Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah menabung pada bank syariah mandiri cabang samarinda

Indah Pangestuti, Rahmawati Rahmawati, Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor–faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah menabung pada Bank Syariah Mandiri Cabang Samarinda.Hipotesis pertama menganalisa pengaruh prinsip syariah terhadap keputusan nasabah. Hipotesis kedua menganalisa pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah.Hipotesis ketiga menganalisa pengaruh keuntungan nisbah (bagi hasil) terhadap keputusan nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Samarinda.Dalam menentukan jumlah sampel, penulis menggunakan metode penentuan sampel daripopulasi yang ada dengan menggunakan rumus slovin dengan jumlah 100 nasabah.Dalam penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan adalahaccidental sampling (pengambilan sampel secara kebetulan) kepada nasabah yang mempunyai rekening tabungan pada Bank Syariah Mandiri Cabang Samarinda dan  dianalisis dengan bantuan pengelolaan data sistem komputerisasi program SPSS 23. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel prinsip syariah tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah.variabel kualitas pelayanan mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Dan variabel keuntungan nisbah (bagi hasil) mempunyai tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah.

Keywords


Prinsip syariah; kualitas pelayanan; keuntungan bagi hasil; keputusan nasabah

References


Bank Indonesia. 2008. Undang-Undang Republik Indonesi No. 7 tahun 1992 tentang Perbankan Syariah

Fatwa MUI No. 1 Tahun 2004 Tentang Pengharaman Bunga Bank

Mardani. 2011. Ayat-Ayat dan Hadis Ekonomi Syariah. Jakarta: Rajawali Pers

Maski, Ghozali. 2010. Analisis Keputusan Nasabah Menabung: Pendekatan Komponen dan Model Logistik, Studi Pada Bank Syariah di Malang. Jurnal of Indonesian Applied Ekonomics

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1, Edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit Erlangga

Alma, Buchari. 2004. Manjemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Keenam Revisi, Bandung: Alfabeta

Muhammad. 2005. Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: UPP AMP YKPN

Ascarya. 2006. Akad dan Produk Syariah. Jakarta: PT. Raja Garfindo Persada

Pindyck, Robert S. dan Rubinfeld, Daniel L. 2007. Mikroekonomi Edisi Keenam Jilid 1. Jakatra: Indeks

Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie Lazar. 2008. Perilaku Konsumen (Consumer Behaviour) Jilid 7. Jakarta: Indeks

Arifuddin, Azwita. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Membeli Komputer Di Lingkungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Hasanuddin. Makasar

Sudarsono, Heri. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Cetakan ke-3, Yogyakarta: EKONESIA

Didin, Hafidudin dan Hendri Tanjung. 2003. Manajemen Syariah Dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani Press

Usman, Husaini. 2008. Manajemen Edisi Ketiga. Jakarta: Bumi Perkasa

Tjiptono, Fandy. 2012. Pemasaran Strategi. Yogyakarta: CV Andi

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran, Indeks. Jakarta: Erlangga

Rivai, Veithzal. 2010. Islamic Banking: Sebuah Teori, Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Ismail. 2011. Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana

Agustianto. 2011. Deposito Syariah: Karakteristik dan Daya Tariknya. http://shariaeconomics.wordpress.com/tag/perbankan

Antonio, Muhammad Syafi’i. 2001. Bank Syariah Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani

Swasta, Basu. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedelapan. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Efendi, Lutfi. 2009. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Nasabah Pada Bank Muamalat Malangâ€. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Malang

Daulay, Raihanah. 2014. “Analisis Pelayanan dan Nisbah Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Pada Bank Syariah di Kota Medanâ€. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Malang

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Emzir. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Murti, Sumarni dan Salamah, Wahyuni. 2006. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Kristanto, Andri. 2008. Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Gava Media

Hasan, Iqbal. 2006. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara

Husaini, Usman dan Purnomo. 2008. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara

Azwar, Saifuddin. 2010. Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Prasetyo, Bambang. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif : Teori dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v4i1.4333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com