Peran wanita pada rumah tangga prasejahtera

Eka Agustina, Irwan Gani, Muliati Muliati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembagian peran yang dilakukan pada rumah tangga prasejahtera dan bagaimana peran istri dalam menunjang perekonomian rumah tangga prasejahtera di Kelurahan Budaya Pampang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tujuan dapat menjelaskan secara rinci hasil dari penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembagian peran pada rumah tangga prasejahtera di Kelurahan Budaya Pampang dilakukan dengan kesepakatan bersama dan sesuai tanggung jawab masing-masing anggota keluarga. Peran istri dalam menunjang perekonomian rumah tangga prasejahtera di Kelurahan Budaya Pampang tak kalah penting dari suami. Selain menjalankan tugasnya sebagai ibu rumah tangga, para istri di Kelurahan Budaya Pampang juga membantu suami dalam mencari nafkah.


Keywords


Peran wanita; keluarga prasejahtera; kesejahteraan; kemiskinan

References


Bhinadi, A. (2017). Penaggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

BKKBN. (2015). Hasil Pendataan Keluarga Tahun 2015. Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional.

BPS. (2017). Penghitungan dan Analisis Kemiskinan Makro Indonesia. Jakarta.

BPS. (2018). Tingkat Kemiskinan Di Kalimantan Timur Maret 2018. Kalimantan Timur.

Jacobus, E. H., Kindangen, P., & Walewangko, Ee. N. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinan Rumah Tangga Di Sulawesi Utara. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 19(7), 1.

Kuncoro, M. (1997). Ekonomi Pembangunan (Teori, Masalah, dan Kebijakan) (Edisi Ketiga). Yogyakarta: (UPP) AMP YKPN.

Kusnaedi. (1995). Membangun Desa. Jakarta : PT. Penebar Swadaya.

Putri, A. D., & Setiawina, N. D. (2013). Pengaruh Umur, Pendidikan, Pekerjaan terhadap Pendapatan Rumah Tangga Miskin di Desa Bebandem. E-Jurnal EP Unud, 2(4), 173–180.

Rambe, A. (2004). Alokasi Pengeluaran Rumah Tangga dan Tingkat Kesejahteraan (Kasus di Kecamatan Medan, Kota Sumatra Utara). Tesis. Sekolah Pascasarjana IPB, Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiem.v6i4.7434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)

 
Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License