PENGARUH LABEL HALAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus : Kerupuk Ikan “SANDA” Khas Kota Bangun)

Redi Muliadi, Muhammad Saleh Mire, Sri Wahyuni

Abstract


Redi Muliadi, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Label Halal dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Kerupuk Ikan SANDA Khas Kota Bangun. Hipotesis pertama menguji pengaruh label halal positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen kerupuk ikan “SANDA”. Hipotesis kedua menguji apakah pengaruh kualitas produk positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen kerupuk ikan “SANDA”.

 Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer kuisioner dimana data ini diperoleh secara langsung dari hasil pengamatan lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pembeli/Konsumen Kerupuk Ikan SANDA khas Kota Bangun. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 75 responden. Metode analisis data dilakukan dengan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan pengelolaan data sistem komputerisasi program SPSS 22

 Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara signifikan variebel label halal dan kualitas produk mempengaruhi kepuasan konsumen kerupuk Ikan SANDA khas Kota Bangun. Berdasarakan hasil penelitian ini variabel Kualitas Produk merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan Kerupuk Ikan SANDA khas Kota Bangun.


Keywords


label halal, kualitas produk dan kepuasan konsumen

References


Al-Ghazali, Imam. Benang Tipis Antara Halal dan Haram. Surabaya : Putra Pelajar. 2002.

Apriyantono, Anton dan Nurbowo. Panduan Belanja dan Konsumsi Halal. Jakarta: Khairul Bayaan. 2003.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Ed. Rev. Cet. 14. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.

Arumsari, Dheany. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Merek Aqua (Studi pada Konsumen Toko Bhakti Mart KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah). Skripsi UNDIP. Semarang. 2012.

Dahlan, Abdul Azis. Ensiklopedi Hukum Islam. Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve. Cet. 1. 1997

Fauzi, Muchammad. Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Pertama. Semarang: Walisongo Press. 2009.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 22. Semarang:BPFE Universitas Diponegoro .2016

Hamid, Atiqah. Buku Pintar Halal Haram Sehari-hari. Jogjakarta: Diva Press. 2012.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo. 1997.

Kotler, Philip dan A.B. Susanto. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat. 1999.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong . Marketing Principles. Penerbit Prentice Hall Inc: New jersey.

Latan, Hengky dan Selva Temalagi. Analisis Multivariate Teknik dan

Aplikasi Menggunakan Program IBM SPSS 20.0. Bandung: Alfabeta. 2013.

Lupiyoadi, Rambat. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek.

Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat. 2001.

Maulana, Achmad dkk. Kamus Ilmiah Populer: Lengkap dengan EYD

dan Pembentukan Istilah serta Akronim Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Absolut. 2008.

Muhammad, Ibnu Elmi As Pelu. Label Halal; Antara Spiritual Bisnis dan Komoditas Agama. Malang: Madani. 2009.

Muhammad. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Islam. Jakarta: Rajawali Pers. 2013.

Nihayah, Ulfatun. Pengaruh Label Halal dan Citra Merek terhadap Minat Beli Masyarakat Muslim (Studi Lapangan di Pusat Oleh-oleh Pandanaran Semarang). Skripsi IAIN. Semarang, 2014.

Rangkuti, Freddy. Marketing Analysis Made Easy. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2005.

Sarwono, Jonathan. Metode Riset Skripsi: Pendekatan Kuantitatif (Menggunakan Prosedur SPSS). Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 2012.

Sekretariat Majelis Ulama Indonesia. HIMPUNAN FATWA MUI SEJAK 1975. Jakarta: Erlangga. 2011.

Siregar, Syofian. Statistika Deskriptif untuk Penelitian; Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 2010.

Siregar, Syofian. Metode Penelitian Kuantitatif; Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana. 2013.

Sitinjak, Tony et al. Model Matriks Konsumen untuk Menciptakan Superior Customer Value. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 2004.

Sujarweni, Wiratna dan Poly Endrayanto. Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2007.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta. 2010.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta. 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet. 2013.

Suharyadi dan Purwanto SK. STATISTIKA: Untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Jakarta: Salemba Empat. 2011

Sulaiman, Wahid. Analisis Regresi Menggunakan SPSS: Contoh Kasus dan Pemecahannya. Edisi 1. Yogyakarta: Andi. 2010

Supardi, Darwyan Syah. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: DIADIT MEDIA. 2009.

Tjiptono, Fandy et al. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset. 2008.

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi Offset. 2008.

Tjiptono, Fandy. Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Yogyakarta: Andi Offset. 2014.

Umar, Husein. Research Methods in Finance and Banking. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama. 2002.

Usmara. Strategi Baru Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Jogjakarta: Amara Books. 2003.

Wulandari, Nur. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen (Studi kasus pada Konsumen Kopikita Semarang). Skripsi UNDIP. Semarang, 2013




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v4i2.5058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com