Analisis tingkat hubungan jumlah zakat produktif, umur mustahik, dan lama usaha mustahik terhadap produktivitas usaha mustahik (studi pada badan amil zakat kota samarinda)

Muntiari Kasi, Muhammad Saleh Mire, Siti Amalia

Abstract


Muntiari Kasi, Analisis Tingkat Hubungan Jumlah Zakat Produktif, Umur Mustahik, Dan Lama Usaha Mustahik Terhadap Produktivitas Usaha Mustahik (Studi Pada Badan Amil Zakat Kota Samarinda). Dibimbing oleh Prof. Dr. Muhammad Saleh Mire, M.S selaku dosen pertama, Dr. Hj. Siti Amalia, S.E., M.Si selaku dosen kedua.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel jumlah zakat, umur mustahik, dan lama usaha mustahik terhadap produktivitas usaha mustahik. Berdasarkan data statistik BAZNAS bahwa pengumpulan dana zakat sangat tinggi setiap tahunnya, hingga mencapai angka triliunan, tetapi semua itu tidak sesuai dengan kenyataan besaran jumlah dana zakat yang diperoleh dan pengolahaan yang dilakukan oleh Lembaga Amil Zakat.Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Analisis koefisien korelasi dengan menggunakan Pearson Product Moment. Populasi dalam penelitian ini adalah mustahik yang menerima zakat produktif dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Samarinda tahun 2015, dengan sampel sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara, Kuesioner, Metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah rumus atau teknik persentase.Dari hasil penelitian ini, membuktikan bahwa adanya korelasi antara jumlah zakat produktif, umur mustahik dan lama usaha mustahik terhadap produktivitas usaha mustahik serta memiliki pengaruh yang signifikan.

 


Keywords


Jumlah Zakat Produktif;Umur;Lama Usaha;Produktivitas Usaha

References


Amiruddin. (2005). Anatomi Fiqh Zakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ashif, Ahmad. (2014). Analisis Pendistribusian Zakat dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik (Studi Kasus Baitul Maal Hidayatullah Kudus). Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Walisongo.

Asnaini. (2008). Zakat Produktif Dalam Perspektif Hukum Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bungin, Burhan. (2013). Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran. Jakarta: Kencana

Fasiha. (2017). Zakat Produktif Alternatif Sistem Pengendalian Kemiskinan, Cetakan Pertama. Laskar Perubahan. Palopo.

Kurni, Hikmat dan H.A. Hidayah. (2008). Panduan Pintar Zakat, Cetakan pertama. QultumMedia. Jakarta.

Mandala, Ardy dan Edy Raharja. (2012). Peran Pendidikan, Pengalaman, dan Inovasi Terhadap Prokduktifitas Usaha Menengah (UMKM). Diponegoro Journal Of Management. 1, (2): 1-11.

Muda, Iskandar dan Muhammad Arfan. (2016). Pengaruh Jumlah Zakat Produktif, Umur Produktif Mustahik, dan Lama Usaha Mustahik Terhadap Produktivitas Usaha Mustahik (Studi pada Baitul Mal Kota Banda Aceh), Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA). 1, (1): 318-26.

Nawawi, Ismail. (2010). Zakat Dalam Prespektif Fiqh , Sosial & Ekonomi. Surabaya: Putra Media Nusantara.

Rakhma, A. N. (2008) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesejahteraan Mustahik Penerima ZIS Produktif (studi pada lagzis baitul ummah malang). Jurnal ilmiah Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Tanpa Volume. Malang: Universitas Brawijaya.

Rusli. (2013). Analisis Dampak Pemberian Modal Zakat Produktif Terhadap Pengetasan Kemiskinan di Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Ilmu Ekonomi Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Vol. 1, No 1: 56-63

Septiarini dan Ni Nyoman Yuliarmi. (2016). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Usaha Kecil Menengah Klaster Kerajinan Perak Di Desa Celuk. E-Jurnal EP, 5 [4] : 413-433.

Sinungan, Muchdarsyah. (2003). Produktivitas apa dan Bagaimana. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif . Bandung. Alfabeta.

Sunyoto, Danang. (2009). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis.Yogyakarta: Media Pressindo.

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011 Pengelolaan Zakat.

Qardhawi, Yusuf, (2010). Fiqhuz-zakat Hafidhuddin, Didin dan Hasanuddin (terjemah) Hukum Zakat. Cetakan kesepuluh. Pustaka Litera Antar Nusa. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v6i2.7824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com