Pengaruh pendapatan dan jumlah tanggungan keluarga terhadap konsumsi buruh

Muhammad Wahyu Ichsan, Jiuhardi Jiuhardi, Rahcmad Budi Suharto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh pendapatan dan jumlah tanggungan keluarga terhadap konsumsi buruh (studi terhadap buruh angkut di pasar segiri Samarinda). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif, pengambilan data menggunakan data primer dan sekunder  dengan teknik sampling aksidental. Metode pengumpulan data dilakukan dengan empat cara yaitu studi pustaka, wawancara/kuesioner, observasi dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah buruh angkut di pasar segiri Samarinda, sedangkan sampel penelitian dengan total sampel 50 responden buruh angkut. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda menggunakan metode statistik SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendapatan buruh memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap konsumsi buruh angkut, jumlah tanggungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsumsi buruh angkut di pasar segiri Samarinda.


Keywords


Pendapatan; jumlah tanggungan keluarga; konsumsi buruh angkut

Full Text:

PDF

References


Andi, Prasetyo. 2011. Analisis Kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Karanganyar dilihat dari Rasio Pendapatan Daerah pada APBD 2006 – 2008. Skripsi. Surakarta. Universitas Muhammadiyah.

Bagoes, Mantra, Ida. 2003. Demografi Umum. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Bangbang, Prayuda. 2014. Analisis Tingkat Kesejahteraan Pedagang Ikan Segar Air Tawar di Pasar Kiaracondong. Skripsi. Bandung.

Bhuono Agung, Nugroho. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. ANDI. Yogyakarta.

Dewa, Made, Aris, Artaman. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Pasar Seni Sukawati Gianyar. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 4.02 (2015) : 87-105. Bali.

Fani, Esmawati. 2005. Analisis Konsumsi Rumah Tangga di Kabupaten Brebes Tahun 2004. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Badan Penerbit UNDIP. Semarang.

Guritno Mangkoesoebroto dan Algifari. 1998. Teori Ekonomi Makro. Yogyakarta; SYIE YKPN.

Hikmah, Nur. 2009. Analisis Fakto-Faktor Yang Mempengaruhi Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga “Kelurahan AEK Kota Batu, Kec NA-IX-X, Kabupaten Labuhan Batu Utaraâ€. Skripsi. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Mankiw, N Gregory. 2003. Teori Makro Ekonomi Edisi Ke-5. Jakarta: Erlangga.

Mapandin, WY. 2005. Tesis: Hubungan Faktor Sosial Budaya dengan Konsumsi Makanan Pokok Rumah Tangga pada Masyarakat. Semarang, Universitas Diponegoro.

Niken, Agustin. 2012. Analisis Konsumsi Rumah Tangga petani Padi dan Palawija di Kabupaten Demak. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Pratama, I Putu Agues E. 2014. Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung : Informatika.

Pratiwi, Reni, 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keuntungan Usaha Pedagang Di Pasar Batik Grosir Bati Setono Pekalongan. Skripsi Ekonomi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Priyanto. 2007. Dinamika-ku: jangan abaikan pelayanan. http://www.google.co.id/jangan/abaikan/pelayanan. (Diakses tanggal 11 Maret 2018).

Raharja, Prathama dan Manurung, Mandala. 2004. Pengantar Teori Ilmu Ekonomi – Mikroekonomi dan Makroekonomi, Jakarta, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Reksoprayitno. 2000. Pengantar Ekonomi Mikro. Edisi Millenium. BPFE UGM. Yogyakarta.

Sadano, Sukirno. 2006. Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Edisi Ketiga. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Samuelson dan Nordhaus. 2003. Ilmu Makroekonomi. McGraw-Hill. Media Global Edukasi.

Sangadji, M. 2007. Fungsi Konsumsi Rumah Tangga di Indonesia. Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura Ambon, Journal Ekonomi dan Bisnis Islam.

Satori, Djam’an dan Komariah, Aan. 2013. Metodolgi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Sayekti, A. A. S. 2008. Pola Konsumsi Rumah Tangga di Wilayah Histori Pangan Beras dan Non Beras di Indonesia. Pusat Analisi Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, Bogor.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Afabeta. Bandung.

Suparmoko, M. 1997. Ekonomi Pembangunan. Penerbit BPFE. Yogyakarta.

Suyastiri, N. M. 2008. Diversifikasi Konsumsi Pangan Pokok Berbasis Potensi Lokal Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Pedesaan. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Kajian Ekonomi Negara Berkembang, Vol. 13 (1): 51-60, Yogyakarta.

Umar, H. 2007. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta : Penerbit PT Raja Grafindo Persada.

Todaro, Michael, P. 1987. Pembangunan Ekonomi Dunia Ketiga. Jakarta : BPFE UI.

Wardhani, IGK. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka. Jakarta.

Winardi, J. 2000. Pengantar Ilmu Ekonomi I. Edisi VII. Tarsito. Bandung.

Yuriandi, A. 2011. Analisis Juridis Terhadap Pelayanan Program JAMSOSTEK. Dalam perlindungan Hukum Tenaga Kerja di Kota Medan.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v6i3.6599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com