Pengaruh kualitas layanan, nilai nasabah, atribut produk dan religiusitas terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah

Authors

  • Muhammad Fajri Ghozali Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.29264/jiem.v3i2.2415

Keywords:

Kualitas layanan, nilai nasabah, atribut produk, religiusitas, kepuasan, loyalitas

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layananterhadap kepuasan nasabah Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh nilai nasabah terhadap kepuasan nasabah Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh atribut produk terhadap kepuasan nasabah Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh religiusitasterhadap kepuasan nasabah Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layananterhadap loyalitas nasabah Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh nilai nasabah terhadap loyalitas nasabah Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh atribut produk terhadap loyalitas nasabah Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh religiusitasterhadap loyalitas nasabah Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepuasan terhadap loyalitas nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas layanan memberikan pengaruh positif akan tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah, Nilai nasabah memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, Atribut produk memberikan pengaruh positif akan tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah, Religiusitas memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, Kualitas layanan memberikan pengaruh positif akan tetapi tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah, Nilai nasabah memberikan pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah, Atribut produk memberikan pengaruh positif akan tetapi tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah, Religiusitas memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, Kepuasan nasabah memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah

References

Abdullah. 2005. Filsafat Islam : Kajian Ontologis, Epistemologis,. Aksiologis, Historis Perspektif. Yogyakarta: LESPI.

Algifari. 2009. Analisis Statistik untuk Bisnis dengan Regresi, Korelasi, dan.Nonparametrik. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Amstrong. 2010, The art of HRD: Strategic Human Resource Management a Guide to Action Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik Panduan Praktis untuk bertindak, alih bahasa oleh Ati cahayani.Jakarta: PT Gramedia.

Ancok, J., Suroso, and Nashori, F. 2005. Psikologi Islami : Solusi Islam atas problem-problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bahar Taslim. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Moda Angkutan Umum Informal.Universitas Petra Kristen Surabaya.

Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur, 2009, 2010, 2011, 2012 dan 2013, Laporan Keuangan Publikasi.

Bank Indonesia, 2013, Djarwanto, PS. 2010. Edisi Kedua. Mengenal Beberapa Uji Statistik Dalam Penelitian. Liberti, Yogyakarta.

Bustanudin. 2005. Agama dalam kehidupan manusia, Pengantar Antropologi Agama. Jakarya : PT. Raja Grafindo Persada.

Dister. 1999. Psikologi Agama. Yogyakarta: Kanisius.

Douglas G. B. 2006. Foundation of Catholic Spirituality, Institute for Pastoral Theology, Ave Maria University

Dhorifi. 2013. Analisis Perbandingan Efisiensi Bank Umum Konvensional dan Bank Umum Syariah Dengan Metode Data Envelopment Analysis Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Engel et al. 2010.Perilaku Konsumen. Edisi Keenam, jilid 1. Jakarta: Binarupa Aksara.

Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan. Penerbit Universitas Diponegoro.

Glock, C., and Strak, R. 1965. Religious and Society in Tension. Chicago: Rand Mc Nally.

Gommans, Jones. 2001. Understanding and Managing Organizational behavior. 4th edition. Pearson. Prentice Hall

Ghozali, Imam. 2008. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Spss. Cetakan keempat. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hakim, Abdul, Statistika Deskriptif untuk Ekonomi dan Bisnis, 2010, Ekonisia,Yogyakarta.

Hakim, L dan Wijayanto, E. 2007. Spiritual Based Management: Memimpin dan Bekerja Berbasis Spiritual. Jakarta : PT. Mizan Publika.

Jalaluddin, R. 2005. Psikologi Agama Edisi Revisi ed.. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Jogiyanto. 2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi.CV Andi Offset.Yogyakarta.

Lovelock & Lauren K Wright.2007. Manajemen Pemasaran Jasa, PT. Indeks, Indonesia.

Muhlis.2011. Perilaku Menabung di Perbankan Syariah Jawa Tengah.Disertasi. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Karl H.P. 2003. Etika Kristiani Jilid III, Kewajiban Moral dalam Hidup Pribadi, Maumere:Penerbit Ledalero

Kotler Philip dkk, 2010, Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Buku Dua, Edisi Pertama, Andy, Yogyakarta.

_______________, 2010, Manajemen Pemasaran, Jilid Pertama, Edisi Kesebelas, Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2010. Prinsip-prinsipPemasaran.Edisi. 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kumar, 2002. Spirituality and performance in organizations: a literature review. Journal of Business Ethics, Vol. 94 No.1, 89–106.

Lupiyoadi, Rambat, 2009, Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktik, edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta.

Parasuraman, A.,Zethamal, Valarie A.,Berry,Leonard.,2008, “Delivering Quality Service Balancing Customer Perceptions and Expectations” The Free Press, New York.

Rangkuty, Fredy, 2008, Riset Pemasaran, Cetakan Ketiga, PT. Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.

Schiffman, Leon G and Leslie Lazar Kanuk. 2004. Customer Behaviour. Prentice Hall, New Jersey.

Schippers. 2004. Spiritualitas dan Pembangunan Jemaat, dalam Seri Pastoral 367 No. 12, Yogyakarta.

Sudarsono, Heri, 2007, Bank dan Lembaga Keuangan Syari’ah, cetakan I, Kampus Fakultas Ekonomi UII. Yogyakarta.

Sudjana, 2007, Statistik Untuk Ekonomi dan Niaga, Jilid II, Tarsito, Bandung.

Sugiyono.2004. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2008, Statistik Untuk Penelitian, Cetakan Kedelapan, Alfabeta, Bandung.

Supranto, J, 2011, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Rineka Cipta, Jakarta.

Sugiyono, 2008, Statistik Untuk Penelitian, Cetakan Kedelapan, Alfabeta, Bandung.

Sunyoto, Danang. 2010. Uji Khi Kuadrat & Regrasi untuk penelitian. Graham Ilmu. Yogyakarta.

Tarigan, J. 2007. Religiositas, Agama dan Gereja Katolik. Jakarta : Grasindo

Thoules, R. 2000. Pengantar Psikologi Agama. Jakarta: Rajawali Press.

Tjiptono, Fandy, 2007, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Andi Offset, Yogyakarta.

_____________, 2007. Prinsip-prinsip Total Quality Service, Edisi Pertama, Andi Offset Yogyakarta.

Tse.Wilton.,2004. Marketing Research: AnApplied Orientation, Prentice Hall, NewJersey.

Wibowo, Ery AS. 2007. Faktor Relegiusitas Dalam Perbankan Syari’ah. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang.

Wilkie, William L. 1994. Consumer Behaviour. New York: Third Edition, Jhon Wiley & Sons Inc.

Published

2018-06-01

Issue

Section

Articles