Pengaruh investasi dan pengeluaran pemerintah serta tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi

Indah Setyaningsih, Agus Junaidi

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji kembali bagaimana pengaruh investasi dan belanja pemerintah serta tenaga kerja yang tersedia terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Samarinda. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda terhadap data pertumbuhan ekonomi, investasi, pengeluaran pemerintah dan tenaga kerja Kota Samarinda pada tahun 2008 sampai dengan 2019. Hasil pengujian menunjukkan bahwa investasi dan tenaga kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi., sedangkan pengeluaran pemerintah berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Pemerintah Daerah Kota Samarinda diharapkan untuk memperbaiki struktur anggaran belanjanya agar pengeluaran pemerintah tidak banyak dihabiskan untuk belanja operasional saja, melainkan diarahkan pada belanja-belanja produktif agar kedepan mampu mendorong perekonomian di Kota Samarinda. Pemerintah Daerah Kota Samarinda juga diharapkan untuk terus meningkatkan jumlah investasi yang masuk dan jumlah tenaga kerja serta produktivitasnya karena kemampuannya dalam mendorong perekonomian di Kota Samarinda.


Keywords


Pertumbuhan ekonomi; investasi; pengeluaran pemerintah; tenaga kerja

References


Andriyani, D., & Nurmauliza. (2018). Pengaruh Tingkat Pengangguran dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Aceh Utara Tahun 2007-2016. Jurnal Ekonomi Regional Unimal Vol. 1 (1), 8-14.

Anwar, N. (2013). Kapan Investasi Mempunyai Dampak Terhadap Ekonomi. Proceeding Seminar Nasional & Call For Papers (SCA-3) Vol. 3 (1), 1-7.

Arsyad, L. (2010). Ekonomi Pembangunan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Hasan, I. (2004). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Koyongian, C. L., Kindangen, P., & Kawung, G. M. V. (2017). Pengaruh Pengeluaran Pemerintah, Investasi, dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kota Manado. Jurnal Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Daerah Vol. 18 (7), 1-15.

Ningsih, D., & Sari, S. I. (2018). Pengaruh Investasi dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kota Batam. Jurnal Akuntansi Barelang Vol. 3 (1), 21–31.

Sari, M. E. P., & Pratiwi, D. A. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesejahteraan Hidup Masyarakat Suku Laut Pulau Bertam Kota Batam. Jurnal Trias Politika Vol. 2 (2), 137 - 152.

Sari, M., Syechalad, M. N., & Majid, S. A. (2016). Pengaruh Investasi, Tenaga Kerja dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik Vol. 3 (2), 109-115.

Sayifullah, & Emmalian. (2018). Pengaruh Tenaga Kerja Sektor Pertanian dan Pengeluaran Pemerintah Sektor Pertanian Terhadap Produk Domestik Bruto Sektor Pertanian di Indonesia. Jurnal Ekonomi-Qu Vol. 8 (1), 66-81.

Subri, M. (2014). Ekonomi Sumber Daya Manusia dalam Perspektif Pembangunan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukirno, S. (2010). Makroekonomi Teori Pengantar. Jakarta: Raja Grasindo Persada.

Sulistiawati, R. (2012). Pengaruh Investasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Penyerapan Tenaga Kerja Serta Kesejahteraan Masyarakat Provinsi di Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 3 (1), 29-50.

Sunariyah. (2011). Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Todaro, M. P., & Smith, S. C.. (2014). Economic Development. Harlow: Pearson Education.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v8i3.12042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com