Pengaruh kualitas pelayanan dan bagi hasil serta relegiusitas terhadap keputusan nasabah menabung
DOI:
https://doi.org/10.29264/jiem.v3i4.3898Keywords:
Service quality, profit sharing, religiosityAbstract
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, bagi hasil dan religiusitas terhadap keputusan pelanggan untuk menabung di BPD Kaltim Syariah Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan BPD Kaltim Syariah Samarinda pada tahun 2017 adalah sekitar 80 pelanggan dalam hal ini peneliti memberikan kuesioner ketika pelanggan melakukan transaksi di BPD Kaltim Syariah Samarinda. Dalam penelitian ini, data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah probability sampling. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner. Kemudian, dalam penelitian ini teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, uji multikolinieritas, dan analisis regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini adalah kualitas layanan, bagi hasil dan religiusitas berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk hemat di BPD Kaltim Syariah SamarindaReferences
Abdullah, A. 2000. Dinamika Islam Kultular. Bandung: Mizana
Al-Qardhawi, Yusuf, alih bahasa Setiawan Budi Utomo, 2001. Bunga Bank Haram. Cetakan pertama. Jakarta : akbar
Antonio, Muhammad Syafi’I. 2001. Bank Syariah: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press
Boediono. 2001. Indonesia Menghadapi Ekonomi Global. Yogyakarta: BPFE
Fetzer, John E. 1999. Multidimentional Measurement of Religiousness/Spirituallity for Use in Health. A Report of thr Fetzer Institute/National Institute on Aging Working Group. Kalamazo: John E. Fetzer Institute.
Glock, C.Y & Stark Rodney, 1968. American Piety : The Nature Of Relegious Lommitment, USA: University Of Chicago Press dalam Roland Roberson (ed) (1984), Sosiology Of Relegion. Penguin Edication
Karim, Adiwarman A. 2013. Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan, Jakarta: PT. Raja. Grafindo Persada
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Prenhallinho
Lupiyoadi,Rambat. 2001. Menajemen Pemasaran Di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat
Muhammad. 2004. Manajemen Dana Bank Syariah. Cet. Ke-1. Yogyakarta: Ekonista.
Setiadi, N. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep Dan Implikasi Untuk Strategi Dan Penelitian Pemasaran. Jakarta Prenada Media
Shiffman, L.G & Kanuk, L.L. 2004 Consumer Behavior (Ed. Ke-8), New Jersey: Pearson Prentice Hall
Swastha, Basu dan Ibnu Sukotjo. 2002. Pengantar Bisnis Modern, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Liberty
Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andy
Tho’in, Muhammad. 2011. Pengaruh faktor-faktor Kualitas Jasa terhadap Kepuasan Nasabah di Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Tekun Karanggede Boyolali. Muqtasid Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah STAIN Salatiga. Vol. 2, Juli 73-89.
Wibowo, Ery AS. 2007. Faktor Relegiusitas Dalam Perbankan Syariah. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang