Pengaruh pengeluaran pemerintah dan konsumsi rumah tangga terhadap pendapatan asli daerah dan pertumbuhan ekonomi di kabupaten malinau

Perminas Edward

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui : (1) pengaruh pengeluaran pemerintah dan konsumsi rumah tangga secara langsung terhadap pendapatan asli daerah. (2) pengaruh pengeluaran pemerintah dan konsumsi rumah tangga, serta pendapatan asli daerah secara langsung terhadap pertumbuhan ekonomi. (3) pengaruh pengeluaran pemerintah dan konsumsi rumah tangga secara tidak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi melalui pendapatan asli daerah di Kabupaten Malinau.  Penelitian ini dibentuk dengan data sekunder dan menggunakan data time series. Data penelitian diperoleh dari Badan Pusat Statistik dan Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Malinau selama tahun 2005-2014. Model analisis data menguji kausalitas yang menjelaskan hubungan timbal balik antara variabel eksogen dan variabel endogen dengan analisis jalur, yang dimana menggunakan program komputer SPSS Version 23.0 for Windows. Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa : (1) Konsumsi rumah tangga secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan asli daerah. (2) Konsumsi rumah tangga secara langsung berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. (3) Pengeluaran pemerintah secara langsung berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. (4) Konsumsi rumah tangga secara langsung berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. (5) Pendapatan asli daerah secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. (6) Pengeluaran pemerintah dan konsumsi rumah tangga secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi melalui pendapatan asli daerah di Kabupaten Malinau


Keywords


Pengeluaran pemerintah; konsumsi rumah tangga; pendapatan asli daerah; serta pertumbuhan ekonomi

References


BPS Kabupaten Malinau. 2015. Perkembangan Pengeluaran/Konsumsi Rata-Rata per Kapita (Rumah Tangga) Kabupaten Malinau Tahun 2005-2014 . BAB X (Pengeluaran dan Konsumsi Penduduk). Malinau Dalam Angka (MDA) 2015. Katalog BPS : 1102001.6501. Publikasi Tahunan Badan Pusat Statistik Kabupaten Malinau. Malinau Kota.

Chakim, Ali. 2011. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Madiun Tahun 1991-2010. Tesis. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

DISPENDA Kabupaten Malinau. 2015. Perkembangan Realisasi Penerimaan Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau (Pendapatan Asli Daerah, Pendapatan Transfer dan Lain-lain Penerimaan yang Sah) Tahun 2005-2014. Laporan Kegiatan Anggaran Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Malinau. Malinau Kota.

___________. 2015. Perkembangan Realisasi Pengeluaran Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau (Belanja Tidak Langsung dan Belanja Langsung) Tahun 2005-2014. Laporan Kegiatan Anggaran Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Malinau. Malinau Kota.

Muchtholifah. 2010. Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Inflasi, Investasi Industri, dan Jumlah Tenaga Kerja terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Mojokerto. Jurnal Ilmu Ekonomi Pembangunan. Volume 1, Nomor 1. Halaman 1-10.

Purwaningsih, Esti. 2011. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Sragen Tahun 1991-2008. Tesis. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Simanjuntak, R. 2002. Kebutuhan Fiskal, Kapasitas Fiskal dan Optimasi Potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD).Working Paper. Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat, Universitas Indonesia, Jakarta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Zikmund, WG. 1997. Exploring Marketing Research. Publisher : The Dryden Press. Florida.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v3i2.2362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com