Faktor-faktor yang mempengaruhi ketimpangan pendapatan dan kaitannya dengan kemiskinan di kalimantan timur

Rizka Maulina

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung pertumbuhan penduduk, pendidikan, pengangguran, dan Upah Minimum Provinsi (UMP) terhadap kemiskinan di Provinsi Kalimantan Timur melalui ketimpangan pendapatan (gini ratio). Penelitian ini bertujuan pula untuk menganalisis variabel yang dominan berpengaruh terhadap kemiskinan di Kalimantan Timur. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan penduduk secara langsung berpengaruh positif  terhadap kemiskinan, sedangkan pertumbuhan penduduk secara tidak langsung berpengaruh negatif terhadap kemiskinan melalui ketimpangan pendapatan. Pendidikan secara langsung berpengaruh negatif terhadap kemiskinan, sedangkan pendidikan secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap kemiskinan melalui ketimpangan pendapatan. Pengangguran secara langsung berpengaruh positif terhadap kemiskinan, sedangkan pengangguran secara tidak langsung berpengaruh negatif terhadap kemiskinan melalui ketimpangan pendapatan. Upah Minimum Provinsi (UMP) secara langsung berpengaruh positif terhadap kemiskinan, sedangkan UMP secara tidak langsung berpengaruh negatif terhadap kemiskinan melalui ketimpangan pendapatan. Pengaruh dominan dalam penelitian ini adalah variabel pendidikan dengan total pengaruh sebesar -1,001 diikuti oleh variabel upah minimum provinsi upah minimum provinsi dengan total pengaruh sebesar 0,167. Untuk variabel lainnya, yaitu variabel pertumbuhan penduduk dan tingkat pengangguran, memiliki pengaruh total masing-masing sebesar -0,142 dan 0,031.


Keywords


Ketimpangan pendapatan; gini ratio; pertumbuhan penduduk; Pendidikan; upah minimum provinsi; analisis jalur

References


Adianti, Gandari, 2005. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinan Di DKI Jakarta (Studi Komparatif Di Permukiman Kumuh Dan Tidak Kumuh), Tesis Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor.

Anonim, (2014). Peraturan Daerah No.07 Tahun 2014 Tentan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2013-2018, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPEDDA) Provinsi Kalimantan Timur: Samarinda.

Aprianti, Vika, 2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketimpangan Distribusi Pendapatan Di Indonesia Periode Tahun 1996-2008, Skripsi Pendidikan Ekonomi dan Koperasi Universitas Pendidikan Indonesia, Jakarta.

Arsyad, Lincolin, 2010. Ekonomi Pembangunan, Edisi Kelima, UPP STIM YKPN: Yogyakarta.

BPS, (2016a). Profil Kemiskinan Di Indonesia September 2015, Berita Resmi Statistik, No.05/01/Thn XIX (1-8).

BPS, (2016b). Tingkat Kemiskinan di Kalimantan Timur September Tahun 2015, Berita Resmi Statistik, No.06/01/64/Thn XIX (1-7).

Endrayani, Ni Ketut Eni dan Made Heni Urmila Dewi, 2016. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan Kabupaten/Kota Di Provinsi Bali, E-Journal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 5.1(63-88)

Estudillo, Jonna. 1997. Income Inequality in the Philippines 1961 – 1991, The Developing Economies, Vol. XXXV-1, March 1997 (68 – 95).

Febrianica, Danny Nur, 2015. Analisis Dampak Kebijakan Upah Minimum Terhadap Kemiskinan Di Indonesia, Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya: Malang.

Hajiji, Ajid, 2010. Keterkaitan Antara Pertumbuhan Ekonomi, Ketimpangan Pendapatan, dan Pengentasan Kemiskinan Di Provinsi Riau 2002-2008, Tesis Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor.

Hayati, Ainul, 2012. Analisis Resiko Kemiskinan Rumah Tangga Di Provinsi Banten, Tesis Magister Ekonomi Perencanaan dan Kebijakan Publik Universitas Indonesia, Jakarta.

Jhingan, M.L, 2004. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan, PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Kumalasari, Merna, 2011. Analisis Pertumbuhan Ekonomi, Angka Harapan Hidup, Angka Melek Huruf, Rata-rata Lama Sekolah, Pengeluaran Perkapita, dan Jumlah Penduduk terhadap Tingkat Kemiskinan di Jawa Tengah, Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro: Semarang.

Kuncoro, Mudrajat, 2004. Otonomi dan Pembangunan Daerah: Reformasi, Perencanaan, Strategi, dan Peluang, Erlangga: Jakarta.

Kuncoro, Mudrajat, 2006. Ekonomika Pembangunan: Teori, Masalah, dan Kebijakan, UPP STIM YKPN: Yogyakarta.

Octaviani, Dian, 2001. Inflasi, Pengangguran dan Kemiskinan di Indonesia: Analisis lndeks Forrester Greer dan Horbecke, Media Ekonomi, Vol.7 No. 2 (100-118).

Parhah, Siti, 2012. Pengaruh Ekspansi Pendidikan Tinggi Terhadap Ketimpangan Pendapatan Di Indonesia, Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Koperasi, Vol. 7, No. 2 (299-305).

Rika.S, Darma, Munawaroh dan Dita Puruwita, 2012. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pendapatan Per Kapita Dan Pengangguran Terhadap Kemiskinan Di DKI Jakarta, Econosains, Vol. X No. 2 (144-157).

Sukirno, Sadono, 2006. Ekonomi Pembangunan: Proses, Masalah, dan Dasar Kebijakan, Kencana: Jakarta.

Syaifhas, Deliza, 2013. Analisis Faktor Penentu Kebutuhan Hidup Layak (KHL) Dan Upah Minimum Provinsi (UMP) Di Provinsi Sumatera Utara, Tesis Pasca Sarjana Universitas Sumatra Utara, Medan.

Tarmizi, Hasan Basri, 2011. Analisis Pembangunan Ekonomi Terhadap Ketimpangan Pembangunan Antar Sektor Wilayah Kota Medan, Disertasi Pasca Sarjana Universitas Sumatra Utara, Medan.

Todaro, Michael.P dan Stephen C.Smith, 2003. Pembangunan Ekonomi Di Dunia Ketiga, Edisi Kedelapan/Jilid 1, Erlangga: Jakarta.

Wahyuni, Sri, 2011. Kemiskinan Dan Kebijakan Penanggulangannya Di Kawasan Barat Dan Timur Indonesia, Tesis Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor.

World Bank, 2015. Ketimpangan Yang Semakin Lebar (Ringkasan Eksekutif), The World Bank: Jakarta, Indonesia.

Woyanti, Nenik, 2013. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Dan UMP Terhadap Kemiskinan Di Jawa Tengah Pra Dan Pasca Desentralisasi Fiskal, Media Ekonomi Dan Manajemen, Vol. 8, No. 2 (28-43).

Yacoub, Yarlina, 2012. Pengaruh Tingkat Pengangguran Terhadap Tingkat Kemiskinan Kabupaten/Kota Di Provinsi Kalimantan Barat, Jurnal EKSOS, Vol. 8, No. 3 (176-185).




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v3i2.2365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com