Analisis usaha budidaya ikan nila keramba

Dewi Yani, Arfiah Busari, Akhmad Noor

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar tingkat keuntungan usaha budidaya ikan nila keramba setiap bulannya, serta untuk mengetahui efesiensi usaha budidaya ikan nila keramba di Desa Jembayan Kecamatan Loa Kulu. Alat analisis yang digunakan untuk mencari keuntungan petani ikan nila keramba adalah alat analisis sederhana yaitu dengan menghitung selisih antara jumlah penerimaan dengan jumlah biaya yang dikeluarkan dalam satu bulan. Dan untuk mengetahui apakah usaha budidaya ikan nila keramba ini menguntungkan atau tidak maka akan dihitung dengan menggunakan alat analisis R/C Ratio. Dari hasil analisis diperoleh keuntungan usaha budidaya ikan nila keramba lebih tinggi dari Kebutuhan Hidup Layak (KHL). Usaha budidaya ikan nila keramba secara ekonomis di Desa Jembayan Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara menguntungkan yaitu rata – rata R/C Ratio per petani adalah 1,23.


References


Astuti.S, 2013. Pengaruh produksi dan harga terhadap ekspor Crude Palm Oil (CPO) di Kalimantan Timur. Fakultas Ekonomi. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Badan Pusat Statistik, 2011. Kecamatan Loa Kulu dalam Angka 2011. Kabupaten Kukar.

________________, 2012. Laporan Bulanan Data Sosial Ekonomi. Jakarta. v – vii.

Daniel, M. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. PT.Bumi Aksara, Jakarta.

Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kukar, 2007 – 2013. Laporan Statistik Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kukar. Provinsi Kaltim.

Dornbusch.R dan S.Fischer, 1997. Ekonomi Makro. Edisi ke-5. Rineka Cipta, Jakarta.

Fitriyana.P, 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Produksi Kakao di Kalimantan Timur. Fakultas Ekonomi. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Irianto.H.E dan I.Soesilo, 2007. Dukungan Teknologi Penyediaan Produk Perikanan. Badan Riset Kelautan dan Perikanan. Departemen Kelautan dan Perikanan.

Kaltim Post, 2013. Minapolitan Loa Kulu Hasilkan 5.235 Ton Ikan Setahun. Kaltim post, 24 Januari 2013. h. 1.

Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, 2012. Laporan Akuntabilitas Kinerja Kementrian Kelautan dan Perikanan Tahun 2011. Jakarta. 1.

Kohar.M.A dan B.A.Wibowo, 2009. Dampak Pengembangan Perikanan Budidaya Terhadap Penurunan Kemiskinan, Peningkatan Pendapatan dan Penyerapan Tenaga Kerja di Jawa Tengah. FPIK UNDIP.

Pohan.R.A, 2008. Analisis Usahatani dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Wortel. Fakultas Pertanian. Universitas Sumatra Utara. Medan.

Pontoh.O, 2012. Analisis Usaha Budidaya Ikan dalam Jaring Apung di Desa Tandengan Kecamatan Eris, Kabupaten Minahasa, SULUT, Pacific Journal 2 (7) Juni: 1424 – 1428.

Priyatno.D, 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Mediakom, Yogyakarta.

Santosa.S.I dkk, 2013. Analisis Potensi Pengembangan Usaha Peternakan Sapi Perah dengan Menggunakan Paradigma Agribisnis di Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali. Buletin Peternakan 37 (2) Juni: 125 – 135.

Soekartawi, 1994. Pembangunan Pertanian. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

_________, 1995. Analisis Usahatani. UI Press, Jakarta.

Sukirno.S, 2005. Pengantar Teori Makro Ekonomi. Bima Grafika, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v2i2.289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com