Pengaruh pendapatan lokal dan tingkat bunga dengan pertumbuhan inflasi dan belanja modal produk domestik bruto dan peluang tenaga kerja di kabupaten malinau

Yohanis Yohanis, Theresia Militina, Anis Rachma Utary

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari: (1) Pendapatan Daerah, Tingkat Bunga, Pertumbuhan Inflasi dan Pengeluaran Modal langsung ke Produk Regional Domestik Bruto. (2) Reveneu Lokal, Suku Bunga, Pertumbuhan Inflasi dan Pengeluaran Modal langsung ke Peluang Kerja. (3) Reveneu Lokal, Suku Bunga, Pertumbuhan Inflasi dan Pengeluaran Modal secara tidak langsung terhadap Peluang Kerja melalui Produk Domestik Regional Bruto di Kabupaten Malinau. Penelitian ini menggunakan data sekunder selama 2004-2013, yang diperoleh dari berbagai laporan dan bentuk publikasi lain, seperti: (1) Departemen Pendapatan, (2) Pusat Statistik Kabupaten Malinau dan (3) Bank Indonesia Kantor Perwakilan untuk Wilayah Timur. Kalimantan. Data dianalisis menggunakan Path Analysis, SPSS for Windows Release Versi 23.0. Hasil sub-struktur 1 dan 2 menunjukkan: (1) Variabel Reveneu Lokal berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Produk Domestik Regional Bruto. (2) Variabel Produk Domestik Regional Bruto secara langsung berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Peluang Kerja. (3) Variabel Tingkat Bunga berpengaruh tidak langsung positif terhadap Peluang Kerja melalui Produk Domestik Regional Bruto di Kabupaten Malinau.

Keywords


Reveneu Lokal, Tingkat Bunga, Pertumbuhan Inflasi dan Pengeluaran Modal, Produk Domestik Regional Bruto dan Peluang Kerja

References


Akdon. 2008. “Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi & Manajemen”. Penerbit: Dewa Ruchi. Bandung.

Badan Perencanaan dan Pembangunan Kabupaten Malinau. 2014. “Potensi Daerah Kabupaten Malinau”. Pengembangan Potensi Ekonomi dan Investasi Wilayah Perbatasan Kalimantan Timur. Laporan Publikasi. Malinau Kota.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Malinau. 2015. “Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) di Kabupaten Malinau Tahun 2004-2013”. Persentase Penduduk 15 Tahun Ke Atas Menurut Jenis Kegiatan Utama. Publikasi Tahunan. http://malinaukab.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/28. Diakses pada 5 Januari 2016. Kabupaten Malinau.

_________. 2015. “Produk Domestik Regional Bruto Atas Dasar Harga Konstan (PDRB ADHK) 2000 Menurut Lapangan Usaha Di Kabupaten Malinau Tahun 2004-2013 (Milyar Rp)”. BAB 11 (Pendapatan Regional). Katalog BPS: 1102001.6501. Kumpulan berbagai Publikasi Tahunan. Malinau Kota.

Bank Indonesia KPw Provinsi Kaltim. 2015. “Perkembangan Laju Inflasi Tahunan/Year on Year (yoy) di Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2004-2013”. Kumpulan berbagai Publikasi Tri Wulan. Kajian Ekonomi Regional (KER). Kota Samarinda.

Bungin, Burhan. 2001. “Metodologi Penelitian Sosial, Format-format Kuantitatif dan Kualitatif”. Penerbit: Airlangga University Press. Surabaya.

Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Malinau. 2015. “Realisasi Penerimaan dan Pengeluaran Daerah Menurut Jenis Penerimaan Di Kabupaten Malinau Tahun 2004-2013”. Laporan Keuangan Tahunan. http://malinaukab.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/67. Diakses pada 3 Januari 2016. Kabupaten Malinau.

Hendarmin, 2012. “Pengaruh Belanja Modal Pemerintah Daerah dan Investasi Swasta terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Kesempatan Kerja dan Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Barat”. Jurnal Eksos. Volume 8, Nomor 3. Hal 144 -155. ISSN: 1693-9093. Jurusan Ilmu Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Tanjungpura. Pontianak.

Sagir, Suharsono. 2000. “Membangun Manusia Karya”. Penerbit: Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.

Tjiptoherijanto, Prijono. 2001. “Proyeksi Penduduk, Angkatan Kerja, Tenaga Kerja, dan Peran Serikat Pekerja dalam Peningkatan Kesejahteraan”. Majalah Perencanaan Pembangunan. Edisi 23.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v3i2.2404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com