Pengaruh kepemimpinan dan motivasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja pegawai pada kantor unit penyelenggara bandar udara apt. pranoto samarinda

Yeny Puji Astuti, Theresia Militina, Felisitas Defung

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh variable kepemimpinan, motivasi, dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara APT. Pranoto Samarinda, jumlah sampel penelitian sebanyak 57 responden terdiri dari pegawai yang aktif bekerja di Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara APT. Pranoto Samarinda. Alat analisis yang digunakan yaitu uji analisis path (path analysis), uji korelasi dan determinasi, serta uji f sebagai uji hipotesis. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa Kepemimpinan secara langsung dan tidak langsung berpengaruh terhadap kepuasan. Motivasi secara langsung dan tidak langsung berpengaruh terhadap kepuasan. Kepemimpinan secara langsung dan tidak langsung berpengaruh terhadap kinerja. Adapun motivasi secara langsung dan tidak langsung tidak berpengaruh terhadap kinerja. Serta kepuasan secara langsung berpengaruh terhadap kinerja.  Adanya pengaruh kepemimpinan dan Motivasi terhadap kepuasan sebab di kantor pemimpin bersahabat dan lebih fokus pada pencapaian kepuasan kerja dan memberikan motivasi sehingga kepuasan pegawai terpenuhi. Motivasi tidak berpengaruh terhadap kinerja, hal tersebut disebabkan seorang pegawai yang bekerja dibatasi oleh adanya kebijakan atasan, waktu lembur kurang, dan pegawai tersebut kebutuhan kerjanya kurang diberikan motivasi baik dari pimpinan maupun terhadap sesama pegawai. Adapun kepuasan yang berpengaruh negatif terhadap kinerja pegawai disebakan adanya sarana dan prasarana yang kurang mendukung kinerja pegawai belum sepenuhnya memadai, seperti ketersediaan komputer terbatas, AC ruangan tidak berfungsi, waktu kerja yang padat, dan lain sebagainya.


Keywords


Kepemimpinan; motivasi; kepuasan kerja; kinerja pegawai

References


Bass, B.M& R.M. Stogdill. 1990. Bass and Stogdill’s Handbook of Leadership. Thirth

Edition.NewYork:Free Press.

Brigita Ria Tumilaar. 2015. The Effect of Discipline, Leadership, And Motivation On Employee Performance At BPJS Ketenagakerjaan Sulut.Jurnal EMBA787 Vol.3 No.2 Juni 2015, Hal. 787-797.

Challagalla, N. Goutham dan Shervani, A. Tasadduq.2006. “Dimensional and type of Supervisory Control: Effect on Sallesperson Performance and Satisfactionâ€.Journal of Marketing,Vol.60.January.

Church, Allan. H.2005.Managerial Behavior and Work Group Climmate as Predictor of Employee Outcomes, Human Business Development Quarterly, Vol:6, p.173-205.

Desiana, Putri M., Soetjipto, Budi W.2006. Pengaruh Role Stressor dan Persepsi Dukungan Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja. Manajemen Usahawan Indonesia No. 05/TH.XXXV Mei 2006. Jakarta: Bagian Publikasi FEUI.

Dr. Ismail Nizam. 2015. The Impact Of Motivation On Employee Performance In The Electronics Industry In China.2015.International Journal of Accounting & Business Management Vol. 3 (No.2), November , 2015.

Evawati Khumaedi. 2016. Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Sentra Operasi Terminal PT.Angkasa Pura II. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Volume 2, Nomor 1, Maret 2016.

Gibson, James. L.etall. 1995. Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses. Edisi ke-5. Jakarta: Erlangga.

Johnson & Johnson.1997, Emotional Intellegence, Ney Jersey, Prentice Hall Inc.

Luthans, F., Avolio, B. J., Walumbwa, F., & Li, W. 2005. The psychological capital of chinese workers: exploring the relationship with performance. Management and Organization Review, 1(2), 249– 271.

Robbins, Stephen P.2003. Organizational Behavior Concept, Controversiest,

Applications,6 Ed. Pretince Hall. Inc. Eaglewood, Cliff, New Jersey.

Robbins, Stephen P.2007. Perilaku Organisasi Indonesia: PT. Macanan Jaya.

Robbins, Stephen P. dan Judge, Timothy A.2007. Perilaku Organisasi, Buku 1 (Terjemahan). Jakarta: Salemba Empat.

Robbins, P. Stephen dan Timothy A. Judge. 2012. Perilaku Organisasi. Salemba Empat. Jakarta

Soeprihanto, J. 2000. Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karyawan. Yogyakarta: BPFE.

Stoner, James AS.1996. Management. Terjemahan. Jakarta: Aleander Sindoro, Presallindo.

Werther, William B. & Keith Davis.1996. Human Resources and Personal Management.Edisi kelima. New York: McGraw-Hill.

Wexley, K. N., &Yukl, G. A.1977. Organizational Behavior and Personnel Psychology. illinois: Ricard D. Irwin: Homewood.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v6i1.7831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com