Analisis pengaruh pengeluaran pemerintah sektor pendidikan dan sektor kesehatan terhadap pertumbuhan ekonomi provinsi kalimantan timur

Herlan Adiguna, Jiuhardi Jiuhardi, Agus Junaidi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui: 1) pengaruh pengeluaran pemerintah sektor pendidikan terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Timur, 2) pengaruh pengeluaran pemerintah sektor kesehatan terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Timur. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data pengeluaran pemerintah sektor pendidikan, kesehatan dan pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 2004-2016. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis linier berganda. Perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan analisis adalah IBM SPSS Versi 21.00. Hasil analisis menunjukkan 1) pengeluaran pemerintah sektor pendidikan terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Timur berpengaruh positif dan signifikan, 2) pengeluaran pemerintah sektor kesehatan terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Timur berpengaruh positif dan signifikan


Keywords


Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan; Pengeluaran Pemerintah Kesehatan;Pertumbuhan Ekonomi

References


Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur. 2004-2016. Kalimantan Timur Dalam Angka Tahun 2004-2016.

Basri, F. 2002. Perekonomian Indonesia: Tantangan dan Harapan Bagi Kebangkitan Ekonomi Indonesia. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Bastias, Dwi Desi. 2010. Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Atas Pendidikan, Kesehatan dan Infrastruktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Periode 1969-2009. Jurnal Univeritas Diponegoro. Semarang.

Todaro, 2002, Pembangunan Ekonomi di Dunia Ke Tiga, Edisi 4, Penerbit Erlangga, Jakarta.

______, Michael P. & Smith Stephen C 2003. Economic Development, Eighth Edition. PT. Gelora Aksara Pratama, Jakarta.

Winarti, A. 2014. Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Bidang Pendidikan, Kemiskinan dan PDB terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Indonesia Periode 1992-2012. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.Semarang.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v4i1.4681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com