DETERMINAN PILIHAN PEKERJAAN PENDUDUK MIGRAN DI KECAMATN SAMARINDA SEBERANG

Wahyuni Chainur, Theresia Militina, Muliati Muliati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pilihan pekerjaan penduduk migran dan karakteristik sosial ekonomi penduduk migran di Kecamatan Samarinda Seberang. Analisis karakteristik sosial ekonomi penduduk migran melalui statistik deskriptif menggunakan model regresi logistik (uji Goodness of Fit test dan Uji Wald). Penelitian ini menggunakan data primer yang didapat melalui kuesioner.

            Hasil penelitian menunjukkan jumlah tanggungan dan pendapatan signifikan mempengaruhi pilihan pekerjaan penduduk migran. Faktor yang berpengaruh secara positif terhadap pilihan  pekerjaan adalah sistem pengupahan. Penduduk migran  yang melakukan pilihan pekerjaan wiraswasta memiliki pendapatan rata-rata terendah, sistem pengupahan secara harian, dan memiliki jumlah tanggungan >1.

            Hal ini menunjukkan bahwa di Kecamatan Samarinda Seberang Penduduk migran umumnya memilih melakukan pekerjaan wiraswasta, didominasi oleh umur antara 26-50 tahun, laki-laki, berstatus kawin, berpendidikan SMA/SMK, pekerjaan wiraswasta, berstatus pekerjaan informal dengan tingkat pendapatan <Rp2.500.000.  Jam kerja di atas 48 jam perminggu, dengan sistem pengupahan harian/mingguan, jumlah tanggungan yang dimiliki lebih dari satu.

Keywords


Migrasi; Pilihan pekerjaan; Karakteristik Sosial-Ekonomi



DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v4i1.4454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com