Pengaruh investasi swasta dan pengeluaran pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi serta ketimpangan di provinsi kalimantan timur

Siti Rahma, Emmilya Umma Aziza Gaffar

Abstract


Ketimpangan ekonomi sering digunakan sebagai indikator perbedaan pendapatan rata-rata. Namun, ketimpangan ekonomi memicu berbagai masalah dalam masyarakat, khususnya di Provinsi Kalimantan Timur. Sehingga, investasi swasta berinisiatif untuk memperbaiki pertumbuhan ekonomi dengan memperhatikan pengeluaran pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh investasi swasta dengan memperhatikan pengeluaran pemerintah pada pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur. Metode penelitian ini menggunakan Path Analisis dan data yang digunakan adalah data dengan kurun waktu dari tahun 2001 hingga 2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa investasi swasta berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur. Pengeluaran pemerintah berpengaruh langsung negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur. Investasi swasta berpengaruh langsung positif dan tidak signifikan terhadap ketimpangan di Provinsi Kalimantan Timur. Pengeluaran pemerintah berpengaruh langsung negatif dan signifikan terhadap ketimpangan di Provinsi Kalimantan Timur. Pertumbuhan ekonomi berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap ketimpangan di Provinsi Kalimantan Timur. Investasi swasta berpengaruh tidak langsung secara positif dan signifikan terhadap ketimpangan melalui pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur. Pengeluaran pemerintah berpengaruh tidak langsung secara negatif dan tidak signifikan terhadap ketimpangan melalui pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur.


Keywords


Investasi swasta; pengeluaran pemerintah; pertumbuhan ekonomi; ketimpangan

References


Agung, Anak Istri Diah Paramita dan Ida Bagus Putu Purbadharmaja. 2015. Pengaruh Investasi Dan Pengangguran Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Serta Kemiskinan Di Provinsi Bali. Jurnal Ekonomi.

Apriesa, Liintantia Fajar dan Miyasto. 2013. Pengaruh Desentralisasi Fiskal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah Dan Ketimpangan Pendapatan (Studi Kasus : Kabupaten/Kota Di Jawa Tengah. Diponegoro Journal Of Economics Vol 2 No 1. Universitas Diponegoro.

Arsyad, Lincolin. 2010. Ekonomi Pembangunan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Bailey, Sharpe Alexander. 2005. Fundamentals of Invesment. Third Edition. New Jersey: Practice-Hall, Inc.

Dumairy. 2006. Perekonomian Indonesia. Jakarta : Erlangga.

Eliza, Yulina. 2015. Pengaruh investasi, angkatan kerja , pengeluaran pemerintah berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Glasson, J. 1997. Pengantar Perencanaan Regional. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Halim, Abdul. 2014. Manajemen Keuangan Sektor Publik: Problemantika Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara/Daerah). Jakarta: Salemba Empat.

Harun, Lukman dan Ghozali Maski. 2012. Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Daerah dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Ketimpangan Pembangunan Wilayah (Studi pada Kabupaten dan Kota di Jawa Timur). Indonesia One Search.

Hellen, Sri Mintarti dan Fitriadi. 2017. Pengaruh investasi dan tenaga kerja serta pengeluaran pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi serta kesempatan kerja. Inovasi Vol 13 No. 1

Huther, Jeff and Anwar Shah, 1998. Applying a Simple Measure of Good Gover-nance to the Debate of Fiscal Decentralization. Policy Research Woking Paper 1894, World Bank, Wasingthon, DC.

I Gusti Ayu Putri Wahyuni, Made Sukarsa dan Nyiman Yuliarmi. 2014. Pengaruh pengeluaran pemerintah dan investasi terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesenjangan pendapatan Kabupaten/ Kota di Provinsi Bali. Universitas Udayana. Bali

Isnowati, Sri. 2014. Kajian Investasi, Pengeluaran Pemerintah, Tenaga Kerja dan Keterbukaan Ekonomi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Propinsi Jawa Tengah. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE) Vol. 21, No. 1. Universitas Stikubank, Semarang.

Jhingan. 2014. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. Jakarta : Rajawali.

Lipsey, RG, Steiner, P.O dan Purvis, D, D. 1995. Pengantar Mikro Ekonomi. Jakarta : Erlangga.

Mangkoesoebroto, Guritno. 2008. Ekonomi Publik. Yogyakarta: BPFE.

Ni Luh Putu Yuni Adipuryanti dan I Ketut Sudibia. 2015. Analisis pengaruh jumlah penduduk yang bekerja dan investasi terhadap ketimpangan distribusi pendapatan melalui pertumbuhan ekonomi Kabupaten / Kota di Provinsi Bali. Universitas Udayana, Bali.

Nopirin, Ph.D. 2014. Ekonomi Moneter. Edisi keempat. Yogyakarta : BPFE.

Nurhidayati, Islamiah. 2021. Analisis Pengaruh Investasi dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Pengangguran dan Pertumbuhan Ekonomi, Dampaknya Terhadap Ketimpangan Pendapatan di Indonesia. http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/11579/2/P0500316407_disertasi_25-11-2021.pdf%201-2.pdf

Parewangi, A.M.A. 2009. Dampak krisis global terhadap perekonomian daerah: aplikasi model computable general equilibrium di Maluku. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan, 11(4).

Siagian, S. 2016. Sistem Informasi Manajemen. Bumi Aksara. Jakarta.

Sirojuzilam. 2005. Regional Planning and Development. Wahana Hijau. Jurnal Perencanaan dan Pengembangan Wilayah. Vol.1 Nomor 1 Agustus 2005.

Sjafrizal. 2016. Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam Pembangunan. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada

Sri Danawati, I K.G Bendesa dan Made Suryana Utama. 2016. Pengaruh pengeluaran pemerintah dan investasi terhadap kesempatan kerja, pertumbuhan ekonomi serta ketimpangan pendapatan Kabupaten / Kota di Provinsi Bali. Universitas Udayana. Bali.

Sukirno, Sadono. 2006. Pengantar Teori Makro Ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suparmoko. 1998. Pengantar Ekonomi Makro. Yogyakarta. BPFE.

Todaro, Smith. 2004. Pembangunan Ekonomi. Jakarta : Erlangga

Undang-Undang Nomor. 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintahan dan Pemerintahan Daerah

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.

Wahyuni, Putri, Made Sukarna dan Nyoman Yuliarmi. 2014. Pengaruh Pengeluaran Pemerintah dan Investasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Kesenjangan Pendapatan Kabupaten/Kota di Provinsi Bali. E-Jurnal EP UNUD. 3 (8), hal: 458-477)




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v8i4.11466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com