PENENTUAN PUSAT PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

khairil fuadi, Sjamsu Djohan, Nurjanana Nurjanana

Abstract


Khairil Fuadi, 2019. Penelitian ini berjudul Penentuan Pusat Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur. Dibimbing oleh bapak Sjamsu Djohan dan ibu Nurjanana.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daerah pusat pertumbuhan ekonomi di provinsi kalimantan timur. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari buku yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statiktik Provinsi Kalimantan Timur. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis skalogram dan indeks sentralitas.

Hasil penelitian berdasarkan alat analisis tersebut menunjukkan bahwa terdapat dua daerah yang mempunyai hirarki dengan kategori tinggi yaitu Kota Samarinda dan Kota Balikpapan. Sehingga Kota Samarinda dan Kota Balikpapan merupakan daerah pusat pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur.

Keywords


skalogram, indeks sentralitas, Pusat Pertumbuhan

References


Adisasmita, Rahardjo. 2013. Teori-Teori Pembangunan Ekonomi Jakarta: Graha Ilmu

Arsyad, Lincolin. 2005. Pengantar Perencanaan Pembangunan Ekonomi Daerah. Yogyakarta: Edisi Kedua, BPFE

BPS. Publikasi. Kalimantan Timur Dalam Angka 2018. Samarinda: Badan Pusat Statistik.

Danastri, Sasya. 2011. Analisis Penetapan Pusat-Pusat Pertumbuhan Baru Di Kecamatan Harjamukti, Cirebon Selatan. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Djojodipuro, Marsudi. 1992. Teori Lokasi. Jakarta: LPFE-UI.

Ermawati, 2010. Analisis Pusat Pertumbuhan Ekonomi Pada Tingkat Kecamatan Di Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah. Skripsi, Fakultas Ekonomi. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta.

Febriwantika, Rifo Rifeldo. 2015. Analisis Pusat Pertumbuhan di Kota Bontang. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Univeristas Mulawarman. Samarinda.

Harahap, Erwin. 2009. Kecamatan Perbaungan Sebagai Pusat Pertumbuhan di Kabupaten Serdang Bedagai. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatra Utara. Medan.

Poetra, Ade Pratama. 2016. Analisis Penentuan Pusat-Pusat Pertumbuhan Ekonomi dan Interaksi Antar Kecamatan di Kabupaten Pringsewu. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Respati. 2015. Pusat Pertumbuhan dan Regionalisasi Pembangunan Indonesia. Diakses pada 22 Mei 2019. http://geografisku.blogspot.com/2015/11/pusat-pertumbuhan-regionalisasi-indonesia.html

Richardson, Harry W. 2001. Dasar-Dasar Ilmu Ekonomi Regional. Terjemahan Paul Sitohang. Jakarta: LPFE-UI.

Riyadi dan Deddy Supriyadi Bratakusumah. 2007. Perencanaan Pembangunan Daerah: Strategi Menggali Potensi dalam Mewujudkan Otonomi Daerah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rosadi, Nurul Octaviani. 2017. Identifikasi Pusat Pertumbuhan Di Kabupaten Bandung. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Katolik Parahyangan. Bandung

Setiono, Dedi NS. 2011. Ekonomi Pengembangan Wilayah : Teori Dan Analisis. Jakarta: LPFE UI.

Rustiadi, Ernan. 2011. Perencanaan Dan Pengembangan Wilayah. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Sujana, Andry. 2011. Analisis Penetapan Satuan Wilayah Pembangunan Di Kabupten Tegal. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Sjafrizal. 2008. Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi. Padang: Baduose Media

Tarigan, Robinson. 2009. Ekonomi Regional Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Todaro, Michael. 2009. Pembangunan Ekonomi: Jilid 1 Edisi 9. Terjemahan Haris Munandar. Jakarta: Erlangga

Utami, Yayie Restu. 2017. Penentuan Pusat Pertumbuhan Wilayah Kabupaten Bogor Bagian Timur. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Pakuan. Bogor.

Yulianto, Rahmat Andi. 2015. Analisis Penetapan Pusat Pertumbuhan Baru Di Satuan Wilayah Pembangunan (SWP) Tengah Kabupaten Brebes. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Diponegoro. Semarang.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v3i1.6373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com