Pengaruh kualitas pelayanan dan atribut produk islami terhadap kepuasan nasabah

Risnawati Risnawati, Herning Indriastuti, Dirga Lestari AS

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan dan atribut produk islami berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan BSM Cabang Samarinda. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan accidental sampling. Metode kuesioner ini digunakan untuk mengetahui persepsi atau tanggapan responden terhadap masing-masing variabel, dengan menggunakan pengambilan sampel adalah responden nasabah tabungan PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Samarinda. Berdasarkan hasil uji logical connection, indikator-indikator dalam penelitian ini logis dan dapat diterima. Serta hasil dari uji validitas dan reliabilitas, indikator-indikator dalam penelitian ini valid dan reliabel.  Bank Syariah Mandriri Cabang Samarinda perlu mempertahankan elemen-elemen yang sudah dinilai baik oleh nasabah serta perlu memperbaiki hal-hal yang masih kurang.


Keywords


Kualitas pelayanan; atribut produk islami; kepuasan nasabah

References


Antonio, Muhammad Syafi’i. 2001. Bank Syariah dari Teori ke Praktek. Jakarta. Gema insane Press

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: PT. Syaamil Cipta Media,2005

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen, Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Disertasi Ilmu Manajemen. Edisi 5. Penerbit Undip.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang. BP UNDIP.

Hidayat, Rachmat. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri.

Iqbal. 2010. Pengaruh Atribut Produk Islam, Komitmen Agama, Kualitas Jasa dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 2. Jakarta. Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta. Erlangga.

Malhotra, Naresh K. 2005 . Riset Penelitian. Edisi 4 Jilid 1 Jakarta: Indeks

Mulyaningsih, Luh Ayu. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank OCBC NISP di Denpasar, E jurnal manajemen Unud, Vol. 5 No. 1, 2016: 1-30.

Nur Ika, Dewi. Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Nasabah, dan Atribut Produk Islam terhadap Kepuasan Nasabah.

Perdana, Kharisma Mahkota. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Nasabah, dan Bagi Hasil Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Victoria di Brebes.

Rangkuti, Freddy. 2006. Measuring Customer Satisfsction. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Tjiptono, Fandy.2007. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.

_______, Fandy. 2011. Manajemen dan Strategi Merek. Yogyakarta: Andi

_______, Fandy dan Gregorius, Candra, 2011. Service, Quality and Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Andi

Setiawan, Mulyo Budi dan Ukudi. 2007. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Komitmen terhadap loyalitas Nasabah (Studi pada PD. BPR Bank Pasar Kendal). “ Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE) Vol. 14 No. 2 September 2007. Hal. 215 – 227. Universitas Stikubank. Semarang

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. CV Alfabeta

_______.2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).Cetakan Ke-2.

Bandung:Alfabeta.

Sulaiman, Wahid. Analisis Regresi Menggunakan SPSS: Contoh

Kasus dan Pemecahannya, Yogyakarta : Andi, 2010.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapan dalam Pemasaran . Jakarta. Ghalia Indonesia.

Supranto, J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Cetakan Ketiga. Jakarta. Rineka Cipta.

Suyani, Dewi Indra. 2010. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI. Universitas Dipenogoro. Semarang

Yanti. 2010. Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Nasabah, dan Atribut Produk Islam Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) Arjuna Sengonagung.

http :///www. syariahmandiri.co.id, diakses tanggal 27 desember 2016

https://id.m.wikihow.com/Menghitung-Kovarian, diakses tanggal 10 September 2017




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v0i0.2502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com