PENGARUH JUMLAH ANGKATAN KERJA DAN DANA DESENTRALISASI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

achmad denny saputra, adi wijaya, agus junaidi

Abstract


Achmad Denny Saputra, 2018. Pengaruh Jumlah Angkata Kerja dan Dana Desentralisasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur . Bimbingan Dr. H. Adi Wijaya dan Agus Junaidi.

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Jumlah Angkata Kerja dan Dana Desentralisasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur.

Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda.Data yang digunakan adalah data sekunder, dalam kurun waktu delapan tahun dari periode tahun 2010 sampai 2017. Sumber datanya diambil dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Timur dan Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia Pusat. Data yang ada diolah dengan menggunakan program komputer SPSS (Statistical Package for Social Science) versi 22.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa angkatan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di provinsi kalimantan timur, dana desentralisasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia, dan Angkatan kerja dan dana desentralisasi secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kalimantan timur.

Keywords


Pertumbuhan Ekonomi, Angkatan Kerja dan Dana Desentralisasi



DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v4i2.5137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com