Pengaruh tenaga kerja dan investasi swasta serta pengeluaran pemerintah terhadap produk domestik regional bruto

Sellayanti Sellayanti, Emmilya Umma Aziza Gaffar

Abstract


Penelitian ini membahas tentang produk domestik regional bruto Provinsi Kalimantan Timur yang selama lima belas tahun terakhir dari tahun 2004 hingga 2018 mengalami kenaikan dan penurunan, disisi lain penelitian ini meliputi variabel tenaga Kerja dan investasi swasta serta pengeluaran pemerintah yang kita ketahui cukup berperan dan menopang pembangunan perekonomian Provinsi Kalimantan Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mengetahui apakah terdapat pengaruh tenaga kerja dan investasi swasta, serta pengeluaran pemerintah terhadap produk domestik regional bruto di Provinsi Kalimantan Timur. Analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda.Berdasarkan hasil  analisis data yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa, tenaga kerja berpengaruh signifikan terhadap produk domestik regional bruto di Provinsi Kalimantan Timur, sedangkan investasi swasta dan pengeluaran pemerintah tidak berpengaruh signifikan terhadap produk domestik regional bruto di Provinsi Kalimantan Timur.


Keywords


Produk domestik regional bruto; tenaga kerja; investasi swasta; pengeluaran pemerintah

References


Anggraeni, Merlin. (2017). Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah di sektor Pendidikan, Kesehatan dan Pertanian terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 1970-2015. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Astuti, Windy, Puspasari, (2018). Analisis Pengaruh Investasi terhadap Pertumbuhan Ekonomi (Studi 33 Provinsi). Malang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Badan Pusat Statistik_Provinsi Kalimantan Timur, 2018. Data Pertumbuhan Ekonomi dan Investasi Swasta serta Inflasi 2004-2018.

Ghozali, Imam. 2011. Analisis Multivariat dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gorman, Tom. (2009). The Complete Ideal’s Guides: Ekonomic. Edisi ke-2 Diterjemahkan oleh: Haryanto, S., Sukono, M., Atmoko, R., Prenada, Jakarta. Jakarta: Predana Media Group.

Hartini, Tri, Nita. (2017). Pengaruh PDRB Per Kapita, Investasi dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terhadap Ketimpangan Pendapatan Antar Daerah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2011-2015. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Yogyakarta

Hellen. (2017). Pengaruh Investasi dan Tenaga Kerja serta Pengeluaran Pemerintah terhadap Pertumbuhan Ekonomi serta Kesempatan Kerja. Samarinda: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman.

Ibnurrasyad, Zainnudin. (2016). Analsis Pengaruh Investasi, Tenaga Kerja, Jumlah Penduduk, dan Pengeluaran Pemerintah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Daerah Istiewa Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Ida Bogoes, Mantra. (2003). Demografi Umum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mankiw, N. Gregory. (2001). Pengantar Ekonomi Makro Edisi Kedua, terjemahan: Haris Munandar dan Emil Salim, Jakarta: Erlangga.

Mankiw, N. Gregory. (2006). Principles of Economics. Pengantar Ekonomi Makro. Edisi Ketiga. Alih Bahasa Chriswan Sungkono. Jakarta: Salemba Empat.

Novita. (2019, 4 Februari). Pengertian Pertumbuhan Ekonomi. Dikutip 9 Desember 2019 dari Bisnis Education: http://bbs.binus.ac.id.

Noor, H Faizal. (2009). Invetasi Pengelolaan Keuangan Bisnis dan Pengembangan

Ekonomi Masyarakat. Jakarta: Indeks

Rahman, Jazuli, Ahmad. (2016). Pengaruh Investasi, Pengeluaran Pemerintah dan Tenaga Kerja terhadap PDRB Kabupaten di Provinsi Banten 2010-2014. Malang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Malang.

Rafan, Dwinanto. (2018, 29 Juni). Perekonomian Warga Kaltim Terus Membaik, Ini Sederet Indikatornya, Dikutip 15 Februari 2020 dari Tribun Kaltim: https://kaltim.tribunnews.com

Ramayani, Citra. (2013). Pengaruh Investasi Pemerintah, Investasi Swasta, Inflasi, Eksport, Tenaga Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Padang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, STKIP- PGRI Sumatera Barat

Risyanto, Havid. (2015). Pengaruh Investasi, Pengeluaran Pemerintah, dan Tenaga kerja Terhadap PDRB Provinsi Banten. Banten: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana.

Rosyidi, Suherman. (2009). Pengantar Teori Ekonomi, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rustiono, Dedy. (2008). Analisis Pengaruh Investasi, Tenaga Kerja, dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah Periode Tahun 1985-2006. Semarang: Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro.

Sebayang, Reiha. (2019, 16 Oktober). 6 Ribu Kontraktor Bakal Berebut 'Kue' Proyek Ibu Kota Baru, Dikutip 12 Februari 2020 dari CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sukirno, Sadono. (2004). Ekonomi Pembangunan, Jakarta: Kencana.

Sukrino, Sadono. (2006). Makro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukirno, Sadono. (2010). Makro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suindiyah, Sayekti. (2009). Pengaruh Investasi Tenaga Kerja dan Pengeluaran Pemerintah terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Jawa Timur. Jombang: Fakultas Ekonomi, Universitas Darul ’Ulum Jombang.

Susilawati. (2013). Analisis Faktor-faktor yang Memperngaruhi lama Menganggur Tenaga Kerja Terdidik di Kota Bengkulu. (Studi Kasus di Kecamatan Ratu Agung). Bengkulu: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu.

Suroto, Lapan, Hartono. (2016, 6 Juni) Definisi dan Pengertian Investasi. Dikutip 10 Desember 2019 dari Gomarketing: https://www.gomarketingstrategic.com.

Sutawijaya, Adrian. (2010). Pengaruh Ekspor dan Investasi terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia tahun 1980-2006, Jakarta: Jurnal Organisasi dan Manajemen.

Syarullah, Dio. (2014). Analisis Pengaruh PDRB, Pendidikan dan Pengangguran Terhadap Kemiskinan di Provinsi Banten 2009-2012. Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Todaro, Michael,P. (2003) Ekonomi Untuk Negara Berkembang, Jakarta: Bumi Aksara.

Pangiuk, Ambok. (2017). Pengaruh Investasi dan Pengeluaran Pemerintah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Jambi 2012-2015. Jambi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN STS.

Wauran, Patrick. (2012). Pengaruh Investasi Swasta dan Belanja Pemerintah terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Dampaknya terhadap Kesempatan Kerjad di Manado. Manado: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ekonomi Pembangunan, Universitas Sam Ratulangi.

Yuliara, I Made. (2016). Modul Regresi Berganda. Bandung: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v7i1.7724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com