Analisis sektor ekonomi

Muhammad Iqbal Primadani, Fitriadi Fitriadi, Emmilya Umma Aziza Gaffar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sektor ekonomi Kota Tarakan. Data bersifat kuantitatif yang bersumber dari dokumen tertulis maupun elektronik dan lembaga atau institusi. Penelitian ini menggunakan alat analisis Location Quotient, Shift Share, dan SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada dua bidang sektor ekonomi yang menjadi basis yaitu: bidang industri/manufaktur dan bidang jasa serta tiga sektor non basis. Berdasarkan hasil analisis shift share, sektor yang mengalami pergeseran di Kota Tarakan ialah: Sektor Transportasi dan Pergudangan, Sektor Konstruksi, Sektor Informasi dan Komunikasi, Sektor Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor, Sektor Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial, Sektor Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum, Sektor Jasa Pendidikan, Sektor Jasa Keuangan dan Asuransi, Sektor Administrasi Pemerintah, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib, Sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan, Sektor Jasa Lainnya, Sektor Pengadaan Listrik dan Gas, Sektor Pengadaan Air, Pengelolaan Sampah, Limbah dan Daur Ulang. Berdasarkan analisis SWOT, strategi yang dapat diterapkan dalam pengembangan sektor ekonomi basis dan sektor ekononomi non basis adalah mendukung kebijakan pengembangan agresif, dan memaksimalkan sektor yang memiliki pertumbuhan bauran industri yang tumbuh pesat serta memiliki daya saing yang kuat di Kota Tarakan.


Keywords


Sektor; ekonomi; basis; non basis; location quotient; shift share; SWOT

References


Arsyad, Lincolin. 2005. Pengantar Perencanaan dan Pembangunan Ekonomi Daerah. Cetakkan Pertama. Edisi Kedua. BPFE. Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik. 2017. Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Utara Menurut Lapangan Usaha 2013-2017. Badan Pusat Statistik Kalimantan Utara.

Budiharsono, Sugeng. 2005. Teknik Analisis Pembangunan Wilayah Pesisir dan Lautan. PT Pradnya Paramita. Jakarta.

Gregory, Dess, (2018). Strategic Management. United States: McGraw-Hill Education - United States. ISBN 9781259927621.

Jhingan, M.L. 2012. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. Rajawali Pers. Jakarta.

Pratama, Rahardja. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi (Mikroekonomi & Makroekonomi). Edisi Ketiga. Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Madala Manurung. Jakarta.

Rahman, Jaini. 2018. Analisis Sektor Ekonomi Kota Samarinda. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman. Samarinda.

Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Rosyidi, Suherman. 2006. Pengantar Teori Ekonomi: Pendekatan Kepada Ekonomi Mikro dan Makro. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Siagian, Sondang P. 1984. Proses Pengelolaan Pembangunan Nasional. Gunung Agung. Jakarta.

Sjafrizal. 2018. Analisis Ekonomi Regional dan Penerapannya di Indonesia. PT Rajagrafindo Persada. Depok.

Sudarsono, Sidik. 2017. Analisis Sektor Ekonomi Basis dan NonBasis Kabupaten Kutai Kartanegara. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman. Samarinda.

Sukirno, Sadono. 2006. Ekonomi Pembangunan Proses Masalah dan Kebijakan. Cetakkan Ketiga. Penerbit Kencana. Jakarta.

Suparmoko, M. 2002. Ekonomi Publik (Untuk Keuangan dan Pembangunan Daerah). Yogyakarta: Andi.

Tarigan, Robinson. 2005. Ekonomi Regional: Teori dan Aplikasi. Edisi Revisi. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Usya, Nurlatifa. 2012. Analisis Struktur Ekonomi dan Identifikasi Sektor Unggulan di Kabupaten Subang. Skripsi. Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Widodo, Tri. 2006. Perencanaan Pembangunan, Aplikasi Komputer (Era Otonomi Daerah). UPP STIM YKPN. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiem.v6i4.7688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)

 
Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License