Pengaruh tingkat suku bunga pasar uang antar bank dan permodalan terhadap kinerja keuangan

Syarifah Lubna Kautsar A, F. Defung, Musdalifah Azis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris dan teoritis pengaruh tingkat suku bunga pasar uang antar bank dan permodalan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di LQ 45 periode indeks kuartal kedua 2011 - kuartal pertama 2016. Penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan laporan keuangan triwulan dan data ekonomi seperti laporan tinjauan kebijakan moneter yang diperoleh melalui website masing-masing bank dan Bank Indonesia. Sampel perbankan sektor yang terdaftar di Indeks LQ 45. Total sampel penelitian adalah 5 bank, ditentukan dengan metode purposive sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, yang hypothesisis diuji adalah t-test, F-test dan koefisien determinasi, dan sebelum itu dilakukan uji asumsi klasik uji normalitas, multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari dua Variabel independen yang diuji terhadap kinerja keuangan bank, variabel yang berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan yaitu modal diproksikan oleh CAR, sementara suku bunga variabel pasar uang antar bank tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan.


Keywords


Kinerja Keuangan; tingkat suku bunga pasar uang antar bank; permodalan

References


Algifari. 1997. Analisis Regresi, Teori, Kasus dan Solusi, Edisi pertama. BPFE Universitas Gajah Mada, Yogyakarta

Aries H. 2013. Inter-Bank Call Money Market Transaction in Indonesia. Economic Journal of Emerging Markets.

A.N.M Nurul Haque. 2013. Banking in Bangladesh: Uneven Growth Over Time. Diakses pada http://ndc.gov.bd/lib_mgmt/webroot/earticle/228/Banking_ in_Bangladesh_Uneven_Growth_Over_Time.doc.

Anggrainy Putri Ayuningrum. 2011. ANALISIS PENGARUH CAR, NPL, BOPO, NIM DAN LDR TERHADAP ROA (Studi pada Bank Umum Go Public yang Listed pada Bursa Efek Indonesia tahun 2005-2009).

Asraf K. 2014. Pengaruh Tingkat Suku Bunga Antar Bank dan Dana Pihak III Terhadap Penempatan Dana Pada Bank Sumsel Cabang Prabumulih. Universitas Bina Darma.

Bambang P, Karsinah. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Volume Transaksi Pasar Uang Antar Bank di Indonesia Tahun 1983-2007. Jejak, Vol. 3 No. 2.

Bastian, Indra, 2006, Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar, Erlangga, Jakarta.

Cocco, J., Gomes, F., dan Martins, N. 2009. Lending relationships in the interbank market. Journal of Financial Intermediation.

Dahlan Siamat, 2005. Manajemen Lembaga Keuangan. “Kebijakan Moneter dan Perbankan”, Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, edisi kesatu.

Dendawijaya, Lukman. 2005. Manajemen Perbankan. Edisi 2. Ghalia Indonesia: Bogor.

Devia Nur Oktavina, 2008. Pengaruh Modal Bank yang Diukur dengan Capital Adequacy Ratio (CAR) Terhadap Profitabilitas yang Diukur dengan Net Interest Margin (NIM) pada PT. Bank Ekonomi Raharja, Tbk. Skripsi: Universitas Widyatama.

Dewa Ayu Sri Y, Ida Bagus D. 2016. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan Sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.14.2.

Fahmi, Irham. (2011). Analisis Laporan Keuangan. Lampulo: ALFABETA.

Frank J. Fabozzi, 1999. “Manajemen Investasi”, Edisi Indonesia, Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, Imam. 2001. Analisis Multivanate dengan Program SPSS. Edisi ke 2. Universitas Dipenogoro.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Edisi Keenam. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Indriyo Gitosudarmo dan Basri, 2002, Manajemen Keuangan, Edisi 3, BPFE, Yogyakarta.

Insukirno. 1995. Ekonomi Uang dan Bank Teori dan Pendalaman di Indonesia. Yogyakarta: BPFE.

Jogiyanto Hartono, 2013. “Teori Portofolio dan Analisis Investasi”, BPFE Yogyakarta, Edisi Kedelapan, Yogyakarta.

Kasmir. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi 2008. Jakarta: PT. RAJA GRAFINDO PERSADA.

Kasmir. S.E., M.M. 2010. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Laporan Keuangan, http://www.idx.co.id/id-id/beranda/perusahaantercatat/ laporankeuangandantahunan.aspx

Laporan Tinjauan Kebijakan Moneter. http://www.bi.go.id/id/pencarian/Default. aspx?k=Tinjauan%20 Kebijakan%20Moneter

Macro Economic Dashboard. Suku Bunga PUAB Denominasi Rupiah. Diakses pada http://macroeconomicdashboard.feb.ugm.ac.id/perkembangan-pasar-finansial-dan-sektor-moneter-2015ii/

Malayu S.P. Hasibuan, 2002, Dasar-dasar Perbankan, Cetakan kedua, Penerbit, Bumi Aksara, Jakarta

M Fahri N. 2015. Analisis Pengaruh Return on Asset, Loan to Deposit Ratio dan Capital Adequacy Ratio Terhadap Return Saham. Skripsi: Universitas Semarang.

Marsono, Hendro,” Pasar Uang Antar Bank”, Infobank edisi No.58, Jakarta.

Mawardi, Wisnu. 2005. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Bank Umum di Indonesia (Studi Kasus Pada Bank Umum Dengan Total Assets Kurang dari 1 Triliun)”, Jurnal Bisnis Strategi, Vol. 14, No. 1, hal. 83-94.

Munawir. 2000. Analisis Laporan Keuangan. Liberty. Jogjakarta.

Natsir, M. 2009. Peranan Jalur Suku Bunga Dalam Mekanisme Tranmisi Kebijakan Moneter di Indo¬nesia. Diakses pada http://118.97.35.230/ pustaka/download/Peranan-Jalur-Suku-Bunga-dalam-Mekanisme-Transmisi-Kebijakan-Moneter-di-Indonesia.pdf.

Peraturan Bank Indonesia Nomor 6/7/PBI/2004, http://www.bi.go.id/id/ peraturan/arsip-peraturan/Perbankan2004/pbi_61104.pdf

Pusat Riset dan Edukasi Bank Sentral (PRES) Bank Indonesia, 2013. “Kodifikasi Peraturan Bank indonesia Likuiditas Rupiah Pasar Uang Antar Bank”.

Quarterly Report Bank Rakyat Indonesia. http://phx.corporateir.net/phoenix.zhtml ? c=148820&p=irol-reportsOther

Quarterly Report. http://ir.bankmandiri.co.id/phoenix.zhtml?c=146157&p=irol-reportsOther

Quarterly Report. http://www.bca.co.id/en/Tentang-BCA/Hubungan-Investor/ Laporan-Keuangan/Laporan-Finansial-Per-Kuartal.

Quarterly Report. http://www.bni.co.id/en-us/investorrelations/financial performance/quarterlyreport.aspx

Quarterly Report. http://www.btn.co.id/en/content/Hubungan-Investor/Laporan-Keuangan/Laporan-Triwulanan?page=4

Richard G. Lipsey, Peter O. Steiner, Douglas D Purvis (1992) Pengantar Mikro Ekonomi. Jakarta : Bima Grafika

Siamat, Dahlan. Manajemen Lembaga Keuangan; Kebijakan Moneter dan perbankan.Edisi ke lima. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. 2005.

Sugeng H. 2016. Determinan Permodalan Bank Melalui Profitabilitas, Risiko, Ukuran Perusahaan, Efisiensi dan Struktur Aktiva. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. XIX No. 1.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta

Susilo Sri Y, Sigit T, Totok Budi S. 2006. Bank dan Lembaga Keuangan Lain-lain. Jakarta: Salemba Empat.

Tesis Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro Semarang, Ahmad Buyung Nusantara, ST (2009), Analisi pengaruh NPL, CAR, LDR, dan BOPO terhadap Profitabilitas Bank (Perbandingan Bank Umum Go Publik dan Bank Umum Non Go Publik di Indonesia Periode Tahun 2005- 2007).

Undang-Undang No. 10 tahun 1998 Pasal 1 ayat 3 (Perubahan Undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan).

Veithzal Rivai, dkk, 2007, Bank and Financial Institution Management, Conventional and Sharia System, Jakarta; PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v2i3.1406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com