Pengaruh citra lembaga dan kepercayaan terhadap minat donatur untuk menyalurkan donasi

Satria Abdillah, Eny Rochaida, Dirga Lestasi AS

Abstract


Penelitian bertujuan Untuk menguji pengaruh Citra Lembaga terhadap Minat Donatur Untuk Menyalurkan Donasi Pada Lembaga Dana Peduli Ummat (DPU) Cabang Samarinda. Dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 100 responden yaitu donatur dari LAZ DPU Cabang Samarinda. Penelitian ini menggunakan alat analisis dengan regresi linear berganda, uji korelasi dan determinasi serta uji hipotesis yaitu uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Citra lembaga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat donatur pada DPU Cabang Samarinda. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Hal ini menunjukan bahwa Semakin baik persepsi dan keyakinan dari donatur terhadap citra lembaga, maka semakin tinggi minat donatur pada DPU Cabang Samarinda. Kepercayaan donatur berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat donatur pada DPU Cabang Samarinda. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Hal ini berarti semakin baik nilai kepercayaan donatur yang mendonasikan hartanya kepada lembaga, maka semakin tinggi minat donatur pada DPU Cabang Samarinda. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap minat donatur adalah variabel kepercayaan karena dibuktikan t hitung > t tabel (5,570 > 1,69) dengan nilai sig.0,000. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan menurut persepsi para donatur DPU, maka semakin meningkatkan minat para donatur untuk konsisten menjadi donatur dan menjadi donatur tetap pada lembaga dana peduli ummat cabang Samarinda. Berdasarkan penelitian maka, saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini yaitu; hendaknya membangun hubungan yang baik dengan semua elemen yang bekerjasama dengan LAZ di Samarinda terutama kepada semua donatur. Untuk membangun citra lembaga atau persepsi yang baik dengan mengedepankan karakteristik kepercayaan lembaga,mengutamakan pelayanan yang profesional, cepat dan memuaskan bagi donatur. Serta mempertahankan citra lembaga dan kepercayaan dari donatur, agar LAZ DPU Cabang Samarinda selalu bernilai baik dan positif berdasarkan penilaian dan persepsi donaturnya.


Keywords


Citra lembaga; kepercayaan; minat donatur; lembaga dana peduli ummat (dpu)

References


Al-Qur’an dan terjemahannya, Departemen Agama Republik Indonesia, Pustaka Agung Harapan 2006

Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Sosial, Rineka Cipta. Jakarta

Ali, Mohammad Daud. 2008. Pendidikan Agama Islam. Rajawali Pers. Jakarta

Alma, Buchari. 2000. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Penerbit Alfabet,. Bandung

Al-Zuhayly, 2005. Zakat Kajian Berbagai Mahzab. (Terjemahan: Agus Efendi dan Bahrudin Fanani). Cet. 1. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung

Ambara, Teguh Sulistiyani. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu. Yogyakarta

Amir, M. Taufik. 2005. Dinamika Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Bandura, A. 2009. Article of guide for Contructing Self Efficacy Scales. by. Information Age Publishing. New York

Chalil, Rifyal Dahlawy. 2012. Peran Keterlibatan Konsumen Sebagai Variabel Moderasi Hubungan Antara Kepuasan Pelanggan dan Citra Perusahaan Pada Loyalitas Jasa. tesis (tidak diterbitkan). Universitas Gajah Mada. Yogyakarta

Departemen Agama Republik Indonesia, 2006. Al-Qur’an dan Terjemahan. Pustaka Agung Harapan 2006. Jakarta

Fadhilah, dkk. 2012. Efektifitas Penyaluran Zakat dalam Meningkatkan Pendapatan Mustahiq pada LAZNAS Bangun Sejahtera Metra BSM Ummat. UIN Ciputat.

Fauziah. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan. Madenatera. Medan

Hasan, Alwi. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi 4. Balai. Pustaka. Jakarta

Ilmi, Makhalul 2002. Teori dan Praktek Lembaga Keuangan Syari’ah. UII Press. Yogyakarta

Insani. 2017. Pengaruh Citra Lembaga Terhadap Minat Muzakki Untuk Menyalurkan Zakat Profesi Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAZ) Kota Yogyakarta

Irianto, Agus. 2008. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Kencana: Jakarta




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v4i1.4331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com