Pengaruh atribut produk syariah dan promosi insaniyyah terhadap keputusan non-muslim menjadi nasabah di bank syariah

Adi Anwar, Herning Indriastuti, Saida Zainurossalamia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk syariah yang ditawarkan dan promosi insaniyyah yang dilakukan oleh Bank Kaltim Cabang Syariah Samarinda terhadap keputusan non-muslim untuk menjadi pelanggan. Penelitian ini melibatkan 150 responden dan hasilnya dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut produk syariah memiliki nilai t lebih kecil dari t tabel dengan tingkat signifikansi 0,465 sedangkan promosi insaniyyah menunjukkan bahwa nilai t lebih besar dari t tabel dengan 0,00 pada tingkat signifikansi. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa atribut produk syariah tidak berpengaruh terhadap keputusan non-muslim untuk menjadi pelanggan sehingga hipotesis pertama ditolak. Sementara promosi insaniyyah berpengaruh signifikan terhadap keputusan non-muslim untuk menjadi pelanggan, oleh karena itu hipotesis kedua diterima

Keywords


atribut produk syariah; promosi insaniyyah; keputusan non-muslim

References


Abuznaid, Samir 2012. Islamic Marketing: Addressing The Muslim Market, Hebron University. Palestina.

Affif, Faisal. 2010. Psikologi Penjualan. Penerbit Angkasa, hlm. 67. Bandung.

Al-arif, M. Nur Rianto. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah, Alfabeta. Bandung.

Alma, Buchari. 2010. Pengantar Bisnis, Edisi Revisi. Cetakan Keempat Belas. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Aminudin, Lucky. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Strore Atmosfir Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada KFC Mega Mas Manado, Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Volume 15 No. 05. Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Arifiana, W. Eka, et al. 2012. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Ibu Rumah Tangga Perumahan Bumi Asri Sengkaling RW 05 Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang Pembeli Deterjen Rinso). Universitas Brawijaya.

Arifin, Atwal dan Khotimah, Husnul. 2014. Pengaruh Produk, Pelayanan, Promosi, dan Lokasi Terhadap Keputusan Masyarakat Memilih Bank Syariah di Surakarta, Jurnal. Surakarta. Universitas Muhammadiyah. Surakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi. Rineka Cipta. Jakarta.

Chotimah, Chusnul. 2014. Pengaruh Produk, Pelayanan, Promosi dan Lokasi Terhadap Masyarat Memilih Bank Syariah di Surakarta, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah. Surakarta.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. CV. Andi Offset. Yogyakarta.

Departemen Agama. 1971. Al-Qur’an Terjemah, Yayasan Penyelenggara atau Penerjemah Al-Qur’an. Jakarta.

Dharmmesta dan Irawan. 2010. Loyalitas Pelanggan. Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan bagi Peneliti, Universitas Lampung.

El Junusi, Rahman. 2009. Pengaruh Atribut Produk Islam, Komitmen Agama, Kualitas Jasa dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Syari‘ah (Pada Bank Muamalat Kota Semarang), Skripsi. Prodi Ekonomi Islam Fakultas Syariah IAIN Walisongo.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen: Penelitian Untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen, Edisi ke 5. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

________________. 2006. Metode Penelitian Manajemen, Badan Penerbit Undip. Semarang.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi ketujuh. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hartono, 2008. SPSS 16,0 Analisis Data Statistika dan Penelitian, Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Ichwan, Choirul. 2012. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal. Fakultas Ekonomi. UNESA.

Iqbal, Zamir dan Mirakhor, Abbas. 2011. An Introduction to Islamic Finance : Theory and Practice, Edisi 2. Wiley & Sons Ltd. Singapura.

Isgiyarta, Jaka. 2009. Teori Akuntansi dan Laporan Keuangan Islami. Universitas Diponegoro. Semarang.

Kotler, Philip dan Garry. Armstrong. 2007. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan, Alih Bahasa: Alexander Sindoro. Penerbit Indeks. Jakarta.

¬¬¬_______. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1. Edisi Kedua Belas. Erlangga. Jakarta.

_______. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1. Edisi Ketiga Belas. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Terjemahan Bob Sabran, MM. Erlangga. Jakarta.

____________. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Diterjemahkan Benyamin Molan. PT. Prenhallindo. Jakarta.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran, Pendekatan Praktis. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Machmudah, Rif’atul. 2009. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Non-Muslim Menjadi Nasabah Di Bank Cimb Niaga Syariah Cabang Semarang. Skripsi. Ekonomi Islam IAIN. Semarang.

Narimawati, Umi. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Teori dan Aplikasi. Bandung.

Oktavia, Rena Dwi. 2015. Pengaruh Atribut Produk Tabungan Tahapan BCA Terhadap Loyalitas Nasabah. Universitas Narotama. Surabaya.

Onus, Rosalia. 2015. Atribut Produk, Citra Merek, Dan Strategi Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Di Dealer Yamaha Ranotana. Jurnal EMBA Vol.3 No.2 Juni 2015, Hal. 818-828. Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Pamujo, N. Yuga. 2011. Analisis Pengaruh Atribut Produk, Bauran Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merchandise (Studi pada Kedai Digital 7 di Semarang). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Priyanto, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS (Untuk Analisis Data dan Uji Statistik), MadiaKom. Yogyakarta.

Puryono dan Yuniati, Tri. 2014. Pengaruh Marketing MIX Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD Glagah Wangi Di Magetan. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No. 11. 2014. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). Surabaya.

Ramadhanti, Amalia. 2017. Pengruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Giant Supermarket Mall Mesra Indah Di Samarinda. eJournal Administrasi Bisnis, 2017, 5 (2): 269-282. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Rangkuti, Freddy. 2010. Riset Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rivai, Veithzal dan Arifin, Arviyan. 2010. Islamic Banking, PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Rusliani. 2017. Analisis Model Promosi Bank Muamalat Indonesia Terhadap Market Share Kota Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi Islam Volume 8, Nomor 1, Mei 2017. Universitas Muhammadiyah. Lampung.

Sekaran, Uma. 2011. Metodelogi Penelitian Untuk Bisnis, Edisi IV. Salemba Empat. Jakarta.

Subagiyo, et al. 2015. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Produk Low Cost Green Car Astra Daihatsu Ayla di PT. Jolo Abadi, Malang). Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya. Malang.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

________. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND, Alfabeta. Bandung.

¬¬¬________. 2012. Metode Penelitian Metode Penelitian Bisnis, cet ke-17 . hlm. 7. Alfabeta. Bandung.

________. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND, Cetakan ke-19 hlm.218-219. Alfabeta. Bandung.

Sukron. 2012. Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Non Muslim Menjadi Nasabah Di Bank BNI Syariah Cabang Semarang, Fakultas Syariah IAIN Walisongo. Semarang.

Sula, M. Syakir dan Kartajaya, Hermawan. 2006. Syariah Marketing, Mizan Pustaka. Bandung.

Sunyoto, Danang. 2012. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran-Konsep, Strategi, dan Kasus. Penerbit Center of Academic Publishing Service, Yogyakarta.

Swastha, Basu. 2009. Azas-Azas Marketing. Penerbit Liberty. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Penerbit ANDI. Yogyakarta.

Usman, Rachmadi. 2012. Aspek Hukum Perbankan Syariah di Indonesia, Sinar Grafika. Jakarta.

Wdhiarso, Wahyu. 2011. Aplikasi Analisis Kovarian Dalam Penelitian Eksperimen. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Yulianto, Firman. 2010. Analisis Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran Terhadap Pertimbangan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah Di Kota Medan. Jurnal Wacana ISSN: 1411-0199, Vol. 13, No. 4, Oktober: 537-551.

Yupitri, Evi & Sari, R. Linda. 2012. Analisis Faktor-faktor yang memepengaruhi Non-Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri di Medan, Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol.1, No.1. Desember.

Zulpahmi, et al. 2010. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Pada Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri & Bank Muamalah di Jabodetabek), Tesis. Malang.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v3i2.2697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com