Analisis faktor pemahaman, pendapatan dan kredibilitas baznas dalam mempengaruhi minat muzakki membayar zakat penghasilan di baznas kota samarinda

Erni Nurhayati, Sri Mintarti, Maryam Nadir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pemahaman, pendapatan dan kredibilitas BAZNAS dalam mempengaruhi minat muzakki membayar zakat penghasilan di BAZNAS kota Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian sebanyak 100 responden dengan teknik purposive sampling. Uji Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan Sofware SPSS versi 23.0. Hasil dari peneltian ini menunjukkan bahwa variabel pemahaman, pendapatan dan kredibilitas  secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat muzakki dengan nilai signifikan sebesar 0.000 lebih kecil dari signifikansi yang digunakan yaitu 5%.Kemampuan prediksi dari ketiga variabel dependen terhadap variabel independen adalah 62,7%, sedangkan sisanya 37,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam variabel penelitian ini.


Keywords


zakat penghasilan; pemahaman; pendapatan; kredibilitas; minat muzakki

References


Arifin, Gus. 2011.Dalil-dalil dan keutamaan zakat, infaq an sedekah. Elex Media komputindo, Jakarta.

Attamimi Faisal. 2008. Persepsi masyarakat muslim tentang zakat di kota Palu,jurnal Hunafa, Vol. 5:3.

Aziz, Muhammad Abdul. 2015. Pengaruh Pemahaman, Religiusitas dan Kondisi Keuangan Muzaki Terhadap Kepatuhan Zakat Profesi di Kota Yogyakarta. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Departemen agama RI.2002. Al-Qur’an dan terjemahnya, Jakarta: Darus Sunnah.

Dirga, Zoel. 2008. Analisis Faktor-Faktor Motifasi Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Muzakki Membayar Zakat. Skripsi Makassar

Ferdinand, Augusty. 2014.Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hardjana, Andre A. 2008. Komunikasi dalam Manajemen Reputasi Korporasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, No. 1, Vol. 5.

Heryanto. 2016. Zakat: Harapan dan Realita (Stydu kasus di Kota Samarinda). Jurnal DINAR Ekonomi Syariah Vol.1 No.1 Agustus.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Marketing Management (New Jersey: Prentice Hall).

dan Gary Amstrong.2008. prinsip-prinsip pemasaran edisi 12 jilid 2. Erlangga: Jakarta.

. 2008. dasar-dasar pemasaran. Perhalindo: Jakarta.

Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Erlangga: Jakarta.

Kumalahadi. 2012.Psikologi Kepribadian,cetakan ke-1. Diva Press, Yogyakarta.

Laporan Tahunan Badan Amil Zakat Nasional Kota samarinda tahun 2014 – 2016.

Muslihati, Nurul Tsani. 2014. Pengaruh Religiusitas Dan Pendapatan Terhadap Minat Bayar Zakat Melalui BAPELURZAM PCM WALERI KENDAL. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Rachmawati, Ika. 2016. Pengaruh Publisitas Program-program Distribusi dan Kredibilitas Lembaga Terhadap Peningkatan Minat Zakat, Infaq dan Shadaqah di BAZNAS Kota Mojokerto. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Rafiq, Muhammad . 2009. Pengaruh Kepercayaan Konsumen pada Merek Terhadap Loyalitas Merek. Jurnal Optimal, No. 1, Vol. 3 (Maret, 2009).

Rouf, Muhammad Abdul. 2011. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Membayar Zakat di Rumah Zakat Cabang Semarang. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Sallam, Methaq A. A.The Impact of Source Credibility on Saudi Consumer’s Attitude toward Print Advertisement : The Moderating Role of Brand Familiarity.International Journal of Marketing Studies, No. 4, Vol. 3 (November, 2011), 65.

Samarindakota.bps.go.id. diakses pada tanggal 28 Oktober 2016

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono.2010. metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta: Bandung.

Suharsimi, Arikunto. 2009. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Cet.IX; Jakarta: Bumi Aksara.

Suharyanti. 2011. “Pengaruh Persepsi Kecocokan dan Kredibilitas Perusahaan Terhadap Asosiasi Merek dan Intensi Membeli”, Journal Communication Spectrum, No. 1, Vol. 1 (Februari-Juli), 12.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v4i1.4330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com