Pengaruh atribut produk dan label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah

Desi Ratna Sari, Eny Rochaida, Dirga Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Atribut Produk dan Label Halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah di Toko Apollo Samarinda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah atribut produk dan label halal dan variabel terikat adalah keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan kepada konsumen produk kosmetik Wardah di Toko Apollo yang terdiri dari 40 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan pengelolaan data sistem komputerisasi program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut produk dan label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian ini variabel atribut produk merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian


Keywords


Atribut produk; label halal; keputusan pembelian

References


Al-Bukhari, Abu Abdullah Muhammad bin Ismail, Ensiklopedia Hadits; Shahih al- Bukhari 1, Terj. Masyhar dan Muhammad Suhadi, Jakarta: Almahira, Cet. I, 2011

Al-Qur’an dan Terjemahnya. 2009. Departemen Agama RI. Bandung

Alhusaini, Imam Taqiyuddin Abu Bakar Bin Muhammad. “Kifayatu Al-Akhyar 2”, diterjemahkan Syarifuddin Anwar dan Mishbah Musthafa. 1993. Kifayatul Akhyar Bagian Kedua. Surabaya: Bina Iman.

Ferrinadewi, Erna.2005. Atribut Produk Yang Dipertimbangkan Dalam Pembelian

Kosmetik Dan Pengaruhnya Pad Kepuasan Konsumen Di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol.7 No.2 September.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 21.Edisi 7. Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hadi, Sutrisno. 2001. Metode Research Jilid I. Andi Yogyakarta.

Hasan, Iqbal. 2006. Analisis Data Penelitian dan statistik. Bumi Aksara. Jakarta

Hair, J.F., W.C. Black, B.J. Babin, R.E. Anderson, R.L. Tatham, (2006). Mulrivariate Data Analysis, 6 Ed., New Jersey : Prentice Hall.

Kotler, Philip Dan Gary Amstrong. 2010. Princeples Of Marketing. Edisi 13. England : Pearson.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga

Lindung, Tengku Putri. 2016. Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Sosis Di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang.

Muhaemin. 2008. Al-Qur’an Hadist. Bandung : Grafindo Media Pratama

Putra, Billy Andhika. 2017. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Cb150r Streetfire Di Bandar Lampung.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran.Yogyakarta: Andi.

Utami, Dan Wahyu Budi. 2013. Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Membelian (Survei Pada Pembeli Produk Kosmetik Wardah Di Outlet Wardah Griya Muslim An-Nisa Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v4i1.4695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com