Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas serta harga terhadap minat konsumen

Suriyaningsih Rahayu, Sri Mintarti, Maryam Nadir

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan,Fasilitas dan juga Harga terhadap minat konsumen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak  100 Responden  dengan tehnik accidental sampling. Uji Hipotesis yang digunakan dalam Penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda menggunakan SPSS versi 16.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kualitas Pelayanan berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap Minat Konsumen di buktikan dengan output dimana nilai thitung>ttabel (2,108>1,660) dengan nilai signifikan  0,038<0,05.  Fasilitas berpengaruh  Positif  dan  Signifikan  terhadap Minat Konsumen dibuktikan dengan output dimana nilai   thitung >ttabel (2,169>1,660) dengan nilai signifikan 0,033< 0,05. Harga berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap Minat Konsumen di buktikan dengan output dimana nilai thitung>ttabel (10,134>1,660) dengan nilai signifikan 0,000< 0,05.


Keywords


Kualitas pelayanan; fasilitas; harga dan minat konsumen

References


Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Ali Hasan, Marketing dan Kasus-kasus Pilihan, Yogyakarta: CAPS,2013,h.173

Augusty, Ferdinand. 2014. Metode Penelitian Manajemen, Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Disertasi Ilmu Manajemen. Edisi 5. Penerbit Undip.

Departemen Agama RI, Al-Qur'an dan Terjemahannya, (Bandung: PT Syaamil Cipta Media, 2005

Fakhru,Muhammad Rizki Nst dan Hanifa Yasin, 2014. “Pengaruh Promosi dan harga terhadap minat beli konsumen perumahan Obama PT. Nailah Sei Mencirim Medan”,Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol.14 No.02 Oktober 2014,1693-1796

Fure, Hendra. 2013. “Lokasi, keberagaman,produk,Harga dan kualitas pelayanan terhadap minat beli pada pasar tradisional bersehati calaca”, Jurnal Emba Vol. 1 No. 3 September , 273-283.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang : Universitas Diponegoro, 2012.

Gitosudarmo, Indriyo.Manajemen pemasaran, Yogyakarta: BPFE, 2014.h.271

Haroen, Nasrun. 2007. Fiqh Muamalah. Jakarta: Gaya Media Pratama

Hasan, M. Ali. 2003. Berbagai Macam Transaksi Dalam Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Hasil wawancara dengan Ibu Noerhayati (Pemilik Zhafira Salon Muslimah Samarinda) Pada tanggal 21 Mei 2016

Ika Yunia Fauzia, Etika Bisnis Dalam Islam, (Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2013,h.148.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. Dasar-dasar Pemasaran, Jakarta :Perhallindo,2008.

dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid2 , Jakarta: Erlangga

. Dasar-dasar Pemasaran, Jakarta: Perhallindo, 2008,h.186

Kusuma,Ndaru Dewa. 2009, “Analisis pengaruh kualitas produk,daya,tarik promosi dan harga terhadap minat konsumen(Studi kasus StarOne di area Jakarta Pusat)

Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Ed. 3 Jakarta : Salemba Empat.

Malhotra, Naresh K (2005) . Riset Penelitian Edisi 4 Jilid I, Jakarta: Indeks

Mandasari,Kartika. 2011. “Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen dalam memilih jasa perhotelan (Studi kasus pada Hotel Grasia Semarang)”. Skripsi, Mahasiswa Ekonomi UNDIP

Natalia,Lia. 2009, “Analisis faktor persepsi yang memengaruhi minat konsumen untuk berbelanja pada Giant hypermarket Bekasi”,JurnalSkripsi.http://www.gunadarma.ac.id/library/articles/gradumate/economy/2009/Artikel_10205725.pdf UniversitasGunadarma

Nuryadin, Muhammad Birusman. 2007. Harga Dalam Perspektif Islam. MAZAHIB. Vol. IV, No. 1, Juni 2007

Prasetyo, Bambang dan Lina Mifatahul Jannah. Metode Penelitian Kuantitatif : Teori dan Aplikasi, Jakarta :Raja Grafindo Persada, 2007.

Parasuratman.et,al.(1985),A Conceptual model of service quality and its imppications for future Research,Journal ofmarketing, volume 49,Fall 1985,41-50

Qardhawi, Yusuf. 1997. Norma dan Etika Ekonomi Islam, diterjemahkan oleh Zainal Arifin Lc dan Dra. Dahlia Husin, Jakarta : Gema Insani,

Satya,Aji Dana. 2015. “Analisis Pengaruh Persepsi Konsumen mengenai harga ,kualitas pelayanan,tingkat pendpatan terhadap minat beli produk jasa hiburan dan rekreasi di Provinsi Yogyakarta”.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan :Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Sulastiyono, Agus, 2011. “Manajemen Penyelenggaraan H ”. Bandung Alfabeta

Supranto dan Nandan Limakrisna. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2011

Swastha, Basu dan Irawan. Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty Offset, 2008

Syafei, Rachmat. Fiqih Muamalah Edisi ke 4 Untuk UIN, STAIN, PTAIS, dan Umum, Bandung : Pustaka Setia,

Tijtono,Fandy. 2007. Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset,, h 155

. Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset, 2008, h.25-26.

. 2011. Manajemen dan strategi Merek. Yogyakarta: Andi

Wardani, Sri Hetty. 2015. “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli Konsumen Muslim Pada Jaizah Boutique Tlogosari Semarang”(Abdul Rahman Shaleh dan Muhbib Abdul Wahab, Psikologi Suatu

Pengantar : Dalam Perspektif Islam, Jakarta : Prenada Media, 2004, h. 264.)

Winardi,1992. Harga Dalam Penetapan Harga Dalam Bidang Pemasaran (Marketing), Bandung :Citra Aditya Bakti.

Zakiah, Dradjat. (http://www.pengertianmenurutparaahli.net)mengenai pengertian fasilitas diakses pada tanggal 11 Maret 2017

(http://www.dikti.go.id) diakses tanggal 10 Februari 2017

(http://basecampumj.files.wordpress.com/2010/11/cost.pdf)pengertian-harga-menurut-perspektif-islam. di akses pada tanggal 11 Maret 2017

(http://tipsserbaserbi.blogspot.co.id/2015/03/kualitas-pelayanan-menurut-perspektif.html) diakses pada tanggal 11 Maret 2017




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v0i0.2501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com