Beberapa variabel sosial ekonomi mempengaruhi pengangguran dan implikasinya terhadap kemiskinan di Kabupaten Kutai Kartanegara

Sukawati Sukawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi, inflasi, investasi dan tingkat pendidikan terhadap pengangguran dan implikasinya terhadap kemiskinan di Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diterbitkan oleh Biro Pusat Statistik Kutai Kartanegara dan Provinsi Kalimantan Timur periode 2000-2014. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Path Analysis. Pada diagram sub-struktur, model 1 dan 2 menunjukkan bahwa variabel langsung pertumbuhan ekonomi, investasi dan tingkat pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengangguran, sedangkan variabel inflasi berpengaruh signifikan terhadap pengangguran di Kabupaten Kutai Kartanegara. Selanjutnya, variabel langsung pertumbuhan ekonomi dan pengangguran tidak berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan, sedangkan variabel inflasi, investasi dan tingkat pendidikan memiliki pengaruh signifikan terhadap kemiskinan di Kabupaten Kutai Kartanegara. Selanjutnya, pertumbuhan ekonomi, inflasi, investasi dan pendidikan secara tidak langsung memiliki pengaruh signifikan terhadap kemiskinan melalui pengangguran di Kabupaten Kutai Kartanegara. Pengaruh total dari variabel koefisien pertumbuhan ekonomi, inflasi, investasi dan tingkat pendidikan terhadap kemiskinan melalui pengangguran masing-masing -0,164; 0,323; 0,345; -0,915

Keywords


Pertumbuhan ekonomi; inflasi; investasi; Tingkat Pendidikan; pengangguran; kemiskinan

References


Arsyad, Lincoln. 2001. Ekonomi Pembangunan.Yogyakarta: Bagian Penerbitan STIE YKPN.

Boediono. 1985. Teori Pertumbuhan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.

Badan Pusat Statistik. 2010. Kalimantan Timur Dalam Angka Tahun 2014. Jakarta: BPS

Badan Pusat Statistik. 2015. Indeks Harga Konsumen dan Inflasi Kalimantan Timur. Jakarta: BPS

Dwi, Hemanto S. 2006. Dampak Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Penurunan Penduduk Miskin di Indonesia: Proses Pemerataan dan Pemiskinan. Direktur Kajian Ekonomi, Institut Pertanian Bogor.

Linda, W. 2007. Analisis Pengaruh Investasi terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Sumatera Utara. Vol. 8 No.1, Juni 2007.

Samuelson, Paul A. dan William D. Nordhaus. 2001. Makroekonomi (Alih Bahasa: Haris Munandar) Jakarta: Erlangga.

Santoso. 2004. Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: PT Elex Media Computindo.

Sarwono. 2007. Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta.

Sasana, Hadi. 2008. Analisis Dampak Desentralisasi Fiskal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Jawa Tengah, Vol.1, November 2011.

Setyowati. 2008. Investasi Dalam Negeri di Jawa Tengah Tahun 1980-2002, Vol. 8 No. 1, Juni 2007.

Sugiyono. 2008. Statistik Untuk Penelitian, Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugmaraga. 2011. Analisis Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia, PDRB Per Kapita Dan Jumlah Pengangguran Terhadap Jumlah Penduduk Miskin Di Provinsi Jawa Tengah. Tesis, Universitas Diponegoro.

Sukirno, Sadono. 2002. Pengantar Teori Ekonomi Makro. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Simanjuntak. 1998. Kebijakan Fiskal, Pemikiran Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Erlangga.

Tirta, Atriyan Syahnur. 2013. Analisis Pengaruh Inflasi, Pertumbuhan Ekonomi dan Investasi Terhadap Pengangguran di Provinsi Jawa Tengah. Tesis, Universitas Diponegoro.

Todaro, M.P. 2002. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga Jilid Pertama (Alih Bahasa: Aminuddin dan Mursid). Jakarta: Erlangga.

Wijayanto. 2010. Analisis Pengaruh PDRB, Pendidikan dan Pengangguran Terhadap Kemiskinan di Kabupaten/Kota Jawa Tengah Tahun 2005-2008. Tesis, Universitas Diponegoro.

Winardi. 2008. Pertumbuhan Ekonomi di Negara Maju. Bandung: Penerbit Mandar Maju.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v3i2.2374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com