Pengaruh pelayanan customer service dan marketing public relations terhadap loyalitas nasabah bank muamalat sangatta

Abdul Aziz Ferharevi, Sri Mintarti, Sri Wahyuni

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan customer service dan marketing public relations terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat Sangatta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi adalah seluruh nasabah Bank Muamalat Sangatta dari tahun 2015 – 2017. Sampel berjumlah 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik slovin. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan uji t untuk variabel pelayanan customer service sebesar 2,732 > t tabel 1,664 dan nilai sig sebesar 0,007 < 0,05, maka variabel pelayanan customer service berpengaruh terhadap variabel loyalitas nasabah. Hasil uji t untuk variabel marketing public relations sebesar 4,363 > t tabel 1,664 dan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05, maka variabel marketing public relations berpengaruh terhadap variabel loyalitas nasabah. Penelitian ini menghasilkan Hasil uji F didapat F hitung (17,037) > F tabel (3,09) dan nilai signifikan adalah 0,000 < 0,05. Maka variabel pelayanan customer service dan marketing public relations secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat Sangatta.


Keywords


Pelayanan; marketing public relations; loyalitas

References


Harun, Risdayanti. 2016. Pengaruh Pelayanan Customer Service Terhadap Kepuasaan Nasabah Pada Bank BRI Syariah KCP Sungguminasa. Skripsi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar, 2016.

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent : Teori dan Praktik. Edisi 1, Cetakan 1. Jakarta : Rajawali Pers, 2017.

Fitri, Niki. 2012. Implementasi Marketing Public Relations (MPR) Dalam Mengembangkan Keunggulan Bersaing Di Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pembantu Ahmad Yani Pekanbaru. Skripsi, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau, 2012.

Almira, Septika Khairunnis & Suharyanti. 2014. Implementasi Strategi Marketing Public Relations Dalam Pengelolaan Citra Merek. Journal Communication Spectrum, 4 (1). 2014.

Sangadji, Etta Mamang & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Edisi 1. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitarif : Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Cetakan Pertama. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan kelimabelas. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Mukaddam, 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Studi di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bangun Drajat Warga (BDW) Yogyakarta. Skripsi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2014.

Tekwana, Peryoly. 2013. Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap Loyalitas Pelanggan Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekan Baru. Skripsi, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif, Riau, 2013.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v4i1.4820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com