Pengaruh modal dan tenaga kerja terhadap produksi terasi udang

Muhammad Rizal Firmansyah, Theresia Militina, Muliati Muliati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modal dan tenaga kerja terhadap produksi terasi Di Bontang Kuala. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 21. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal berpengaruh signifikan terhadap produksi terasi sedangkan tenaga kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap produksi terasi. Modal dapat meningkatkan produksi terasi sedangkan tenaga kerja jika di tambah akan  mengakibatkan turunnya pendapatan produksi terasi.


Keywords


Modal; tenaga kerja; produksi terasi udang

References


Ari, Sudarman, 1992. Teori Ekonomi Mikro. Yokyakarta, BPFE UGM. Asri, Marwan. 1986. Pengelolaan Karyawan. BPFE : Yogyakarta.

Asnawi, Robert, 2003. Analisis Fungsi Produksi Usaha Tani Ubi Kayu Rakyat Di Provinsi Lampung. Fakultas Ekonomi. Universitas Bandar Lampung.

Furqon, Danang Faiza, 2017. Pengaruh Modal, Lama Usaha, Dan Sikap Kewirausahaan Terhadap Pendapatan Pengusaha Lanting Di Lembah Duwur, Kecamatan Kuwurasan, Kabupaten Kebumen. Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro.

Gujarati, Damodar N., dan Dawn C. Porter. 2012. Dasar-Dasar Ekonometrika. Jakarta : Salemba Empat.

Janah, Nurul, 2017. Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, Dan Teknologi Terhadap Hasil Produksi Monel Di Kabupaten Jepara. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang.

Kuncoro, Mudrajad. 2013. Metode Riset Untuk Ekonomi Dan Bisnis Edisi 4. Jakarta : Erlangga.

Maliha, Arininoer, 2018. Pengaruh Modal Dan Tenaga Kerja Dan Bahan Baku Terhadap Tingkat Pendapatan Industri Kue Dalam Prespektif Ekonomi Islam Di Bandar Lampung. Fakultas Ekonomi. Universitas Bandar Lampung.

Millers dan Meiners. 2000. Teori Ekonomi Mikro. Penerjemah: Haris Munandar. Jakarta: Raja Grafindo Perseda.

Nugroho, Arif Budi, 2015. Analisis Fungsi Produksi Dan Efisiensi Jagung Di Kecamatan Patean Kabupaten Kendal. Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro.

Nuraini, Ida. 2013. Pengantar Ekonomi Mikro. Malang : UMM Press.

Panji Anoraga, 2002. Koperasi, Kewirausahaan Dan Usaha Kecil. Jakarta : Rineka Cipta.

Pertiwi, Pitma, 2015. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Tenaga Kerja Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Fakultas Ekonomi. Universitas Gajah Mada.

Safitri, Rike Rinanda, 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Konveksi Yang Ada Di Pasar Pagi Kota Samarinda. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Mulawarman.

Sonny, Sumarsono, 2003. Ekonomi Manajemen Sumberdaya Manusia & Ketenagakerjaan, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&d. Bandung : CV. Alfabeta.

Sukirno, Sadono. 2002. Teori Pengantar Mikro Ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Perseda.

Sulistyono, Didik, 2003. Analisis Fungsi Produksi Industri Kerajinan Genteng Di Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten. Fakultas Ekonomi. Universitas Gajah Mada.

Suprapti, Ervin, 2017. Pengaruh Modal, Umur, Jam Kerja, dan Pendidikan Terhadap Pedagang Perempuan Pasar Barongan Bantul.

Widarjono, Agus, 2005. Ekonometrika Teori Dan Aplikasi Untuk Ekonomi Dan Bisnis. Yogyakarta : Ekonisa FE UI.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v6i3.6683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com