Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan perempuan berstatus menikah untuk bekerja di kelurahan graha indah kota balikpapan

Nor Windi Setiana, Juliansyah Juliansyah, Juliansyah Roy

Abstract


Penelitian ini berjudul “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Perempuan Berstatus Menikah untuk Bekerja di Kelurahan Graha Indah Kota Balikpapanâ€. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan perempuan berstatus menikah untuk bekerja di Kelurahan Graha Indah Kota Balikpapan. Penelitian ini menggunakan data primer (kuesioner) terhadap 100 responden. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Logistik Biner. Data menggunakan analisis regresi dengan rumus regresi biner dan analisis komputer menggunakan SPSS 23 untuk menentukan hasil dari penelitian ini. Hasil menunjukkan bahwa tingkat pendidikan, pendapatan suami dan jumlah tanggungan keluarga berpengaruh terhadap keputusan perempuan berstatus menikah untuk bekerja, sedangkan usia istri tidak berpengaruh terhadap keputusan perempuan berstatus menikah untuk bekerja.


Keywords


Tingkat pendidikan istri; pendapatan suami; jumlah tanggungan keluarga; usia istri; keputusan perempuan berstatus menikah untuk bekerja

References


Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. (2018). e-INFODUK-Dinas Kependudukan, PP dan PA Provinsi Kalimantan Timur. Balikpapan.

Manulang. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. CV. Andi Offset, Yogyakarta.

Mayati, Monica Sri, dan Bactiar, Nasri. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mepengaruhi Partisipasi Penawaran Wanita untuk Bekerja di Indonesia. Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, Padang.

Novita, Eliana, dan Ratina, Rita. (2007). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Curahan Waktu Kerja Wanita Pada PT. Agricinal Kelurahan Berstatus Kecamatan Palaran Kota Samarinda. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Vol 4 No.2, Samarinda.

Pandia, W.S. (1997). Hubungan Antara Peran Jenis Kelamin Dengan Sikap Terhadap Perceraian Pada Wanita Bekerja. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Depok.

Riyani. (2001). Kontribusi Wanita dalam Aktivitas Ekonomi dan Rumah Tangga terhadap Ibu Rumah Tangga di Perkotaan Kabupaten Purworejo. Jakarta.

Simanjuntak. Payaman. J. (1998). Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. LPFE-UI, Jakarta.

Sulistiyowati, Irianto. (2008). Perempuan dan Hukum. Universitas, Depok.

Thenu dkk. (2009). Analisis Penawaran Tenaga Kerja Wanita Menikah dan Faktor yang Mempengaruhinya di Kabupaten Brebes. Universitas Diponegoro, Magelang.

Wambraw, D. (2007). Tingkat Partisipasi Penduduk Wanita Dalam Pasar Kerja di Irian Jaya. Universitas Cendrawasih, Irian Jaya.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v6i2.6674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com