Pendapatan ibu rumah tangga serta kontribusinya dalam menunjang ekonomi keluarga miskin di kecamatan samarinda ulu

Tri Sukarsih, Theresia Militina, Siti Amalia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jumlah anggota keluarga, jam kerja  terhadap pendapatan ibu rumah tangga miskin yang bekerja di Kecamatan Samarinda ulu. Teori yang digunakan dalam  penelitian ini adalah konsep teori kemiskinan, pendapatan, keluarga dan jam kerja. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari wawancara langsung di lapangan dengan menggunakan kuesioner. Model analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa Jumlah anggota keluarga  berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan ibu rumah tangga miskin.Jam kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan ibu rumah tangga miskin, Pendapatan ibu rumah tangga berkontribusi Cukup baik terhadap pendapatan keluarga miskin.


Keywords


Jumlah anggota keluarga; jam kerja; pendapatan ibu rumah tangga

References


Gani, Irwan Dan Amalia, Siti. 2014. Alat Analisis Data Untuk Penelitian Bidang Ekonomi & Sosial. Penerbit ANDI Yogyakarta

Mantra, Ida Bagoes. 2003. Demografi Umum. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Mardikanto, Totok, ed. 1990. Wanita dan Keluarga. Surakarta :Tri Tunggal Tata Fajar.

Mulyo, J.H dan Jamhari. 1998. Peranan Wanita Peningkatan Pendapatan Dan Pengambilan Keputusan: Study Kasus Pada Industri Kerajinan Geplak Di Kabupaten Bantul Dalam Agro Ekonomi. Jurnal Sosek Vol. V/No.1 Des/1998.

Nanga, M. 2006. Dampak Transfer Fiskal terhadap Kemiskinan di Indonesia: Suatu Analisis Simulasi Kebijakan. Disertasi Doktor Tidak Dipublikasikan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v4i1.4510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com