ANALISIS PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA SEKTOR PERHOTELAN DI KOTA SAMARINDA

Yohanes Berekhmans M, Adi Wijaya, Rahcmad Budi Suharto

Abstract


Berdasarkan hasil analisis diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 5,118 + 0,423 X1 + (-) 0,333 X2 + 0.370 X3 artinya bahwa variabel tingkat jumlah kamar hotel memiliki pengaruh yang paling besar (positif) terhadap jumlah penyerapan tenaga kerja dengan nilai koefisien beta regresi sebesar (+)0,423 dan jumlah wisatawan sebesar 0,370 sedangkan variabel tingkat upah berpengaruh negatif. Nilai koefisien korelasi (R) diperoleh sebesar 0,96 hal ini berarti hubungan  tenaga kerja dengan  jumlah kamar hotel, tingkat upah dan jumlah wisatawan memiliki hubungan yang sangat erat sedangkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,928 hal ini berarti 92,8% variasi penyerapan tenaga kerja dapat dijelaskan oleh variasi dari ketiga variabel independen yaitu jumlah kamar hotel, tingkat upah dan jumlah wisatawan. Sedangkan sisanya sebesar 7,2% dijelaskan oleh sebab - sebab lain diluar model. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa jumlah kamar hotel berpengaruh positif terhadap penyerapan tenaga kerja namun tidak signifikan, tingkat upah berpengaruh negatif terhadap penyerapan tenaga kerja namun tidak signifikan dan jumlah wisatawan berpengaruh positif terhadap penyerapan tenaga kerja namun tidak signifikan.


Keywords


Penyerapan Tenaga Kerja

References


Dumairy. 2004. Perekonomian Indonesia, Cetakan Kelima. Jakarta: Erlangga.

Effendi dan Singarimbun. 2006. Metode Penelitian Survey, Cetakan Kedua, Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, terj : Hendra Teguh dan Ronny Antonius Rusly, Edisi 9, Jilid 1 dan 2, Jakarta: Prenhalindo.

Mulyadi. 2001. Sistem Akuntansi, Edisi ketiga, Jakarta: Salemba Empat.

Nugroho, Bhuono Agung. 2005. Strategi Jitu: Memilih Metode Satistik Penelitian Dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.

Pendit, S.Nyoman. 2002. Ilmu Pariwisata, Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: Prandnya Paramita.

Ruky, Achmad S. 2001. Manajemen Penggajian dan Pengupahan Karyawan Perusahaan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Simanjuntak, Payaman J. 2005. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: FE UI.

Sarwono, Jonathan, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif, Yogyakarta; Graha Ilmu.

Soenarno, Adi. 2006. Front Office Management. Yogyakarta: Andi Offset.

Suarthana. 2006. Manajemen Perhotelan Edisi Kantor Depan. Kuta Utara: Mapindo

Sudarsono dkk, 1988. Ekonomi Sumber Daya Manusia, Jakarta : Karunia Jakarta.

Sugiarto, Endar. 2002. Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyarso, G. dan F. Winarni. 2005. Dasar-dasar Akuntansi Perkantoran, Yogyakarta. Media Pressindo.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukirno, Sadono. 2002. Pengantar Teori Mikroekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sulastiyono, Agus. 2006. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.

Sulistyo, Basuki. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

Sumarsono, Sonny. 2003. Upah Minimum bagi Buruh dan Strategi Perjuangan Serikat Pekerja atau Serikat Buruh, Jurnal Analisis Sosial vol.7, no.1

Suwena, Widyatmaja, 2010. Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar : Udayana University Press

Suyitno. 2001. Perencanaan Wisata. Yogyakarta: Kanisius.

Umar, Husein. 2005. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Yoeti. A. Oka. 2003. Manajemen Pemasaran Hotel. Jakarta : Perca.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v4i2.5238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com