Pengaruh atribut produk dan label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah

Authors

  • Desi Ratna Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Eny Rochaida Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Dirga Lestari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.29264/jiem.v4i1.4695

Keywords:

Atribut produk, label halal, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Atribut Produk dan Label Halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah di Toko Apollo Samarinda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah atribut produk dan label halal dan variabel terikat adalah keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan kepada konsumen produk kosmetik Wardah di Toko Apollo yang terdiri dari 40 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan pengelolaan data sistem komputerisasi program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut produk dan label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian ini variabel atribut produk merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian

References

Al-Bukhari, Abu Abdullah Muhammad bin Ismail, Ensiklopedia Hadits; Shahih al- Bukhari 1, Terj. Masyhar dan Muhammad Suhadi, Jakarta: Almahira, Cet. I, 2011

Al-Qur’an dan Terjemahnya. 2009. Departemen Agama RI. Bandung

Alhusaini, Imam Taqiyuddin Abu Bakar Bin Muhammad. “Kifayatu Al-Akhyar 2”, diterjemahkan Syarifuddin Anwar dan Mishbah Musthafa. 1993. Kifayatul Akhyar Bagian Kedua. Surabaya: Bina Iman.

Ferrinadewi, Erna.2005. Atribut Produk Yang Dipertimbangkan Dalam Pembelian

Kosmetik Dan Pengaruhnya Pad Kepuasan Konsumen Di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol.7 No.2 September.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 21.Edisi 7. Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hadi, Sutrisno. 2001. Metode Research Jilid I. Andi Yogyakarta.

Hasan, Iqbal. 2006. Analisis Data Penelitian dan statistik. Bumi Aksara. Jakarta

Hair, J.F., W.C. Black, B.J. Babin, R.E. Anderson, R.L. Tatham, (2006). Mulrivariate Data Analysis, 6 Ed., New Jersey : Prentice Hall.

Kotler, Philip Dan Gary Amstrong. 2010. Princeples Of Marketing. Edisi 13. England : Pearson.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga

Lindung, Tengku Putri. 2016. Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Sosis Di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang.

Muhaemin. 2008. Al-Qur’an Hadist. Bandung : Grafindo Media Pratama

Putra, Billy Andhika. 2017. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Cb150r Streetfire Di Bandar Lampung.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran.Yogyakarta: Andi.

Utami, Dan Wahyu Budi. 2013. Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Membelian (Survei Pada Pembeli Produk Kosmetik Wardah Di Outlet Wardah Griya Muslim An-Nisa Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas

Published

2019-04-10

Issue

Section

Articles