Pengaruh produk domestik regional bruto dan jumlah penduduk serta inflasi terhadap pendapatan asli daerah

Elisa Nurpratiwi, Muhammad Saleh Mire, Akhmad Noor

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk domestik regional bruto, penduduk dan inflasi terhadap PAD di Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 2005 – 2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data yang diamati dalam penelitian ini adalah data time series. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan metode analisis yang digunakan ialah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa variabel produk domestik regional bruto berpengaruh secara positif siginifikan terhadap pendapatan asli daerah di Provinsi Kalimantan Timur. Sedangkan variabel jumlah penduduk dan variabel inflasi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap pendapatan asli daerah di Provinsi Kalimantan Timur. Variabel dominan yang berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan asli daerah adalah produk domestik regional bruto karena memiliki koefisien determinasi yang paling besar dibandingkan dengan jumlah penduduk dan inflasi.


Keywords


Produk domestik regional bruto; jumlah penduduk; inflasi; pendapatan asli daerah

References


Badan Pusat Statistika Kalimantan Timur. (2019). Data Pendapatan Asli Daerah Kalimantan Timur. Https://Kaltim.Bps.Go.Id/Indicator/13/197/1/Realisasi-Pendapatan-Pemerintah-Provinsi.Html.

Badan Pusat Statistika Provinsi Kalimantan Timur. (2021, May 2). Ekonomi Provinsi Kalimantan Timur Triwulan IV-2020 tumbuh 2,06 persen (q-to-q), turun 2,83 persen (y-on-y). Ekonomi Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2020 turun 2,85 persen. Https://Kaltim.Bps.Go.Id/.

Boediono. (2013). Ekonomi Makro. BPFE.

Ghozali, I. (2011). Statistik Ekonomi. BPFE UNDIP.

Sukirno, S. (2000). Makro Ekonomi Modern. PT. Raja Grafindo Perkasa.

Triwulan, T. (2006). Pokok-pokok Hukum Tata Negara. Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v8i3.11621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com