Analysis of factors affecting utilization function of house

Yofnie Vioky Shaidar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Aksesibilitas, Lingkungan, Harga Wilayah, Fasilitas dan Infrastruktur, serta Fasilitas Pendukung baik secara simultan maupun sebagian terhadap Fungsi Fungsi Rumah. Penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif melalui pendekatan studi kasus dalam bentuk deskripsi kuantitatif deskriptif untuk menyajikan hasil penelitian lengkap (likert) sesuai dengan masalah yang diteliti dari data primer melalui observasi, wawancara, kuesioner. Selanjutnya, teknik pengolahan data membentuk model Analisis Regresi Linier Berganda menggunakan hasil olahan dari 50 sampel responden dari Mei - September 2016 dan beberapa sekunder sebagai penunjang penelitian. Berdasarkan hasil analisis, maka kesimpulan penelitian adalah: (1) Secara simultan, variabel Aksesibilitas, Lingkungan, Harga Wilayah, Infrastruktur dan Fasilitas Pendukung berpengaruh positif dan signifikan terhadap fungsi Fungsi Pemanfaatan Rumah. (2) Secara parsial, hanya variabel Aksesibilitas dan Fasilitas Pendukung yang negatif dan signifikan, sedangkan variabel lainnya negatif dan tidak signifikan terhadap Fungsi Fungsi Rumah di Jalan Jakarta (Desa Loa Bakung) Kota Samarinda.

Keywords


Aksesibilitas; lingkungan Hidup; harga wilayah; sarana dan prasarana; fasilitas pendukung dan fungsi pemanfaatan rumah

References


Kunjang Dalam Angka 2016. Publikasi Tahunan. Seri Katalog :

6472040. Kota Samarinda.

Brahmanto, Yudhi. 2009. Pengaruh Karakteristik Pembeli Terhadap Pertimbangan Pembelian Unit Rumah di Perumahan Graha Famili. Jurnal Ekonomi Bisnis. FE UNAIR. Surabaya.

Chiara, De Joseph and Koppelman.1997. Standar Perencanaan Tapak.

Penerbit : Erlangga. Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum. 1986. Kamus Tata Ruang. Direktorat

Jenderal Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.

. 1998. Kamus Tata Ruang. Direktorat Jenderal Cipta Karya

Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.

Firdaos, Awang. 1997. Permintaan dan Penawaran Perumahan. Jurnal

Survey dan Penilaian. Volume 007. Jakarta.

Hersanti, Indah. 2002. Perancangan Taman Bermain dan Jalur Hijau Jalan di Kluster Taman Victoria - Permukiman Bukit Sentul, Citeureup, Bogor. Skripsi (Dipublikasikan). Fakultas Pertanian. IPB.

Peter, J Paul and Olsen, Jerry C. 2000. Perilaku Konsumen dan Strategi

Pemasaran. Jilid 2 Edisi Empat. Alih Bahasa : Damos Sihombing, MBA dan Peter Rem Yossi Pasla, MBA. Penerbit : Erlangga. Jakarta.

Silas, Johan. 1993. Housing Beyond Home. Penerbit : ITS. Surbaya. Sumaatmadja, Nursid. 1988. Geografi Pembangunan. Depdikbud. Dikti.

P2LPTK. Jakarta.

Taufiq, Muhammad dan Tandelilin, Eduardus. 2007. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Transaksi Rumah Tipe 36 di Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ekonomi Bisnis. Penerbit : UGM

Press. Yogyakarta.

Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1992 tentang Perumahan dan

Permukiman.

Wicaksono, Tangguh. 2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Pemanfaatan Perumahan Untuk Tujuan Komersial Di Kawasan Tlogosari Kulon, Semarang. Skripsi (Dipublikasikan). Jurusan IESP. Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Wijayanti, Dwike. 2003. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Fungsi Lahan di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Tesis S2. Program Magister Perencanaan Wilayah Kota. UNDIP (Tidak

dipublikasikan).




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v3i2.2405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com