Analisis kepatuhan pengusaha kena pajak yang terdaftar dikantor pelayanan pajak pratama samarinda

Ahmad Hebriansyah, Isna Yuningsih, Musviyanti Musviyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah labelisasi halal dan bahan makanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk makanan dalam kemasan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah labelisasi halal dan bahan makanan dan variabel terikat adalah keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan kepada Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman yang terdiri dari 72 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan pengelolaan data sistem komputerisasi program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa labelisasi halal dan bahan makanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian ini variabel labelisasi halal merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Kepatuhan; pengusaha kena pajak; surat pemberitahuan masa ppn

References


Adriana, Nana. 2012. Efektivitas Penagihan Pajak Dengan Surat Teguran dan Surat Paksa Terhadap Penerimaan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Selatan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Departemen Keuangan RI. Surat Edaran Direktorat Jenderal Pajak 06/PJ.9/2001, (Online), (http://www.ortax.org, diakses 21 Februari 2018).

Departemen Keuangan RI. Keputusan Direktur Jenderal Pajak, Nomor SE-18/PJ/2006 tentang Key Performance Indicator (KPI) Direktorat Jenderal Pajak, (Online), (http://www.ortax.org, diakses 12 Maret 2018).

Fauzi, Alfian Fahmy. 2014. Analisis Perubahan Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak Sebelum dan Sesudah Penerapan E-SPT dalam Melaporkan SPT Masa PPN dan Dampaknya terhadap Penerimaan PPN (Studi Kasus pada KPP Pratama Bandung di lingkungan Kantor Wilayah DJP Jawa Barat 1). Skripsi. Universitas Telkom. Bandung.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Salemba Humanika. Jakarta.

Mardiasmo. 2011. Perpajakan. Edisi Revisi. Andi. Jakarta.

Maria, Delli. 2013. Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan Terhadap Tingkat Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pajak (KPP) Pratama Bandar Lampung. Jurnal Bisnis Darmajaya, Vol. 01, No.01.

Mutmainna, A Ayudiyah. 2016. Analisis Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Selatan. Skripsi. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Retnowati, Rini. 2013. Analisis Kepatuhan Wajib Pajak dalam Pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Masa Pajak Pertambahan Nilai (PPN) di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Rengat. Skripsi. Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau. Riau.

Undang - Undang Nomor 16 Tahun 2009. Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Sekretariat Negara. Jakarta.

Zulvina, Susi. 2011. Bahan Ajar Pengantar Hukum Pajak. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v4i2.5056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com