Pengaruh pengeluaran pemerintah dan tenaga kerja serta pertumbuhan ekonomi tahun sebelumnya terhadap pertumbuhan ekonomi pada sektor pertanian di kabupaten malinau

Suhartini Suhartini

Abstract


Pertumbuhan ekonomi berarti perkembangan kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksi dalam masyarakt bertambah dan kemakmuran masyarakat meningkat serta tercipta kesempat kerja dari pembangunan ekonomi tersebut masala pertumbuhan ekonomi dapat dipandang sebagi masalah makro ekonomi dalam jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengeluaran pemerintah dan tenaga kerja serta pertumbuhan ekonomi tahun sebelumnya terhadap pertumbuhan ekonomi pada sektor pertanian. Penelitian menggunakan analisis liner berganda, data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dalam bentuk runtun waktu (time series) selama 10 tahun mulai 2004 sampai dengan tahun 2014 data tersebut berupa data yang berkaitan dengan indikator – indikator pengeluaran pemerintah,tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Malinau guna menguji sampai sejauh mana model tersebut dapat digunakan untuk menjelaskan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengeluaran pemerintah sektor pertanian dan tenaga kerja sektor pertanian serta pertumbuhan ekonomi  sektor pertanian tahun sebelumnya secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi pada sektor pertanian di Kabupaten Malinau. Pengeluaran pemerintah sektor pertanian berpengaruh positif dan  signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi pada sektor pertanian di Kabupaten Malinau. Tenaga kerja sektor pertanian berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi pada sektor pertanian di Kabupaten Malinau. Pertumbuhan ekonomi sektor pertanian tahun sebelumnya berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi pada sektor pertanian di Kabupaten Malinau. Pengeluaran pemerintah sektor pertanian memiliki pengaruh dominan terhadap pertumbuhan ekonomi pada sektor pertanian di Kabupaten Malinau


Keywords


Pengeluaran pemerintah; tenaga kerja; pertumbuhan ekonomi; sektor pertanian

References


Alhusin, Syahri.2003.Analisi Statistik dengan SPSS Versi 11.5. PT Graha Ilmu : Bandung

Arsyad, Lincolin. 2004. Ekonomi Pembangunan. Bagian Penerbitan STIE YKPN, Yogyakarta.

-----------------------2010.Ekonomi Pembangunan.BPFE UGM Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Malinau (BPS), Kabupaten Malinau Dalam Angka 2012. Malinau.

-------------------, Kabupaten Malinau Dalam Angka 2014. Malinau.

Badan Perencana Pembangunan Daerah, 2011. Produk domistik regional Bruto Menurut Lapangan Usaha. Penerbit BPS Kabupaten Malinau.

Boediono. 2002.Teori Pertumbuhan Ekonomi. BPFE.Yogyakarta.

Candar Wibowo Eddy 2012: Jurnal Ilmiah Analisis Peranan Pengeluaran Pemerintah, Tenaga Kerja Dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Propinsi Jawa Timur Tahun 2001-2010. Universitas Sunan Giri. Surabaya.

Christi Stella Manoi (2015) Jurnal Pengaruh pengeluaran pemerintah terhadap PDRB sektor pertanian di Provinsi Sulawisi Utara. Universitas Samratu Langi Manado

Dinas Pertanian Kabupaten Malinau, Rencana Kerja Tahunan Dinas Pertanian Tahun 2013. Malinau.

Djayasinga, M dan Djojosoekarto, Agung. 2004. Membangun Kapasitas Fungsi Penganggaran DPRD, Adeksu Jakarta.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariatar Dengan Program SPSS, Badan Penerbit Undip, Semarang.

Gunarto Muji, 2013. Jurnal Pengaruh Pengeluaran Pemerintah sektor Pertanian Terhadap PDRB Sektor Pertanian Propinsi Jawa Tengah. Universitas Padanaran. Semarang.

J. Supranto. 1996. Statistik Teori dan Aplikasi, Erlangga, Jakarta.

Jhingan M.L 2008. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan, Penerjemah D Guritno, Edisi Pertama PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kasmiran, Ahmad. 2011. Pengaruh Investasi, Pendapatan Perkapita, dan Jumlah Penduduk Terhadap Tingkat Pengangguran Sumatera Utara.Universitas Darma Wangsa. Medan.

Kuncoro, Mudrajad, 2004. Otonomi dan Pembangunan Daerah: Reformasi, Perencanaan, Strategi, dan Peluang. Erlangga. Jakarta.

Mankiw, N. Gregory. 2001. Makroekonomi. (Edisi Terjemahan) Penerbit Erlangga: Jakarta.

------------------------------- 2006 Pengantar Ekonomi Makro, Edisi Ketiga, Salemba Empat Jakarta.

Mardiasmo. 2002. Otonomi dan Manajeman Keuangan Daerah, Andi, Yogyakarta

Mahmudi. 2010. Analisis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, UUP STIEM YKPN, Yogyakarta.

Musgrave. 1991. Pajak Daerah Dalam Transis Otonomi Daerah, PH UII Press, Yogyakarta.

Mubyarto, 2000. Prospek Otonomi Daerah dan Perekonomian Indonesia Pasca Krisis Ekonomi. PT BPFE Yogyakarta

Mustopadidjaya , AR. 2002. Manajemen Proses Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi dan Evaluasi Kinerja, LAN. Jakarta.

Prathama Rahardja dan Mandala Manurung. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi (Mikroekonomi & Makroekonomi) Edisi Ketiga. Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Rangkuti, Freddy. 2007. Tipe, Metode dan Proses Penelitian PT Gramedia. Pustaka Utama, Jakarta.

Sayekti Sundah.D, 2011 Jurnal Pengaruh Investasi dan Tenaga Kerja Serta Pengeluaran Pemerintah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Pada Sektor Pertanian di Propinsi Jawa Timur.Universitas Darul ‘ Ulam Jombang.

Suwyoto, Danang. 2002. Analisis Validitas dan Asumsi Klasik, Penerbit Gava Media, Yogyakarta.

Sukirno, Sadono. 2004. Makro Ekonomi Moderen: Perkembangan Pemikiran dari Klasik Hingga Keynesian Baru, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

-------------- 2010 Pengantar Teori Makro Ekonomi. PT.Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Keenam : Penerbit CV. Alfabeta. Bandung

Soeroto. 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : LP3ES

Simanjuntak. 1999. Ekonomi Pembangunan. Edisi 5 Cetakan Keempat. BPFE. Yogyakarta.

Wijaya Farried 1990.Ekonomi Makro.BPFE Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v3i2.2372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com