Determinan indeks pembangunan manusia dan implikasinya terhadap tingkat kemiskinan

I Wayan Prajna Satya Dharma, Theresia Militina, Adi Wijaya

Abstract


Tujuan penelitian ini guna mengetahui seberapa jauh pengaruh Tingkat Pengangguran Terbuka, Pertumbuhan Ekonomi, Alokasi APBD Sektor Kesehatan (Determinan IPM) terhadap IPM serta implikasinya terhadap Tingkat Kemiskinan di Kaltim dengan berpijak pada Teori Pembangunan dan Teori Kemiskinan. Studi ini menggunakan analisis kuantitatif melalui alat uji analisa jalur dengan bantuan program SPSS versi 16 dan data sekunder yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Timur serta Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Provinsi Kalimantan Timur (2010-2019).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh negatif & signifikan terhadap IPM adalah Tingkat Pengangguran Terbuka, sementara Pertumbuhan Ekonomi berpengaruh positif dan tidak signifikan.


Keywords


Tingkat kemiskinan; indeks pembangunan manusia; tingkat pengangguran terbuka; pertumbuhan ekonomi; alokasi APBD sektor kesehatan

References


Anonim, UU No. 22 Tahun 1999, Tentang Pemerintah Daerah

----------- UU No. 33 Tahun 2004, Tentang Perimbangan Keuangan

BPS Kalimantan Timur 2019. Kaltim Dalam Angka Angka Tahun 2019.

Suparno, Heri (2014). Analisis pengaruh pengeluaran pemerintah sektor pendidikan dan kesehatan serta infrastruktur terhadap pertumbuhan ekonomi dan indeks pembangunan manusia di Provinsi Kalimantan Timur. Magister Ilmu Ekonomi Universitas Mulawarman Samarinda.

Setiyono (2019). Pengaruh investasi swasta dan pendidikan serta belanja pembangunan terhadap pertumbuhan ekonomi dan kemiskinan di Kabupaten Kutai Kertanegara. Magister Ilmu Ekonomi Universitas Mulawarman Samarinda.

Noorcahyo, Dwi Noviady (2015). Pengaruh pertumbuhan ekonomi, indeks gini ratio, indeks pembangunan manusia, dan tingkat pengngguran terbuka terhadap jumlah penduduk miskin di Provinsi Kalimantan Timur. Magister Ilmu Ekonomi Universitas Mulawarman Samarinda.

Setiyono (2019). Pengaruh investasi swasta dan pendidikan serta belanja pembangunan terhadap pertumbuhan ekonomi dan kemiskinan di Kabupaten Kutai Kertanegara. Magister Ilmu Ekonomi Universitas Mulawarman Samarinda.

Anggaeni, Yulia Ayu (2014). Pengaruh investasi dan pengangguran serta derajat penghisapan terhadap kemiskinan di Kota Balikpapan. Magister Ilmu Ekonomi Universitas Mulawarman Samarinda.

Sugiono, 2012, Statistika Untuk Penelitian. Cetakan Keduapuluh. Alfabeta, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiem.v6i4.7997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)

 
Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License