Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah menabung pada bank syariah mandiri cabang samarinda
DOI:
https://doi.org/10.29264/jiem.v4i1.4333Keywords:
Prinsip syariah, kualitas pelayanan, keuntungan bagi hasil, keputusan nasabahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor–faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah menabung pada Bank Syariah Mandiri Cabang Samarinda.Hipotesis pertama menganalisa pengaruh prinsip syariah terhadap keputusan nasabah. Hipotesis kedua menganalisa pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah.Hipotesis ketiga menganalisa pengaruh keuntungan nisbah (bagi hasil) terhadap keputusan nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Samarinda.Dalam menentukan jumlah sampel, penulis menggunakan metode penentuan sampel daripopulasi yang ada dengan menggunakan rumus slovin dengan jumlah 100 nasabah.Dalam penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan adalahaccidental sampling (pengambilan sampel secara kebetulan) kepada nasabah yang mempunyai rekening tabungan pada Bank Syariah Mandiri Cabang Samarinda dan dianalisis dengan bantuan pengelolaan data sistem komputerisasi program SPSS 23. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel prinsip syariah tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah.variabel kualitas pelayanan mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Dan variabel keuntungan nisbah (bagi hasil) mempunyai tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah.References
Bank Indonesia. 2008. Undang-Undang Republik Indonesi No. 7 tahun 1992 tentang Perbankan Syariah
Fatwa MUI No. 1 Tahun 2004 Tentang Pengharaman Bunga Bank
Mardani. 2011. Ayat-Ayat dan Hadis Ekonomi Syariah. Jakarta: Rajawali Pers
Maski, Ghozali. 2010. Analisis Keputusan Nasabah Menabung: Pendekatan Komponen dan Model Logistik, Studi Pada Bank Syariah di Malang. Jurnal of Indonesian Applied Ekonomics
Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1, Edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit Erlangga
Alma, Buchari. 2004. Manjemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Keenam Revisi, Bandung: Alfabeta
Muhammad. 2005. Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: UPP AMP YKPN
Ascarya. 2006. Akad dan Produk Syariah. Jakarta: PT. Raja Garfindo Persada
Pindyck, Robert S. dan Rubinfeld, Daniel L. 2007. Mikroekonomi Edisi Keenam Jilid 1. Jakatra: Indeks
Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie Lazar. 2008. Perilaku Konsumen (Consumer Behaviour) Jilid 7. Jakarta: Indeks
Arifuddin, Azwita. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Membeli Komputer Di Lingkungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Hasanuddin. Makasar
Sudarsono, Heri. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Cetakan ke-3, Yogyakarta: EKONESIA
Didin, Hafidudin dan Hendri Tanjung. 2003. Manajemen Syariah Dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani Press
Usman, Husaini. 2008. Manajemen Edisi Ketiga. Jakarta: Bumi Perkasa
Tjiptono, Fandy. 2012. Pemasaran Strategi. Yogyakarta: CV Andi
Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran, Indeks. Jakarta: Erlangga
Rivai, Veithzal. 2010. Islamic Banking: Sebuah Teori, Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Ismail. 2011. Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana
Agustianto. 2011. Deposito Syariah: Karakteristik dan Daya Tariknya. http://shariaeconomics.wordpress.com/tag/perbankan
Antonio, Muhammad Syafi’i. 2001. Bank Syariah Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani
Swasta, Basu. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedelapan. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Efendi, Lutfi. 2009. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Nasabah Pada Bank Muamalat Malangâ€. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Malang
Daulay, Raihanah. 2014. “Analisis Pelayanan dan Nisbah Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Pada Bank Syariah di Kota Medanâ€. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Malang
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Emzir. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Murti, Sumarni dan Salamah, Wahyuni. 2006. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Kristanto, Andri. 2008. Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Gava Media
Hasan, Iqbal. 2006. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara
Husaini, Usman dan Purnomo. 2008. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara
Azwar, Saifuddin. 2010. Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Prasetyo, Bambang. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif : Teori dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro