Pengaruh pendapatan daerah dan dana perimbangan serta lain-lain pendapatan daerah yang sah terhadap belanja daerah dan kemandirian keuangan daerah

Romadhansyah Romadhansyah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh pendapatan lokal, dana perimbangan, dan daerah pendapatan yang sah lainnya pada pengeluaran daerah dan kemandirian keuangan daerah di Provinsi Kalimantan Timur. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data keuangan Kalimantan Timur pada tahun 2004 - 2014. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, hasilnya diketahui bahwa Pendapatan Daerah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Pengeluaran Daerah, sedangkan Dana Persamaan dan Pendapatan Daerah Lainnya yang Sah secara langsung tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Pendapatan Daerah. Pendapatan Regional dan Dana Persamaan langsung memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kemandirian Keuangan Regional, sementara Pendapatan Regional Sah Lainnya dan Pengeluaran Daerah secara langsung tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kemandirian Keuangan Regional. Pendapatan lokal, dana penyetaraan, dan pendapatan daerah lainnya yang sah secara tidak langsung mempengaruhi independensi keuangan daerah jika digunakan melalui pengeluaran daerah Provinsi Kalimantan Timur

Keywords


Pemerintah lokal; pendapatan daerah; dana pemerataan; pendapatan daerah lainnya yang sah; pengeluaran daerah; keuangan daerah; kemandirian keuangan regional

References


Ahmad. 2011. “Analisis Kinerja Pengelolaan Pendaoatan Asli Daerah dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Kutai Timur”. Tesis, Universitas Mulawarman, Samarinda.

Amri, Ulil; Karimi, Kasman dan Sy, Firdaus. 2013. “Analisis Efektivitas dan Kontribusi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Terhadap Pendapatan Daerah di Kota Padang”. Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat.

Ardiansyah. 2010. “Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum Terhadap Belanja Modal dan Pembentukan PDRB di Kabupaten Kutai Timur”. Tesis, Universitas Mulawarman, Samarinda.

Arisandi, Eko. 2013. “Analisis Kemandirian Keuangan Daerah di Kota Bontang”. Tesis, Universtas Mulawarman, Samarinda.

Biku, La Ode Husen. 2010. “Hukum Keuangan Negara”. http://husen-biku.blogspot.co.id/2010/06/hukum-keuangan-negara-1.html

Budiantara, I. Nyoman; Zulfikar. 2014. “Manajemen Riset Dengan Pendekatan Komputasi Statistika”. Deepublish : Yogyakarta.

Budiyuwono, Nugroho. 1995. “Pengantar Statistik Ekonomi dan Perusahaan”. UPP-AMP YKPN Yogyakarta.

Cinthya, Pudiani Aldilla Sista. 2012. “Analisis Pengaruh Dana Perimbangan Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Kasus pada Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul)”. Undergraduate Thesis, UPN “Veteran” Yogyakarta.

Dahruliansyah. 2013. “Faktor-faktor yang Memoengaruhi Pendapatan Asli Daerah dan Kemandirian Keuangan Daerah di Kabupaten Kutai Kartanegara”. Tesis, Universitas Mulawarman, Samarinda.

Devas, Nick. 1989. “Keuangan Pemerintah Daerah”. UPP-AMP YKPN, Yogyakarta.

Dinata, Gita. 2013. “Analisis Kontribusi PAD Terhadap Belanja Daerah dan Pertumbuhan PAD Sebelum dan Sesudah Otonomi Daerah (Studi Empiris pada Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Barat).” Tesis, Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat.

Ezra, Zonny. 2010. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belanja Daerah di Kabupaten Kutai Timur”. Tesis, Universitas Mulawarman, Samarinda.

Ferdian, Yuriko. 2015. “Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan, dan Lain-lain Pendapatan Daerah (Studi Empiris pada Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat)”. Tesis, Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat.

Halim, Abdul. 2001. “Bunga Rampai: Manajemen Keuangan Daerah. Edisi Pertama”. UPP-AMP YKPN, Yogyakarta.

Kaho, Josep Riwu. 2001. “Prospek Otonomi Daerah di Negara Republik Indonesia”, Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Kadafi, Muhammad Amin. 2008. “Analisis Beberapa Variabel yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah Kota Balikpapan”. Tesis, Universitas Mulawarman, Samarinda.

Kepmendagri No.690.900-327 Tahun 1996 Tentang Efektifitas dan Kemandirian Keuangan Daerah Otonom Kabupaten Kota, Kementerian Dalam Negeri.

Kusuma, Md. Krisna Arta Anggar dan Wirawati, Ni Gst. Putu. 2013. “Analisis Pengaruh Penerimaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Terhadap Peningkatan PAD Sekabupaten/Kota di Provinsi Bali”. Universitas Udayana, Bali.

Nugroho, Sulih. 2008. “Analisis Kemandirian Keuangan Daerah di Provinsi Kalimantan Timur”. Tesis, Universitas Mulawarman, Samarinda.

Muhayanah, Fisa Aprilia. 2016. “Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan dan Belanja Modal Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012-2013”. Publikasi Ilmiah.

Mulyana, Budi; Subkhan; Slamet, Kuwat. 2006. “Keuangan Daerah Perspektif Desentralisasi Fiskal dan Pengelolaan APBD di Indonesia”, Lembaga Pengkajian Publin dan Akuntansi Pemerintah (LPKPAP) Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) : Jakarta.

Panggabean, Hendri Edison H. 2009. “Pengaruh Pendapatan Asli Daerah Terhadap Belanja Daerah di Kabupaten Toba Samosir”. Tesis, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Prasasti, Swastika Enjang. 2014. “Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Perimbangan Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Kasus Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota DIY Tahun 2007-2013)”. Publikasi Jurnal Ilmiah.

Riduansyah, Muhammad. 2003. “Kontribusi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Guna Mendukung Pelaksanaan Otonomi Daerah: Studi Kasus Pemerintah Daerah Kota Bogor, Makara”. Sosial Humaniora, Vol. 7, No. 2.

Rukmana, Vidi Wan. 2013. “Pengaruh Pajak Daerah, Retribusi Daerah, dan Dana Perimbangan Terhadap Kinerja Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi”. Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjung pinang, 1(1): 1-15.

Sugiyono. 2013. “Statistika Untuk Penelitian”. Bandung : Alfabeta.

Supardi. 2008. “Kontribusi Pendapatan Retribusi Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Bantul (Periode 1996/1997 – 2005)”. AKMENIKA UPY, Vol. 2.

Suprianto. 2013. “Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Kinerja Keuangan Pada Pemerintah Provinsi Gorontalo”. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Gorontalo.

Sunjoyo, dkk, 2013. “Aplikasi SPSS Untuk Smart Riset”. Alfabeta, Bandung

Undang-undang Nomor 12 Tahun 2008 Tentang Pemerintahan Daerah.

Undang-undang Nomor 34 Tahun 2000 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Wenny, Cherrya Dhia. 2012. “Analisis Pengaruh pendapatan asli Daerah (PAD) Terhadap Kinerja Keuangan Pada Pemerintah Kabupaten dan Kota “. Forum Bisnis Dan Kewirausahaan Jurnal Ilmiah STIE MDP, 1(1): 39-51.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v3i2.2424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com