Pengaruh investasi dan pengeluaran pemerintah terhadap produk domestik regional bruto (pdrb) dan dampaknya pada kesempatan kerja di kota samarinda

Evarda Forwadi, Eny Rochaida, Muhammad Awaluddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Investasi, dan Pengeluaran Pemerintah terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan dampaknya pada Kesempatan Kerja di Kota Samarinda. Dengan menggunakan model analisis jalur (Path Analysis) yang diolah dalam program komputer SPSS versi 21. Penelitian ini menggunakan data time series pada tahun 2005-2018 yang diperoleh  dari Badan Pusat Statistik Kalimantan Timur. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Investasi dan Pengeluaran Pemerintah berpengaruh signifikan terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Investasi berpengaruh signifikan terhadap Kesempatan Kerja. Pengeluaran Pemerintah berpengaruh signifikan terhadap Kesempatan Kerja. Investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kesempatan Kerja melalui Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Pengeluaran Pemerintah berpengaruh positif dan signifikan tehadap Kesempatan Kerja melalui Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).


Keywords


Investasi; pengeluaran pemerintah; produk domestik regional bruto (pdrb); kesempatan kerja

References


Arsyad, Lincoln.1999. Ekonomi Pembangunan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

______________.2010. Ekonomi Pembangunan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Dornbusch, Rudiger dan Fischer, Stanley. 1994. Makro Ekonomi, edisi keempat. Alih Bahasa: J.Mulyadi. Jakarta: Erlangga.

Icha Dianawaty Martasari, Moehammad Fathorazzi, Sunlip Wibisono.2014 Pengaruh Upah Minimum Kabupaten , Angkatan Kerja dan PDRB Terhadap Kesempatan Kerja di Kabupaten Jember.Jurnal

Lipsey, G.Richard.1995. Pengantar mikro ekonomi Edisi Kesepuluh, Alih bahasa oleh Jaka Wasana dan Kirbrandoko. Binarupa Aksara. Jakarta.

Mankiw. G. 2000. Teori Makro Ekonomi. Edisi ke-4. Jakarta: Erlangga.

Mamai Maisaroh, Havid Risyanto. 2018. Pengaruh Investasi, Pengeluaran Pemerintah, dan Tenaga Kerja terhadap PDRB Provinsi Banten. Jurnal Ekonomi dan Bisnis ISSN 2549-4988 (p) ISSN 2550-1267 (o). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nainggolan, Indra Oloan. 2009. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesempatan Kerja Pada Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara. Tesis.

Roni Mauliansyah.2017. Pengaruh Investasi dan Belanja Pemerintah terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Aceh. Jurnal Vol.1.No.2 Desember 2017.

Sri Danawati, I K.G. Bendesa, Made Suyana Utama.2016. Pengaruh Pengeluaran Pemerintah dan Investasi Terhadap Kesempatan Kerja, Pertumbuhan Ekonomi serta Kwtimpangan Pendapatan Kab/Kota di Provinsi Bali. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Samuelson, Paul A. & William D. Nordhaus. 2002. Makro Ekonomi. Erlangga : Jakarta.

Sukirno, Sadono, 2006. Ekonomi Pebangunan Edisi ke-2. Indonesia. Kencana Prenada Media Group.

Todaro, Michael, P. 2000. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Edisi Ketujuh

diterjemahkan oleh Haris Munandar. Penerbit Erlangga. Jakarta.

_______________.2003.Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga.Alih Bahasa :Aminuddin dan Drs.Mursid. Jakarta: Ghalia Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v6i2.6701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com