Pengaruh produk domestik regional bruto sektor pertanian dan sektor pertambangan terhadap dana bagi hasil bukan pajak dan penyerapan tenaga kerja

Muhammad Hery Finanta, Muhammad Saleh, Diana Lestari

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah menganalisis dan mengetahui pengaruh PDRB Sektor Pertanian, PDRB Sektor Pertambangan terhadap Dana Bagi Hasil Bukan Pajak dan Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Berau, dengan menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Penelitian ini adalah penelitian kausalitas, yang menganalisis pengaruh variabel eksogen terhadap variabel endogen. Variabel yang digunakan adalah variabel PDRB Sektor Pertanian dan PDRB Sektor Pertambangan terhadap Dana Bagi Hasil Bukan Pajak dan Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Berau. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder time series tahun 2008 hingga tahun 2017 yang bersumber dari BPS Provinsi dan sumber lainnya di Instansi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif untuk memberikan hipotesis yang diajukan dengan menggunakan alat analisis path. Hasil penelitian substruktur-1 pengujian secara parsial menunjukan bahwa PDRB Sektor Pertanian berpengaruh positif dan signifikan terhadap Dana Bagi Hasil Bukan Pajak di Kabupaten Berau. PDRB Sektor Pertambangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Dana Bagi Hasil Bukan Pajak di Kabupaten Berau. Hasil penelitian sub struktur-2 pengujian secara parsial menunjukan bahwa PDRB Sektor Pertanian berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Berau. PDRB Sektor Pertambangan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Berau. Dana Bagi Hasil Bukan Pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Berau.


Keywords


Pdrb sektor pertanian; pdrb sektor pertambangan; dana bagi hasil bukan pajak; penyerapan tenaga kerja

References


Anonim. 2005. Undang Undang No.32 & 33 Tahun 2004, Pemerintah adaerah dan Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. UII Press. Yogyakarta.

----------. 2009. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 25 Tahun 2009. Dan Nomor 20 Tahun 2009. Tentang APBD dan Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah. CV. Tamitama. Jakarta.

Agus Sulaksono, 2015 Pengaruh Investasi dan Tenaga Kerja Terhadap PDRB sektor Pertambangan di Indonesia. . Jurnal Penelitian. Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma Depok Jawa Barat.

Algifari. 2000. Analisis Regresi. BPFE. Yogyakarta.

Arsyad L. 2000.Ekonomi Pembangunan . STIE YKPN . Yogyakarta.

Atni Fisanti, 2013. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Pendapatan Daerah di Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Penelitian. Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian.

Badan Pusat Statistik. 2016. Produk Domestik Regional Brutto (PDRB) Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2016. BPS Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda.

Baswir.1997. Ekonomi Publik. Alumni, Bandung.

Boediono. 2002. Teori Pertumbuhan Ekonomi. BPPE, UGM. Yogyakarta.

Djojohadikusumo, Sumitro. 2000. Dasar Teori Ekonomi Pertumbuhan dan Ekonomi Pembangunan. LP3E S. Jakarta.

Dumairy. 1997. Perekonomian Indonesia. Erlangga. Jakarta

Darise, Nurlan.2006. Pengelolaan Keuangan Daerah. PT Indeks. Jakarta.

Effendi, 2002. Analisis Investasi, Produk domestik Regional Bruto (PDRB) dan Penyerapan Tenaga Kerja di Kalimantan Timur. Tesis Pascasarjana FE-Unmul. Samarinda.

Muhammad Fadli, 2010. Pengaruh Investasi Pemerintah dan Swasta Terhadap Perkembangan Ekonomi dan Penyerapan Tenaga Kerja Pada Sektor Pertanian di Kabupaten Kutai Timur. Tesis Pascasarjana FE-Unmul. Samarinda.

Gujarati, Damodar. 1995. Ekonometrika. Erlangga. Jakarta.

Jhingan M.L. 2005. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. Rajawali Pers, Jakarta.

Kuncoro, Mudrajat.2013. Indikator Ekonomi. UPP STIM YKON, Yogyakarta

Lisa Hasliana .2009. Pengaruh investasi swasta dan investasi pemerintah terhadap PDRB serta kesempatan kerja di Kalimantan Timur. Tesis Pascasarjana FE-Unmul. Samarinda.

Mangkoesoebroto, Guritno. 2000. Ekonomi Publik. BPFE, Yogyakarta.

Mankiw.N.Gregory.2006. Pengantar Ekonomi Makro. Salemba Ampat. Jakarta.

Mardiasmo. 2004. Otonomi & Manajemen Keuangan Daerah. Andi. Yogyakarta.

Mayers, Albert. 1999. Azas – azas Ekonomi Modern . Alumni. Bandung.

Memesah.1995. Otonomi dan Keuangan Daerah. Andi, Yogyakarta.

Murdiansyah. 2002. Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Dan Investasi Swasta Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Di Kota Balikpapan. Tesis Pascasarjana FE-Unmul. Samarinda.

Reksohadiprodjo. 2001. Ekonomi Publik. BPFE. Yogyakarta.

Riduan; Ahmad Kuncoro Engkus.2007. Analisis Jalur. Alfabeta. Bandung.

Sarwono, Jonthan. 2006. Path Analysis, Teori, Aplikasi, Prosedur Analisis untuk Riset Skripsi, Tesis dan Disertasi (Menggunakan SPSS). PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Siti Maria .2009. Pengaruh Investasi Basis dan Non Basis terhadap PDRB dalam Kaitannya dengan Penyerapan Tenaga Kerja di Kalimantan Timur. Tesis Pascasarjana FE-Unmul. Samarinda.

Simanjuntak, P. 2000, Pengantar Ekonorni Surnber Daya Manusia, Fakultas Ekonomi Ul. Jakarta.

--------------. 2000, Ekonorni Surnber Daya Manusia. Gramedia. Jakarta.

Soediyono RMBA. 2004. Ekonomi Makro. Liberty, Yogyakarta.

Soedjadi.1995. Keuangan Negara dan Daerah. Aksara, Jakarta.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Sukirno Sadono. 2005. Makroekonomi Modern. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Suparmoko, M. 2003, Ekonomi Publik Untuk Keuangan dan Pembangunan Daerah.Andi.Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v7i1.8127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com