Managing People, Jakarta: Khalifa, hlm 78.

Herijanto Hendi, dkk. (2016). Pengupahan Perspektif Ekonomi Islam Pada Perusahaan Outsourching, STES Islamic Village Tangerang, vol 7.

Idwal, B. (2014). Upah dan Tenaga Kerja dalam Islam, Mizani, vol 2, hlm 24.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v5i3.8323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com