Peran ganda wanita single parent

Apriyanti Apriyanti, Eny Rochaida, Diana Lestari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran ganda wanita single parent di kelurahan gunung lingai dalam pekerjaan dan juga peran domestik rumah tangga. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi langung, wawancara, studi dokumentasi, dan bahan visual. Hasil Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa wanita single prent yang berada di Kelurahan Gunung Lingai berkerja sesuai dengan skill yang di miliki dari pengrajin manik-manik, juga sebagai penjual sembako dan sebagainya. Wanita single parent juga di tuntut untuk dapat bisa mengambil peran domestic rumah tangga dari mengurus anak dan juga pekerjaan rumahnya. Semua peran ganda yang di lakukan oleh single parent bisa di lakukan dengan baik sesuai dengan keadaannya yang di bantu oleh keluarga dan juga tetangganya.

Keywords


Wanita single parent; pekerjaan; peran domestik rumah tangga

References


Adioetomo, Sri Moertiningsih dkk. 2010. Dasar-Dasar Demografi Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat

Badan Pusat Statistik. 1997, Statistik: Kesejahteraan Rumah Tangga

Bugin, Burhan. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Rajawali Pers. Jakarta.

Candra, Adi. (2019). “ Analisis Profit Maksimum Usaha Jasa Laudry di Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. “ Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman.

Hubeis. Musa. 2009. Kajian Pendekatan Pemasaran Kewirausahahaan dan Kinerja Penjualan Usaha kecil. Jurnal manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 11 (2) : 183-192

Khirulyadi (2018). Menjanda dan Memaknai Keluarga. Aceh Besar, Universitas Syiah Kuala.

Mardiana (2018). Peranan Perempuan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi (Studi Tentang Peranan Petugas Perempuan). Jatinangor, Universitas Pajajaran.

Maslow. 2010, Motivation and Personalion. Rajawali, Jakarta

Nazir. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Patton, 1987. Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Refisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Rachma (2017 ), Peran Ganda Perempuan Matrifokal di Koperasi Setia Bhakti Wanita Surabaya. Surabaya, Universitas Airlangga.

Rastogi, P. N. 2002. Knowledge Management and intellectual Capital as a Paradigm of Value Creation. Human Systems Management, 21(4). 229-240.

Rozy. 1985. Pendidikan Kependudukan, Jakarta: Bumi Aksara

Sadono, Sukirno. 2006. Ekonomi Pembangunan. Edisi ketiga. Jakarta: Kencana

Sugino.2013. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Sutopo, Heribertus. 1998. Pengantar Penelitian Kulitatif Dasar-Dasar Teori Dan Praktis. Surakarta: UNS press

Wahyuningsih (2013). Analisis Relasi Gender dalam Keberhasilan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kerajinan Tas. Bogor, Institut Pertanian Bogor.

Valentine. (2013).Analisis Peran Ganda dan Strategi Pemberdayaan Janda yang Berkerja (Studi Empiris Daerah Pesisir di Kota Semarang.Semarang. Universitas Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiem.v6i4.7653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)

 
Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License