Kepuasan mahasiswa terkait kualitas layanan universitas widya gama mahakam di samarinda

M Zamroji Almursyid, Theresia Militina, Yana Ulfah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kualitas layanan, produk, citra institusi, biaya pendidikan, proses pembelajaran, lokasi dan sarana fisik terhadap kepuasan mahasiswa di Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan objek populasi seluruh mahasiswa dengan jumlah 4117 mahasiswa. Berdasarkan banyaknya populasi yang ada peneliti mengambil sampel dengan tehnik purposive sampling dan mendapatkan sampel dengan jumlah 98 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dokumentasi, observasi kelapangan dan pembagian angket. Setelah pembagian angket selesai, penulis melakukan rekap data dan pengolahan data menggunakan softwere SPPS versi 23 dengan teknik analisis data regresi linier berganda Hasil analysis regresi linier berganda dengan uji t dan F serta dengan hipotesis yang ada menghasilkan kesimpulan nilai F hitung sebesar 28.324 sedangkan F tabel pada taraf signifikan 5% dengan df=4 dan df2 (98-7-1) = 90 adalah sebesar 2.11 maka F hitung > F tabel dengan demikian semua variabel bebas secara bersama sama bepengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa.


Keywords


kualitas layanan; produk; citra institusi; biaya pendidikan; proses pembelajaran; lokasi; sarana fisik

References


Adam, Muhammad. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Aplikasi. Bandung : Alfabeta

Alma, Buchari. 2003. Manajemen penjualan dan pemasaran jasa. Bandung : Alfabeta

Anaroga, Panji. 2004. Manajemen Bisnis. Cetakan Ketiga. Jakarta : Rineka Cipta

Arnould, price & Zinkhan, 2005. “Consumers†2nd Edition, McGraw – Hill.

Assouri, Sofyan. 2004. Manajemen Pemasaran; Dasar, Konsep dan strategi. Jakarta : PT. Grafindo Persada.

Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek & Psikologi Konsumen. Yogyakarta : Graha Ilmu

George, Terry R. 2003. Principle of Management. Sevent Edition. Home Wood illions. Richard d Irwan Inc.

Hogan, S. 2005. Employees and image : Bringging Brand Image to Life. The 2nd Annual Strategic Publik Relations Conference. Chicago : Lippincot Mercer

Haas W. Robert and Thomas R Wotruba. 2000. Marketing Management Concept Practice and Case, Bussines Publication. lnc, Printed The United State Of America.

Janonis, V. & Virvilaite, R. 2007. Brand Image Formation. Engineering Economics. Vol 52. No.2 Page 78-90

Kapferer, JN. 2003. The New Strategic Brand management. Lomdon : Kogan

Keller, K.L. 2003. Strategic Brand management : Building, Measuring, and Managing rand Equality. 2nd ed. New Jersey : Pearson Education, lnc

Kotler, Philip dkk, 2000. Manajemen Pemasaran Perpektif Asia, Buku Dua, Edisi Pertama, Yogyakarta : Andi Offset

Kotler, Phillp, and Amstrong, 2001. Principles Of Marketing. Pearson Education lnc., Upper Saddle, New Jersey : USA, Page 5.

Kotler, Philip and Poertsch, Waldemar. 2008. B2B Brand Management (7th ed). New Jersey : Prentice Hall

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran jasa (Teori dan Praktek), Jakarta : Penerbit Salemba Empat

Lupiyoadi dan hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta : Penerbit Salemba Empat

Malayu S. P Hasibuan. 2005. Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah, Jakarta : Bumi Aksara

Muflihah, Rini. 2013. Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Institusi dan harga terhadap Kepuasan Mahasiswa (Survey pada Mahasiswa STAI Tasikmalaya). Tasikmalaya: Journal Universitas Siliwangi Tasikmalaya

Qomariah, Nurul. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Study Pada Universitas Muhammadiyah di jawa Timur). Jurnal Aplikasi manajemen Volume 10 Nomor 1 Maret 2012. Jawa Timur: Universitas Muhammadiyah

Rangkuti, Freddy. 2002. The Power Of Brand: teknik mengelola brand equity dan strategi pengembangan merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Riduan dan Akdon. 2009. Rumus dan Data Aplikasi Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Roslina. 2010. Citra Merek: Dimensi, Proses Pengembangan Serta Pengukurannya. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, (Vol. 6, Nomor 3, 2010)

Ruslan, Rosady. 2008. Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Setiadi, N.J. 2003. Perilaku Konsumen dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana

Sengupta, S. 2005. Brand Positioning: Strategies For Competitive Advantage 2nd ed. New Delhi: Tata McGraw-Hill, Ltd.

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan dan Promosi. Jakarta : Erlangga

Simamora, Bilson. 2004. Aura Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Stanton, J. Willian, 2003. Fundamentals Of Marketing, Edisi Kelima, Tokyo: Mc. Graw-Hill Book Company, Kogakusha.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sunyoto, Danang. 2011. Analisis Regresi dan Ujian Hipotesis, Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS

Supriadi, Dedi, 2007. Satuan Biaya Pendidikan dasar dan Menengah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Swastha, Basu DH, 2008. Saluran Pemasaran. Yogyakarta: BPFE

Swastha, Basu DH, Irawan. 2005. Manajemen Pemsaran Modern. Yogyakarta: Liberty

Swastha, Basu DH. Handoko. 2008. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE

Tjipto, fandy. 2002. Manajemen Jasa, Cetakan Ketiga. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v4i2.5004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com