Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan ayam pedaging ras

Muhammad Ikhlas, Zamruddin Hasid, Akhmad Noor

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar pengaruh variabel Harga dan Pendapatan Perkapita tehadap Permintaan Ayam Pedaging Ras Di Kota Samarinda. Data yang digunakan adalah data sekunder. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat Analisis Cobb-Douglas. dan menggunakan model regresi liniear berganda dengan alat bantu SPSS (Statistical Program For Social Science) versi 25.0. Hasil penelitian ini menunjukan variabel Harga berpengaruh tetapi tidak signifikan dan mempunyai hubungan yang positif terhadap Permintaan Ayam Pedaging Ras dan variabel Pendapatan Perkapita berpengaruh signifikan dan mempunyai hubungan positif terhadap Permintaan Ayam Pedaging Ras.


Keywords


Harga, Pendapatan Perkapita, Permintaan Ayam Pedaging Ras.

Full Text:

PDF

References


Adiningsih, Sri. 1999. Ekonomi Mikro. Yogyakarta: BPFE.

Arsyad, Lincolin. 2010. Ekonomi Pembangunan, Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Billy Arma Pratama. 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Penyaluran Kredit Perbankan (Study Pada Bank Umum di Indonesia Periode Tahun 2005-2009) Semarang : Universitas Dipenogoro, 397-403. ISSN 1907-9958

Edilius, dan Sudarsono. 1996. Koperasi Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta: Reneka Cipta.

Gilarso, T.2004. Pengantar Ilmu Ekonomi Makro. Yogyakarta: Kanisius.

Hidayat, S 2003. Analisis Permintaan Konsumen Keluarga Terhadap Telur Ayam Ras di Kecamatan Koja Jakarta Utara [Skripsi] Bogor: Institut Pertanian Bogor, Fakultas Pertanian, .

Lipsey G, Richard, et al. 1997. Pengantar Mikroekonomi. Edisi Ke-8 Jilid I (Jakarta: Erlangga)

Lipsey, R.G. et al. 1995. Pengantar Mikroekonomi. Edisi Ke-10 Jilid I (Jakarta : Binarupa Aksara)

Leftwich. R. H. 1984. Mikro Ekonomi Jakarta: PT. Bina Aksara

Miller. 2006. Tim Explaining Keynes Theory of Compsumtion, and Assessing its Strengths and Weaknesses. (Jakarta: Penebar Swadaya.) Penterjemah Alexander Sindoro.

Pracoyo. A. 2006. Aspek Dasar Ekonomi Mikro. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Rasyaf, M. 2000. Memasarkan Hasil Peternakan. Bogor : Penebar Swadaya

Samuelson, 1997. Makro Ekonomi, IKAPI, Jakarta.

Sudarsono, J. 1992. Pengantar Ekonomi Perusahaan. Jakarta: PT Gramedia.

Soemarsono SR. 2000. Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat.

Soediyono, 2000. Teori Ekonomi Mikro, Perilaku Harga Pasar dan Konsumen Liberty, Yogyakarta.

Soekartawi. 2003. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian Teori Dan Aplikasi. (Jakarta: Rajawali Pers.)

Soparmoko dan Maria R. 2000. Ekonomika Lingkungan. Yogyakarta : BPFE

Soediyono. 2000. Ekonomi Makro : Analisis IS-LM dan Permintaan – Penawaran Agregatif. Yogyakarta : LIBERTY

Sukirno, Sadono. 2003. Pengantar Teori Mikro Ekonomi. Jakarta: Penerbit PT. Salemba.

Sukirno, Sadono. 2004. Pengantar Teori Makroekonomi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sukirno, Sadono. 2011. Makro Ekonomi Teori Pengantar. Edisi Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers.

Syahruddin, 1990. Dasar-Dasar Teori Ekonomi Mikro, LPFE-UI, Jakarta.

Winardi, 1998. Pengantar Ilmu Ekonomi. Bandung: Tarsito

Winardi, 2001. Ekonomi Manajerial, Mandar Maju, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v6i3.7900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com