Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan

Muhammad Zulfikar Adam, Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh pelayanan islami terhadap kepusan pelnggan di toko emas mulia Samarinda. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probabilitu sampling, dengan menggunakan teknik sampling insidental. Sampel yang digunakan adalah pembeli di toko emas mulia Samarinda. Jumlah sampel yang digunakan adalah 110 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda menggunakan SPSS versi 23.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Pelayanan Islami berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.


Keywords


Kualitas pelayanan; kepuasan pelanggan

References


Durianto, Darmadi. (2001). STRATEGI MENAKLUKAN PASAR melalui Riset Ekuitas dan perilaku. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip dan A.B Susanto. (2005). Manaejemen Pemasaran (Alih Bahasa: Benyamin Molan). Jilid 1. Cetakan Kesebelas. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip dan Amstrong. (2004). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.

Kuncoro, M. (2011). Metode Kuantitatif (Keempat). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Othman dan Owen (2001). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Bri Syariah Surabaya. JESTT, 1, 622-635.

Septian, M. (2015). “Prediksi Harga Emas Tahun 2016”. Diakses pada 17 September 2019.

.Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran (ketiga). Jogjakarta : Andi.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v8i1.7705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com