Pengaruh jumlah industri menengah, jumlah industri kecil dan produk domestik regional bruto terhadap penerimaan pajak reklame

Ventirana Adhi Helma, Aji Sofyan Effendi, Juliansyah Roy

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh Jumlah Industri Menengah, Jumlah Industri Kecil dan PDRB terhadap Penerimaan Pajak Reklame Di Kota Samarinda dengan menggunakan model Regresi Linier Berganda dengan alat analisis yang digunakan SPSS versi 20. Penelitian ini menggunakan jenis data sekunder, yaitu data jumlah industri menengah dari tahun 2005-2014, data jumlah industri kecil dari tahun 2005-2014, dan data Produk Domestik Regional Bruto dari tahun 2005-2014. Data ini diperoleh dari Dinas Pendapatan Daerah (DISPENDA) Kota Samarinda dan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Timur. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Jumlah Industri Menengah berpengaruh terhadap Penerimaan Pajak Reklame, Jumlah Industri Kecil berpengaruh terhadap Penerimaan Pajak Reklame dan Produk Domestik Regional Bruto tidak berpengaruh Terhadap Penerimaan Pajak Reklame.


Keywords


Pajak reklame; jumlah industri menengah; jumlah industri kecil; dan produk domestik regional bruto

Full Text:

PDF

References


Adisasmita, Rahardjo.2011.Pembiayaan Pembangunan Daerah.Yogyakarta:Graha Ilmu

Badan Pusat Statistik. Samarinda Dalam Angka berbagai Edisi: Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur

Badan Pusat Statristik. Statistik Daerah Kota Samarinda Tahun 2015: Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur

Basri,Yuswar Zainul.2005.Keuangan Negara dan Analisis Kebijakan Utang Luar Negeri.Jakarta:Penerbit PT. Raja Grafindo Persada.

Dinas Pendapatan Daerah Kota Samarinda Tahun 2005-2014.

Fazriana,Nadya Haniz.2013.Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Daerah Kota Tegal.

Ghozali,Imam.2011.Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Istianto,Donna Dwi.2011.Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Reklame Di Kabupaten Semarang Tahun 2000-2009.

Liberty,Setia Neo.2013.Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Reklame Di Kabupaten Jember.

Sumanto.2014.Statistik Terapan.Yogyakarta:Penerbit CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Riduwan dan Sunarto.2012.Pengantar Statistik untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi Komunikasi, dan Bisnis.Bandung:Penerbit Alfabeta.

Nurmayasari,Dini.2010.Analisis Penerimaan Pajak Reklame Kota Semarang.

Oktaviyanti,Desy.2013.Kontribusi dan Prospek Retribusi Pelayanan Pasar terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Samarinda.

Prasedyawati,Lintan Gupita.2013.Analisis Penerimaan Pajak Reklame Di Kota Semarang Tahun 1990-2011.

Puspitaningsih,Silvia Ristina.2013.Analisis Penerimaan Pajak Reklame Kota Malang.Jurnal Ilmiah.

Samarindakota.bps.go.id

Saragih, Juli Panglima.2003.Desentralisasi Fiskal dan Keuangan Daerah dalam Otonomi.Jakarta:Ghalia Indonesia

Siregar,Sofian Siregar.2014.Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif.Jakarta:Penerbit PT. Bumi Aksara.

www.bi.go.id. Produk Domestik Regional Bruto Provinsi-Provinsi Di Indoensia Menurut Lapangan Usaha 2010-2014.

www.bps.go.id. Badan Pusat Statistik Tentang Industri Mikro dan Kecil.

Yani,Ahmad.2004.Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah.Jakarta:Penerbit PT.Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v1i1.254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com