Pengaruh instrumen kebijakan fiskal dan investasi swasta terhadap pertumbuhan ekonomi serta belanja pemerintah kabupaten malinau

Jones Jones

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Instrumen Kebijakan Fiskal dan Investasi Swasta terhadap Pertumbuhan Ekonomi serta Belanja Pemerintah Kabupaten Malinau, baik hubungan secara parsial maupun secara bersama-sama. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder tahun 2008 – 2014 dimana Instrumen Kebijakan Fiskal dalam penelitian ini terdiri atas Dana Bagi Hasil, Dana Perimbangan (Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus), Pajak dan Retribusi. Investasi Swasta yang dicatat dari PMA dan PMDN. Pertumbuhan Ekonomi berdasarkan pada PDRB dengan harga konstan, sedangkan Belanja Pemerintah terdiri atas Belanja Langsung maupun Belanja Tidak Langsung yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Malinau. Hasil analisis yang diperoleh (1) Instrumen Kebijakan Fiskal serta Investasi Swasta memiliki hubungan korelasi positif yang sangat kuat terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Malinau. Pengujian hipotesis juga menunjukkan bahwa hubungan Instrumen Kebijakan Fiskal dan Investasi Swasta baik secara parsial maupun secara bersama-sama menunjukkan hubungan pengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi. (2) Instrumen Kebijakan Fiskal dan Investasi Swasta memiliki hubungan korelasi positif yang sangat kuat terhadap Belanja Pemerintah Kabupaten Malinau. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Instrumen Kebijakan Fiskal dan Investasi Swasta secara parsial menunjukkan hubungan pengaruh signifikan terhadap Belanja Pemerintah Kabupaten Malinau namun secara bersama-sama menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan terhadap Belanja Pemerintah Kabupaten Malinau. (3) Pertumbuhan Ekonomi memiliki hubungan korelasi positif yang kuat terhadap Belanja Pemerintah Kabupaten Malinau. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial Pertumbuhan Ekonomi berpengaruh signifikan terhadap Belanja Pemerintah Kabupaten Malinau.

 


Keywords


Instrumen kebijakan fiscal; investasi swasta; pertumbuhan ekonomi; belanja pemerintah; kabupaten malinau

References


Anonim. 1999. Undang-undang No. 47 Tentang Pembentukan Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Timur, dan Kota Bontang.

Arsyad L. 2004, Ekonomi Pembangunan . STIE YKPN : Yogyakarta.

Blanchard, Olivier. 2006. Macroeconomics. Four Edition. Prentice Hall Businness Publishing. New Jersey.

Case, Karl E. dan Fair, Ray C. 2007. Prinsip-Prinsip Ekonomi. Edisi 8. Diterjemahkan Oleh Y. Andri Zaimur. Erlangga : Jakarta.

Djafar, Saidi Muhammad. 2007. Perlindungan Hukum Wajib Pajak dalam Penyelesaian Sengketa Pajak. Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Kedua. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Gujarati, Damodar. 1999. Ekonometrika Dasar. Edisi Pertama. Terjemahan oleh Sumarno Zain. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hair, et al. 2006. Multivariate Data Analysis 6th Ed. Pearson Education : Ney Jersey.

Halim, Abdul. 2007. Akuntansi Sektor Publik Akuntansi Keuangan Daerah. Edisi Revisi. Salemba Empat : Jakarta

Isdijoso, Brahmantio, dan Tri Wibowo. 2008. Analisis Kebijakan Fiskal Pada Era Otonomi Daerah (Studi Kasus: Sektor Pendidikan di Kota Surakarta. Id-jurnal. (jurnal)

Jhingan. 2000. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. Rajawali Press : Jakarta.

Mahaputra, I.G.N.Heru. 2002. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Input dalam Formulasi Kebijakan Publik di Bidang Ekonomi di Kabupaten Tabanan Bali. Program Pascasarjana Universitas Diponogoro : Semarang. (Tesis)

Mahmudi. 2009. Manajemen Keuangan Daerah. BPFE : Yogyakarta.

Mankiw, N.Gregory . 2006. Principle of Macroeconomics. International Student Edition. Third Edition. Thomson South-Western : Singapore.

Muana, Nanga. 2005. Makro Ekonomi: Teori, Masalah dan Kebijakan. Penerbit PT Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Riyad, Mohamad. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi di Enam Negara ASEAN Tahun 1990 – 2009. Fakultas Ekonomi Program Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik Universitas Indonesia : Jakarta. (Tesis)

Santoso, Singgih. 2000. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. PT Elex Media Komputindo : Jakarta.

Sarwono, Jonathan. 2006. Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS 13. Andi Offset : Yogyakarta.

Sitepu, W.R.Betterment. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Singapura. Sekolah Pascasarjana Ekonomi Universitas Sumatera Utara : Medan. (Tesis)

Sukirno, Sadono. 2002. Teori Mikro Ekonomi. Cetakan Keempat Belas. Rajawali Press : Jakarta.

Sunariyah. 2003. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. Edisi ketiga. UPP-AMP YKPN : Yogyakarta.

Suparmoko, M. 2003, Ekonomi Publik Untuk Keuangan dan Pembangunan Daerah : EdisiPertama. ANDI : Yogyakarta.

Supranto, J. (2004). Ekonometri. Ghalia Indonesia : Jakarta.

Sutrisno. 1995. Dasar-Dasar Ilmu Keuangan Negara. BPFE UGM. Yogyakarta.

Todaro, Robinson. 2004. Perencanaan Pembangunan Wilayah. PT Bumi Aksara : Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v3i1.2342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com